Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa kini lebih mudah dengan menggunakan sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan dengan dorongan jangkauan internet yang makin luas, masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi tentang bisnis travel umrah Anda.
Ada beberapa aplikasi sosial media yang dapat Anda pakai untuk mempromosikan produk paket umrah Anda, antara lain facebook, instagram, twitter, dan youtube. Masing-masing media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, Anda dapat mengatur postingan iklan Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang sudah kita ketahui, sosial media adalah aplikasi yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan lainnya. Umumnya, orang membuat sosial media agar bisa berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang berniat ingin membeli sesuatu di media sosial. Jikalau ada, mereka biasanya membeli ke teman yang mereka kenal, sebatas membeli lantaran mereka tahu teman mereka memasarkan produk yang mereka mau.
Malah, orang-orang di media sosial cenderung enggan melihat iklan. Mereka akan melewati begitu saja iklan yang tampil di newsfeed mereka, kecuali cara beriklan yang digunakan penjual tidak terasa seperti iklan. Inilah yang kerap disebut dengan iklan tersembunyi. Nah, karena orang tidak suka menonton orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita berpromosi produk kita kepada calon konsumen? Pastinya, kita harus memiliki teknik-teknik beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebenarnya mudah. Kita harus pandai-pandai dalam membuat postingan di sosial media, lalu tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka dapat terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media umumnya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.
Pertama, kita coba mengulas media sosial yang populer digunakan untuk promosi yaitu Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, kemudian carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel umrah Anda. Anda dapat membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk mencuri perhatian para user facebook yang menjadi teman Anda. Perlu diingat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Sebab, jika Anda hanya mengunggah tentang jualan Anda, maka teman Anda akan jenuh. Bisa-bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda bisa menggunakan gaya bahasa bercerita, semisal saat menceritakan bagaimana proses umrah yang biasanya dilakukan oleh travel umrah Anda. Pakailah bahasa yang ringan, dengan disisipi iklan soft selling.Baca Juga: Tips Ampun Menaikkan Penjualan Paket Umrah dengan Iklan Soft SellingKedua, Anda dapat menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda dapat mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Sebab di instagram mengedepankan kualitas gambar yang keren, maka usahakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.
Buatkan postingan yang mengundang followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda dapat sewaktu-waktu membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk meningkatkan performa instagram Anda. Biasanya ada komunitas atau grup yang menampung kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Jamaah
Untuk menambahkan keyakinan pelanggan di media sosial, Anda bisa membuat satu album khusus testimoni jamaah yang Anda kumpulkan dari jamaah yang sudah Anda berangkatkan. Anda bisa meminta testimoni tersebut pada jamaah Anda, selanjutnya Anda bagikan di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda tidak abal-abal. Jika menggunakan instagram, Anda dapat membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni jamaah Anda, supaya tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, sebaiknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau melebih-lebihkan. Tulislah dengan jujur dan pakailah kata-kata yang sopan serta bernilai. Terlebih bila yang Anda promosikan ialah paket ibadah umrah. Pastinya, materi promosi Anda juga mesti sesuai dengan apa yang Anda pasarkan. Seperti yang kita bahas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media adalah untuk meningkatkan popularitas kita di hati konsumen. Jangan mengharapkan langsung closing kala beriklan di sosial media. Namun arahkan ke corong-corong penjualan yang telah Anda persiapkan, semisal lewat jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, demikian tips menggunakan media sosial untuk promosi bisnis travel umrah Anda. Bila Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel umrah Anda, silahkan mencoba software khusus travel umrah yang lengkap dan efisien dari Safar. Dijamin, Anda akan lebih mudah dalam memanajemen perusahaan biro travel umrah Anda.