Mari, Pelajari Syarat Sah Haji dan Umrah Berikut Ini

Ditulis pada 27 Februari 2023, 23:15:29

Syarat Sah Haji dan Umrah - Jika Anda ingin melaksanakan haji dan umrah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari ilmu tentang haji & umrah. dikarenakan, suatu ibadah yang tak berdasarkan ilmu yang benar maka akan percuma.

Termasuk hal yang perlu Anda ketahui adalah tentang syarat wajib dan syarat sah haji & umrah. Syarat wajib adalah syarat pertama yang perlu dipenuhi oleh jamaah haji & umrah. Sementara itu, syarat sah adalah syarat suatu ibadah haji & umrah diterima oleh Allah.

Desain tanpa judul (30).png

Apabila jamaah sudah memenuhi syarat wajib, akan tetapi syarat sahnya tidak dipenuhi, maka ibadahnya juga tidak sah. Oleh sebab itu, Safar  mencoba membahas lebih lanjut tentang kedua syarat ini agar Anda bisa mengetahui apakah ibadah Anda nantinya sah & menjadi haji yang mabrur.

Syarat Wajib Haji dan Umrah

Ada 5 syarat wajib haji dan umrah. Syarat ini tidak diganggu gugat, karena inilah pondasi ibadah haji maupun umrah Anda diterima oleh Allah.

Islam

Syarat pertama (adalah beragama islam. Barang siapa tak beragama islam (non muslim) maka tak wajib haji dan umrah. Jika ada non muslim yang melakukan dua ibadah ini, maka ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Lagipula, hanya umat muslim yang diizinkan memasuki tanah haram (Makkah & Madinah), sehingga pada dasarnya ibadah ini khusus diperuntukkan oleh orang yang beragama islam saja.

Nabi Saw. pernah bersabda:

“Islam dibangun atas lima hal: Bersaksi bahwa tak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji ke baitullah dan berpuasa Ramadan.”

(HR. Albukhari & Muslim)

Baligh

Syarat berikutnya adalah baligh. Baligh yakni suatu keadaan dimana seseorang sudah dikenakan hukum-hukum agama.

Baligh bagi laki-laki adalah sudah bermimpi basah atau mengeluarkan mani. Bagi wanita sudah haid atau menstruasi.

Desain tanpa judul (31).png

Jika ada keluarga yang membawa anaknya yang belum baligh turut ikut dalam ibadah haji atau umrah, maka ibadah anak tersebut sah tetapi pahalanya diberikan kepada orangtuanya.

sedangkan anak itu masih terkena hukum wajib ibadah haji lagi dan sunnah umrah pada saat ia dewasa/sudah baligh.

Sabda Nabi SAW:" Pena itu sudah diangkat dari tiga hal. Dari anak kecil sampai balig, orang tidur sampai bangun dan dari orang gila sampai sembuh.”

(HR. Ibnu Hibban dan Al Hakim, mereka menilai sahih hadis ini).

Berakal Sehat

Orang yang melaksanakan haji & umrah mestilah sehat secara mental. Orang yang gila, hilang ingatan, (& gangguan mental lainnya tak wajib berhaji & umrah.

Ibadah haji & umrah membutuhkan kewarasan akal untuk menjalankan syariat yang ditetapkan-Nya. Sedangkan Allah telah mengambil akal tersebut, sehingga tidak ada pembebanan terhadap mereka yang tidak sehat akalnya.

Merdeka

Zaman dahulu, masih ada praktik perbudakan. Akan tetapi, jaman sekarang tidak ada lagi praktik perbudakan. Meskipun ada juga praktik perbudakan baru misalnya korban human trafficking atau perdagangan manusia.

Ada lagi bentuk ketidakmerdekaan seseorang yaitu tatkala dia menjadi narapidana. Narapidana yang mampu secara materi, namun tidak mampu karena tak merdeka maka tak boleh melaksanakan ibadah haji dan umrah (karena pembatasan oleh perundang-undangan), hanya dapat memberikan biaya haji /atau umrah kepada orang lain guna membadalkan haji & umrah nya.

Mampu

Syarat wajib yang terakhir adalah mampu. Mampu di sini bisa dikategorikan lagi menjadi 2:

Mampu Secara Materi

Haji & umrah adalah ibadah yang memerlukan modal cukup banyak. Terutama untuk jamaah dari negeri yang jauh dari tanah haram seperti Indonesia.

Anda perlu mempunyai bekal yang cukup untuk membayar anggaran perjalanan haji & umrah, dengan jumlah biaya yang telah ditetapkan pemerintah dan travel biro umrah.

Desain tanpa judul (33).png

Jika Anda sudah memiliki harta yang bisa dikategorikan mapan (memiliki rumah, kendaraan, perhiasan, tabungan), maka Anda sudah dikategorikan wajib haji dan umrah.

dikarenakan secara materi Anda sudah bisa melakukan kedua ibadah tersebut. Menunda-nunda ibadah termasuk perbuatan tercela, sedangkan bisa melaksanakan.

Mampu Secara Fisik

Berbeda dengan mampu secara materi, jika Anda memiliki uang namun fisik Anda tak mampu untuk melaksanakan haji & umrah seperti kendala sakit menahun, atau usia tua (jompo), maka Anda tak diwajibkan untuk melaksanakan haji & umrah.

Anda dapat menggunakan cara lain yaitu badal umrah, jika memang tidak sanggup melaksanakan sendiri ke tanah suci. Akan tetapi, bila masih ada harapan sembuh, Anda harus berniat untuk haji & umrah sendiri.

Jika Anda tidak mampu keduanya (materi & fisik) maka teruslah berniat haji & umrah agar Allah meridhoi dan memberikan pahala haji dan umrah walau kita tak pernah sampai ke baitullah hingga akhir hayat kita.

Syarat Sah Haji & Umrah

Setelah syarat wajib terpenuhi, maka selanjutnya akan kita bahas tentang syarat sah haji dan umrah.

Waktu

Dari segi waktu, haji memiliki waktu khusus yang disebut miqat zamani. Miqat Zamani untuk haji dimulai pada awal bulan syawal, & berakhir pada 10 Dzulhijjah / akhir bulan dzulhijjah (bagi yang mempunyai udzur seperti wanita haid diperbolehkan mengakhirkan thawaf selagi menunggu haidnya selesai).

Desain tanpa judul (32).png

Jadi, waktu untuk haji adalah khusus, tidak dilakukan di sembarang waktu. Berbeda dengan umrah yang dapat dilaksanakan sepanjang tahun. Namun, waktu yang paling afdhol untuk umrah ialah bulan ramadhan.

Tempat

Selain waktu, tempat untuk haji sangat khusus yakni di Tanah Haram atau di kota suci Makkah Al Mukaramah. Anda thawaf di Masjidil Haram memutari ka'bah, sai di antara bukit Shafa & Marwa, wukuf di Padang Arafah, Jamarat untuk melempar jumrah, Muzdalifah dan Mina untuk mabit, serta tahalul di Makkah.

Untuk umrah, tempat melakukan rukun-rukunnya sama dengan haji.

Mahram

Syarat sah ini khusus perempuan, yakni harus didampingi mahramnya (suami, anak laki2, ayah, paman, kakak atau adik laki-laki). Akan tetapi, kebijakan saat ini, seorang jamaah haji dan umrah perempuan dapat pergi ibadah haji dan umrah dengan mahram teman sesama jenis kelamin (perempuan) dalam satu rombongan.

Tentunya, jamaah wanita juga harus mengantongi izin suaminya untuk pergi haji & umrah & tak sedang menjalani masa iddah.

Demikianlah syarat sah haji dan umrah yang harus Anda ketahui, supaya Anda dapat menjalankan haji dan umrah dengan nyaman.

Bila Anda travel umrah yang sedang mencari software yang terbaik untuk perusaan travel umrah Anda, gunakan sistem aplikasi khusus travel umrah dari Safar. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Kategori : Seputar Umrah
Tags :
umrah Umrah dan Haji syarat sah haji syarat sah umrah
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap umrah Umrah dan Haji syarat sah haji syarat sah umrah

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, umrah, Umrah dan Haji, syarat sah haji, syarat sah umrah

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami