Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda pastinya selalu ingin meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang Anda pasarkan. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu teknik pemasaran yang harus Anda coba ialah teknik eksperiental marketing. Teknik pemasaran yang dipopulerkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional pelanggan. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".
Jadi, kita bisa membuat konsumen jatuh hati dengan perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, serta menjadi konsumen yang setia dengan melalui pendekatan emosional berdasarkan pengalaman. Bagaimana cara menerapkan teknik eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami ulas secara mendalam pada artikel berikut ini.
Memahami Metode Eksperiental Marketing
Menurut asal katanya yakni experience atau pengalaman, eksperiental marketing artinya mengoptimalkan pengalaman konsumen untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang bisa membuat hati konsumen tersentuh dengan produk yang kita jual. Pengalaman emosional tersebut dapat berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, sebab pelanggan mendapatkan sesuatu yang ia harapkan ada pada produk tersebut.
Membahas tentang pengalaman, pelanggan akan merasa terlibat dengan suatu produk apabila mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa dan mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana konsumen dapat sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba dapat dipergunakan untuk metode eksperiental marketing.
Karakteristik Eksperiental Marketing
Karakteristik yang bisa kita cermati dalam eksperiental marketing adalah sebagai berikut:
- Pengalaman pelanggan adalah yang utama. Sesuatu yang dapat diindera oleh pelanggan, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif pelanggan terhadap produk tersebut.
- Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
- Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, lantaran ketika sisi emosional pelanggan berhasil disentuh, maka pelanggan membeli bukan lagi tentang hal-hal teknis. Perilaku konsumen pun jadi irrasional, terkadang harga mahal bukan menjadi masalah.
Fungsi Eksperimental Marketing
Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang dapat kita gunakan dari metode ini, antara lain:
- Pencitraan produk/perusahaan
- Membangkitkan brand awareness
- Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
- Mengenalkan inovasi baru
- Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).
Penerapan Eksperiental Marketing untuk Usaha Travel Umrah
Metode pemasaran apapun akan efektif jika dilakukan secara tepat dan konsisten. Anda dapat mulai menerapkan teknik eksperimental ini dengan cara memberikan simulasi umrah kepada calon jamaah Anda. Simulasi ini akrab dikenal dengan latihan manasik. Bisa juga dengan mengadakan seminar ataupun pelatihan terkait umrah. Anda dapat menjelaskan kepada calon jamaah terkait nilai ibadah umrah. Apa yang bisa mereka rasakan, kala melakukan ibadah umrah tersebut.
Ciptakan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan ibadah umrah, misalnya dengan memutar video-video yang relevan dengan kegiatan ibadah umrah. Memberikan materi atau kajian tentang umrah, berbagi kisah atau testimonial tentang umrah yang menyentuh, dan sebagainya. Untuk pendukung, Anda bisa membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang berkaitan dengan umrah. Usahakan untuk menyusun materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga upaya untuk menghadirkan pengalaman berumrah yang mengesankan dapat tercapai. Itulah beberapa kiat yang dapat Anda lakukan sebagai langkah untuk menerapkan teknik eksperiental marketing untuk travel umrah Anda. Jika Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan untuk para jamaah Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah (dan menyenangkan bagi jamaah Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda siapkan menggunakan software khusus travel umrah yang kami desain khusus untuk Anda.