Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa saat ini lebih mudah dengan memanfaatkan sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan dengan dukungan jangkauan internet yang makin luas, masyarakat lebih mudah memperoleh informasi tentang bisnis travel umrah Anda.

Ada beberapa aplikasi sosial media yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk paket umrah Anda, diantaranya facebook, instagram, twitter, dan youtube. Setiap media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, Anda dapat mengatur postingan promosi Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang telah kita ketahui, sosial media adalah aplikasi yang dapat menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan lainnya. Umumnya, orang membuat sosial media untuk berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang berniat ingin membeli sesuatu di media sosial. Jikalau ada, mereka biasanya membeli ke rekan yang mereka kenal, sebatas membeli lantaran mereka tahu teman mereka memasarkan produk yang mereka inginkan.

Bahkan, orang-orang di media sosial cenderung segan melihat iklan. Mereka akan melewati begitu saja iklan yang muncul di newsfeed mereka, kecuali cara beriklan yang diterapkan penjual tidak terasa seperti iklan. Inilah yang kerap disebut dengan iklan terselubung. Nah, karena orang tidak suka menonton orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita memperkenalkan produk kita kepada calon konsumen? Pastinya, kita harus memiliki kiat-kiat beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebetulnya mudah. Kita harus cerdas dalam membuat postingan di sosial media, kemudian tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka dapat terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media umumnya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.

Pertama, kita coba mengulas media sosial yang populer digunakan untuk promosi yakni Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, kemudian carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel umrah Anda. Anda dapat membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk mencuri perhatian pengguna facebook yang menjadi teman Anda. Perlu diingat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Sebab, jika Anda hanya mengunggah mengenai jualan Anda, maka teman Anda akan mudah bosan. Bahkan bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda bisa menggunakan gaya bahasa bercerita, semisal ketika menceritakan bagaimana proses umrah yang biasa dilakukan oleh travel umrah Anda. Gunakan bahasa yang ringan, dengan disisipi iklan soft selling.Baca Juga: Tips Ampun Menaikkan Penjualan Paket Umrah dengan Iklan Soft SellingKedua, Anda bisa menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda dapat mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Karena di instagram mengedepankan kualitas gambar yang keren, maka upayakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.

Buatlah postingan yang mengundang followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda bisa sewaktu-waktu membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk mengoptimalkan performa instagram Anda. Biasanya ada kelompok atau grup yang mewadahi kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Jamaah
Untuk menambah keyakinan konsumen di media sosial, Anda bisa membuat satu album khusus testimoni jamaah yang Anda kumpulkan dari jamaah yang sudah Anda berangkatkan. Anda bisa meminta testimoni tersebut pada jamaah Anda, selanjutnya Anda share di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda bukan abal-abal. Bila menggunakan instagram, Anda bisa membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni jamaah Anda, sehingga tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, sebaiknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau berlebihan. Tulislah dengan jujur dan pakailah kata-kata yang sopan dan bernilai. Terlebih jika yang Anda promosikan merupakan paket ibadah umrah. Pastinya, materi promosi Anda juga mesti sesuai dengan apa yang Anda jual. Seperti yang kita ulas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media ialah untuk menaikkan reputasi kita di hati konsumen. Jangan mengharapkan langsung closing saat beriklan di sosial media. Namun arahkan ke corong-corong penjualan yang telah Anda persiapkan, misalnya melalui jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, demikian tips menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis travel umrah Anda. Jika Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel umrah Anda, silahkan mencoba software khusus travel umrah yang lengkap dan efisien dari Safar. Dijamin, Anda akan lebih mudah dalam memanajemen perusahaan biro travel umrah Anda.
