Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa kini lebih mudah dengan menggunakan sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan dengan dorongan jangkauan internet yang makin luas, masyarakat lebih mudah memperoleh informasi mengenai bisnis travel umrah Anda.
Ada beberapa aplikasi sosial media yang bisa Anda pakai untuk mempromosikan produk paket umrah Anda, antara lain facebook, instagram, twitter, dan youtube. Setiap media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, Anda bisa mengatur postingan promosi Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang telah kita ketahui, sosial media adalah aplikasi yang dapat menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan lainnya. Biasanya, orang membuat sosial media agar bisa berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang berniat ingin membeli sesuatu di media sosial. Apabila ada, mereka biasanya membeli ke teman yang mereka kenal, sebatas membeli karena mereka tahu rekan mereka memasarkan produk yang mereka inginkan.
Bahkan, orang-orang di media sosial cenderung enggan melihat iklan. Mereka akan meninggalkan begitu saja iklan yang muncul di newsfeed mereka, kecuali cara beriklan yang digunakan penjual tidak terasa seperti iklan. Hal inilah yang kerap disebut dengan iklan tersembunyi. Nah, karena orang tidak suka melihat orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita berpromosi produk kita kepada calon pelanggan? Tentunya, kita harus mempunyai kiat-kiat beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebenarnya mudah. Kita harus pandai-pandai dalam membuat postingan di sosial media, lalu tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka bisa terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media biasanya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.
Pertama, kita coba mengulas media sosial yang sering digunakan untuk promosi yakni Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, kemudian carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel umrah Anda. Anda bisa membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk menarik perhatian pengguna facebook yang menjadi teman Anda. Perlu diingat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Karena, jika Anda hanya posting mengenai jualan Anda, maka teman Anda akan jenuh. Bisa-bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda dapat menggunakan gaya bahasa bercerita, semisal saat menceritakan bagaimana proses umrah yang biasanya dilakukan oleh travel umrah Anda. Gunakan bahasa yang ringan, dengan diselingi iklan soft selling.Baca Juga: Tips Ampun Menaikkan Penjualan Paket Umrah dengan Iklan Soft SellingKedua, Anda dapat menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda bisa mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Sebab di instagram menonjolkan kualitas gambar yang keren, maka upayakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.
Buatkan postingan yang mengundang followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda dapat sewaktu-waktu membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk mengoptimalkan performa instagram Anda. Umumnya ada komunitas atau grup yang mewadahi kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Jamaah
Untuk menambah keyakinan konsumen di media sosial, Anda bisa membuat satu album khusus testimoni jamaah yang Anda kumpulkan dari jamaah yang pernah Anda berangkatkan. Anda dapat meminta testimoni tersebut pada jamaah Anda, kemudian Anda bagikan di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda bukan abal-abal. Bila menggunakan instagram, Anda bisa membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni jamaah Anda, sehingga tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, hendaknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau melebih-lebihkan. Buatlah dengan jujur dan gunakan kata-kata yang sopan dan bernilai. Terlebih bila yang Anda promosikan ialah paket ibadah umrah. Pastinya, materi promosi Anda juga mesti sesuai dengan apa yang Anda jual. Seperti yang kita bahas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media adalah untuk meningkatkan popularitas kita di hati pelanggan. Jangan mengharapkan langsung closing kala beriklan di sosial media. Tapi arahkan ke corong-corong penjualan yang sudah Anda siapkan, semisal melalui jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, itulah cara menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis travel umrah Anda. Jika Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel umrah Anda, silahkan mencoba software khusus travel umrah yang lengkap dan efisien dari Safar. Dijamin, Anda akan lebih mudah dalam mengelola perusahaan biro travel umrah Anda.