Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya selalu ingin meningkatkan minat pelanggan terhadap produk yang Anda pasarkan. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu metode pemasaran yang patut Anda terapkan adalah teknik eksperiental marketing. Teknik marketing yang dipopulerkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional konsumen. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".

Gambar Blog (68).png

Jadi, kita bisa membuat konsumen jatuh hati pada perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, dan menjadi konsumen yang setia dengan melakukan pendekatan emosional berbasis pengalaman. Bagaimana cara menerapkan metode eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami ulas secara mendalam pada artikel berikut ini.

Memahami Metode Eksperiental Marketing

Menurut asal katanya yakni experience atau pengalaman, eksperiental marketing berarti mengoptimalkan pengalaman konsumen untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang dapat membuat hati pelanggan tersentuh dengan produk yang kita tawarkan. Pengalaman emosional tersebut bisa berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, karena pelanggan mendapatkan sesuatu yang ia harapkan ada pada produk tersebut.

Gambar Blog (69).png

Membahas mengenai pengalaman, pelanggan akan merasa terlibat dengan suatu produk apabila mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa dan mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana konsumen dapat sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba bisa digunakan untuk metode eksperiental marketing.

Karakteristik Eksperiental Marketing

Karakteristik yang dapat kita pelajari dalam eksperiental marketing adalah sebagai berikut:

  • Pengalaman konsumen adalah yang utama. Sesuatu yang dapat diindera oleh konsumen, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif pelanggan terhadap produk tersebut.
  • Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
  • Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, karena ketika sisi emosional konsumen berhasil disentuh, maka pelanggan membeli bukan lagi tentang hal-hal teknis. Perilaku pelanggan pun jadi irrasional, terkadang harga mahal bukan jadi masalah.

Fungsi Eksperimental Marketing

Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang bisa kita gunakan dari metode ini, antara lain:

  • Pencitraan produk/perusahaan
  • Membangkitkan brand awareness
  • Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
  • Mengenalkan inovasi baru
  • Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).

Penerapan Eksperiental Marketing untuk Usaha Travel Umrah

Metode marketing apapun akan efektif bila dilakukan secara tepat dan konsisten. Anda bisa mulai menerapkan teknik eksperimental ini dengan cara memberikan simulasi umrah kepada calon jamaah Anda. Simulasi ini akrab dikenal dengan latihan manasik. Bisa juga dengan mengadakan seminar atau pelatihan terkait umrah. Anda bisa menjelaskan kepada calon jamaah terkait nilai ibadah umrah. Apa yang bisa mereka rasakan, kala menjalankan ibadah umrah tersebut.

Gambar Blog (70).png

Ciptakan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan ibadah umrah, semisal dengan memutar video-video yang relevan dengan kegiatan ibadah umrah. Memberikan materi atau kajian terkait umrah, berbagi kisah atau testimonial tentang umrah yang menyentuh, dan lain-lain. Sebagai pendukung, Anda bisa membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang bersinggungan dengan umrah. Usahakan untuk menyusun materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga usaha untuk menghadirkan pengalaman berumrah yang mengesankan bisa tercapai. Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan sebagai langkah untuk menerapkan metode eksperiental marketing untuk travel umrah Anda. Bila Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi para jamaah Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah (dan menyenangkan kepada jamaah Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda siapkan menggunakan software khusus travel umrah yang kami desain khusus untuk Anda.

Kategori : Tips Bisnis
Tags :
metode eksperiental marketing usaha travel umrah
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap metode eksperiental marketing usaha travel umrah

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, metode eksperiental marketing, usaha travel umrah

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami