Brand Awareness merupakan sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang maknanya adalah seberapa besar tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk. Strategi ini dapat dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu merk yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar brand tersebut.

Kini, konsumen lebih aktif mengakses platform media sosial ketimbang media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak bisa dipakai, karena bisa jadi target market Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Contoh saja bagi bisnis travel umrah, selain menyasar milenial di media sosial, target pasar produk umrah Anda bisa saja adalah golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda harus memahami terlebih dahulu apa pentingnya membangun brand awareness bagi perusahaan travel umrah Anda.

Pertama, brand awareness bisa digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada calon pelanggan, sehingga mereka mengenali produk Anda walaupun mungkin mereka baru pertama kali mengetahui atau melihat merk Anda. Target utamanya adalah pelanggan baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness dapat menarik konsumen lama Anda untuk melakukan repeat order dari produk yang Anda jualkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda miliki, sehingga mereka tahu bahwa perusahaan Anda berkembang serta memiliki inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga bisa digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness adalah langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel umrah Anda. Anda bisa membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi umrah terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa cara praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel umrah Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang sudah dibahas di awal tulisan, menggunakan iklan konvensional di media massa memiliki keunggulan tersendiri yaitu dapat menjangkau kalangan atau target pasar tertentu yang tidak menggunakan media sosial kekinian.

Apalagi untuk produk seperti paket umrah, target pasar yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda dapat menganggarkan biaya iklan sesuai dana yang Anda miliki.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target pasar baby boomers dan milenial, Anda dapat menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Pangsa pasar di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda dapat memperoleh pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda dapat melakukan pemasaran dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon pelanggan Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Membagikan konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton konten Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan supaya konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event adalah salah satu cara lain yang dapat ditempuh. Orang menyukai kegiatan atau acara yang mempunyai nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umrah anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda dapat menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, usaha Anda akan tampak lebih profesional jika rekanan Anda telah memiliki tempat di hati konsumen. Sebagai contoh, menggandeng maskapai dan hotel ternama, bisa menaikkan brand awareness usaha Anda secara signifikan.

Pemberian Merchandise dan Giveaway
Cara yang cukup sederhana untuk digunakan untuk membangun brand awareness ialah dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan benda-benda lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga dapat menerapkan penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Bukan hanya merchandise, giveaway juga bisa menjadi pemikat konsumen untuk lebih menyadari keberadaan brand travel umrah Anda. Adakan giveaway secara rutin misalnya setiap minggu atau setiap bulan di waktu yang sama supaya brand Anda Flebih dikenal dan diharapkan keberadaannya.
Nah, itulah beberapa kiat membangun brand awareness yang bisa Anda gunakan pada bisnis travel umrah Anda. Anda bisa mengukur keberhasilan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka peluang untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih luas. Selamat mencoba!