Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda pastinya selalu ingin meningkatkan minat pelanggan terhadap produk yang Anda pasarkan. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu teknik pemasaran yang patut Anda coba ialah metode eksperiental marketing. Metode pemasaran yang diperkenalkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional konsumen. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".
Jadi, kita dapat membuat pelanggan jatuh hati dengan perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, dan menjadi konsumen yang setia dengan melalui pendekatan emosional berdasarkan pengalaman. Bagaimana cara menggunakan teknik eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami bahas secara mendalam pada artikel berikut ini.
Memahami Metode Eksperiental Marketing
Berdasarkan asal katanya yakni experience atau pengalaman, eksperiental marketing artinya memaksimalkan pengalaman pelanggan untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang dapat membuat hati pelanggan tersentuh dengan produk yang kita jual. Pengalaman emosional tersebut bisa berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, sebab konsumen mendapati sesuatu yang ia inginkan ada pada produk tersebut.
Membahas terkait pengalaman, pelanggan akan merasa terlibat dengan suatu produk apabila mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa dan mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana pelanggan dapat sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba dapat digunakan untuk metode eksperiental marketing.
Karakteristik Eksperiental Marketing
Karakteristik yang bisa kita pelajari dalam eksperiental marketing adalah sebagai berikut:
- Pengalaman pelanggan adalah yang utama. Sesuatu yang dapat diindera oleh konsumen, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif pelanggan terhadap produk tersebut.
- Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
- Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, karena ketika sisi emosional konsumen berhasil disentuh, maka konsumen membeli bukan lagi tentang hal-hal teknis. Perilaku konsumen pun jadi irrasional, terkadang harga mahal tidak menjadi masalah.
Fungsi Eksperimental Marketing
Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang dapat kita terapkan dari metode ini, antara lain:
- Pencitraan produk/perusahaan
- Membangkitkan brand awareness
- Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
- Mengenalkan inovasi baru
- Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).
Penerapan Eksperiental Marketing untuk Usaha Travel Umrah
Teknik marketing apapun akan efektif bila dilakukan secara tepat dan konsisten. Anda dapat mulai menerapkan metode eksperimental ini dengan cara memberikan simulasi umrah kepada calon jamaah Anda. Simulasi ini akrab disebut dengan latihan manasik. Bisa juga dengan mengadakan seminar atau pelatihan mengenai umrah. Anda bisa menjelaskan kepada calon jamaah tentang nilai ibadah umrah. Apa yang bisa mereka rasakan, kala menjalankan ibadah umrah tersebut.
Hadirkan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan ibadah umrah, misalnya dengan memutar video-video yang sesuai dengan kegiatan ibadah umrah. Memberikan materi atau kajian mengenai umrah, berbagi kisah atau testimonial tentang umrah yang menyentuh, dan sebagainya. Untuk pendukung, Anda bisa membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang bersinggungan dengan umrah. Usahakan untuk menyusun materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga upaya untuk menghadirkan pengalaman berumrah yang mengesankan dapat terpenuhi. Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai langkah untuk menerapkan metode eksperiental marketing untuk travel umrah Anda. Jika Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi para jamaah Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah serta menyenangkan kepada jamaah Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda persiapkan menggunakan software khusus travel umrah yang kami desain khusus untuk Anda.