Brand Awareness merupakan sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang maknanya ialah seberapa besar tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk. Strategi ini bisa dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu merk yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar merk tersebut.

Kini, konsumen lebih aktif mengakses platform media sosial ketimbang media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak bisa dipakai, karena bisa saja target market Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Contoh saja untuk perusahaan travel umrah, selain menargetkan milenial di media sosial, target market produk umrah Anda bisa saja adalah golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda perlu memahami dulu apa kepentingan membangun brand awareness bagi perusahaan travel umrah Anda.

Pertama, brand awareness bisa digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada khalayak, sehingga mereka mengenali produk Anda walaupun mungkin mereka baru pertama kali mendengar atau melihat merk Anda. Target utamanya adalah pelanggan baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness bisa menarik pelanggan lama Anda untuk melakukan pembelian kembali dari produk yang Anda tawarkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda miliki, sehingga mereka menyadari bahwa bisnis Anda berkembang serta mempunyai inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga bisa digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness merupakan langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan perusahaan travel umrah Anda. Anda bisa membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi umrah terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa strategi praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel umrah Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang telah dibahas di awal tulisan, menggunakan iklan konvensional di media massa mempunyai keunggulan tersendiri yakni bisa menjangkau kalangan atau target market tertentu yang tidak menggunakan media sosial kekinian.

Apalagi untuk produk seperti paket umrah, target market yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda bisa menganggarkan biaya iklan sesuai dana yang Anda punya.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target market baby boomers dan milenial, Anda bisa menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Pangsa market di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda dapat mendapatkan pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda bisa melakukan marketing dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon pelanggan Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Membagikan konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton sajian Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan supaya konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event adalah salah satu cara lain yang dapat digunakan. Orang menyukai kegiatan atau acara yang mempunyai nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umrah anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda dapat menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, upaya Anda akan terlihat lebih profesional jika rekanan Anda telah memiliki tempat di hati pelanggan. Misalnya, menggandeng maskapai dan hotel ternama, bisa menaikkan brand awareness upaya Anda secara signifikan.

Pemberian Merchandise dan Giveaway
Cara yang cukup mudah untuk ditempuh guna membangun brand awareness ialah dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan barang-barang lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga bisa memakai penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Bukan hanya merchandise, giveaway juga bisa menjadi pemikat konsumen untuk lebih menyadari keberadaan brand travel umrah Anda. mengakan giveaway secara berkala misalnya setiap minggu atau setiap bulan di waktu yang sama agar brand Anda Flebih dikenal dan diharapkan keberadaannya.
Nah, itulah beberapa strategi membangun brand awareness yang bisa Anda gunakan pada bisnis travel umrah Anda. Anda dapat mengukur keberhasilan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka kesempatan untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih lebar. Selamat mencoba!
