Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa kini lebih mudah dengan memanfaatkan sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan dengan dukungan jangkauan internet yang makin luas, masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis travel umrah Anda.
Ada beberapa aplikasi sosial media yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk paket umrah Anda, diantaranya facebook, instagram, twitter, dan youtube. Setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda, Anda bisa mengatur postingan iklan Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang telah kita ketahui, sosial media adalah aplikasi yang dapat menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan sebagainya. Umumnya, orang membuat sosial media agar bisa berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang sengaja ingin membeli sesuatu di media sosial. Jikalau ada, mereka biasanya membeli ke rekan yang mereka kenal, sebatas membeli lantaran mereka tahu teman mereka memasarkan produk yang mereka inginkan.
Malah, orang-orang di media sosial cenderung enggan melihat iklan. Mereka akan meninggalkan begitu saja iklan yang tampil di newsfeed mereka, kecuali teknik beriklan yang digunakan penjual tidak terasa seperti iklan. Hal inilah yang kerap disebut dengan iklan tersembunyi. Nah, sebab orang tidak suka menonton orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita berpromosi produk kita kepada calon pelanggan? Pastinya, kita harus memiliki kiat-kiat beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebetulnya mudah. Kita harus cerdas dalam membuat postingan di sosial media, kemudian tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka bisa terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media umumnya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.
Pertama, kita coba mengulas media sosial yang populer digunakan untuk promosi yakni Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, kemudian carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel umrah Anda. Anda dapat membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk menarik perhatian pengguna facebook yang menjadi teman Anda. Perlu dicatat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Sebab, bila Anda hanya mengunggah tentang jualan Anda, maka teman Anda akan jenuh. Bisa-bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda dapat menggunakan gaya bahasa bercerita, misalnya saat menceritakan bagaimana proses umrah yang biasa dilakukan oleh travel umrah Anda. Pakailah bahasa yang ringan, dengan disisipi iklan soft selling.Baca Juga: Tips Ampun Menaikkan Penjualan Paket Umrah dengan Iklan Soft SellingKedua, Anda dapat menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda dapat mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Karena di instagram menonjolkan kualitas gambar yang keren, maka usahakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.
Buatkan postingan yang menarik followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda bisa sesekali membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk meningkatkan performa instagram Anda. Biasanya ada komunitas atau grup yang mewadahi kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Jamaah
Untuk menambah kepercayaan konsumen di media sosial, Anda bisa membuat satu album khusus testimoni jamaah yang Anda kumpulkan dari jamaah yang pernah Anda berangkatkan. Anda dapat meminta testimoni tersebut pada jamaah Anda, kemudian Anda bagikan di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda tidak abal-abal. Jika menggunakan instagram, Anda dapat membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni jamaah Anda, sehingga tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, hendaknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau berlebihan. Buatlah dengan jujur dan pakailah kata-kata yang sopan serta bernilai. Terlebih jika yang Anda promosikan merupakan paket ibadah umrah. Tentunya, materi promosi Anda juga harus sesuai dengan apa yang Anda pasarkan. Seperti yang kita ulas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media adalah untuk menaikkan reputasi kita di hati pelanggan. Jangan mengharapkan langsung closing saat beriklan di sosial media. Tapi arahkan ke corong-corong penjualan yang telah Anda persiapkan, semisal melalui jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, itulah cara memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis travel umrah Anda. Jika Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel umrah Anda, silahkan mencoba software khusus travel umrah yang lengkap dan efisien dari Safar. Dijamin, Anda akan lebih mudah dalam mengelola perusahaan biro travel umrah Anda.