Brand Awareness merupakan sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang artinya adalah seberapa besar tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk. Strategi ini dapat dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu brand yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar merk tersebut.
Kini, konsumen lebih aktif mengakses platform media sosial daripada media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak dapat dipakai, karena bisa saja target pasar Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Misalnya saja untuk perusahaan travel umrah, selain menyasar milenial di media sosial, target market produk umrah Anda bisa jadi merupakan golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda harus memahami terlebih dahulu apa pentingnya membangun brand awareness bagi perusahaan travel umrah Anda.
Pertama, brand awareness dapat digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada khalayak, sehingga mereka mengenali produk Anda walaupun mungkin mereka baru pertama kali mengetahui atau melihat brand Anda. Sasaran utamanya ialah konsumen baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness dapat menarik konsumen lama Anda untuk melakukan pembelian kembali dari produk yang Anda jualkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda punya, sehingga mereka tahu bahwa perusahaan Anda berkembang serta memiliki inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness ialah langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel umrah Anda. Anda dapat membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi umrah terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa kiat praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel umrah Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang sudah dibahas di awal tulisan, menggunakan iklan konvensional di media massa memiliki kelebihan tersendiri yaitu dapat menjangkau kalangan atau target pasar tertentu yang tidak menggunakan media sosial masa kini.
Apalagi untuk produk seperti paket umrah, target market yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda bisa menganggarkan biaya iklan sesuai budget yang Anda punya.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target market baby boomers dan milenial, Anda dapat menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Target pasar di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda bisa memperoleh pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda dapat melakukan marketing dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon pelanggan Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Membagikan konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton sajian Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan agar konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event merupakan salah satu cara lain yang dapat digunakan. Orang menyukai kegiatan atau acara yang memiliki nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umrah anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda bisa menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, usaha Anda akan tampak lebih profesional bila rekanan Anda telah mempunyai tempat di hati konsumen. Sebagai contoh, menggandeng maskapai dan hotel ternama, bisa menaikkan brand awareness upaya Anda secara signifikan.
Pemberian Merchandise dan Giveaway
Teknik yang cukup mudah untuk digunakan guna membangun brand awareness adalah dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan benda-benda lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga dapat menerapkan penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Bukan hanya merchandise, giveaway juga dapat menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel umrah Anda. Adakan giveaway secara rutin misalnya setiap pekan atau setiap bulan di waktu yang sama supaya brand Anda Flebih dikenal dan diharapkan keberadaannya.
Nah, itulah beberapa cara membangun brand awareness yang dapat Anda terapkan di bisnis travel umrah Anda. Anda dapat mengukur keberhasilan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka kesempatan untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih luas. Selamat mencoba!