10 Keutamaan Umrah - Ibadah umrah adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat diidam-idamkan oleh umat islam. Ibadah ini memerlukan pengorbanan yang lumayan banyak, dimulai dari waktu, tenaga, biaya, persiapan, & sebagainya. Karena, seperti haji, ibadah umrah hanya bisa dilaksanakan di tanah suci, yaitu Makkah. Akan tetapi, meski membutuhkan pengorbanan, peminat ibadah umrah ternyata tidak surut. Malah, semakin banyak dari tahun ke tahun. Apa penyebabnya? Hal ini karena umrah mempunyai keistemewaan-keistimewaan yang menjadikan umat islam rindu untuk melaksanakan ibadah umrah, setidaknya satu kali dalam seumur hidupnya.

Gambar Blog (38).png

Setidaknya, ada 10 keutamaan umrah yang dapat kita peroleh apabila mau melakukan ibadah haji kecil ini ke Baitullah. Apa saja keistemewaan tersebut? Mari kita simak ulasannya satu per satu dalam artikel berikut ini.

Keutamaan Umrah Sebagai Penghapus Dosa

Seperti yang disebutkan dalam hadits Rasulullah, umrah ialah penghapus dosa bagi yang melakukannya.Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

??????????? ????? ??????????? ?????????? ????? ??????????? ? ?????????? ???????????? ?????? ???? ??????? ?????? ??????????

Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

Gambar Blog (39).png

Dari hadits tersebut kita percaya bahwa dari satu ibadah umrah ke ibadah umrah yang lain ialah penghapus dosa-dosa kita. Keutamaan inilah yang selalu diharapkan jamaah. Karena kita selaku manusia tentunya ingin pulang ke kampung akhirat dalam kondisi bersih dari dosa-dosa. Sehingga kita bisa terbebas dari panasnya api neraka.

Menyirnakan Kefakiran

keistimewaan selanjutnya cukup menarik bagi jamaah yang ingin berumrah, yaitu umrah dapat menyirnakan kemiskinan. Siapa sih, yang tak ingin terhindar dari kefakiran? Semua orang pasti ingin hidup makmur berkecukupan di dunia ini. Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

????????? ?????? ???????? ????????????? ???????????? ??????????? ????????? ???????????? ????? ??????? ???????? ?????? ?????????? ??????????? ???????????? ???????? ??????????? ?????????????? ??????? ?????? ??????????

Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan & dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)

Gambar Blog (40).png

Umrah ialah ibadah yang memerlukan modal yang cukup banyak, antara 20-45 juta rupiah, tergantung paket umrah apa yang Anda ambil di travel umrah. Dengan biaya sebesar itu, umumnya orang mengira bahwa harta mereka akan habis apabila digunakan untuk umrah. Kenyataannya, belum pernah ada cerita orang yang jatuh miskin setelah pergi umrah. Yang ada, justru cerita-cerita terkait orang yang semakin lancar rezekinya sepulang dari umrah. Hal ini sesuai dengan janji Allah yang akan melipatgandakan pahala bagi orang yang berumrah. Jika Allah sudah memberikan pahala tanpa batas, maka rezeki di dunia sungguh mudah Allah berikan kepada hamba-Nya yang ingin menunaikan ibadah umrah.

Umrah adalah Jihad Bagi Perempuan

Siapa bilang perempuan tidak dapat ikut berjihad? Umrah ialah jihad teruntuk kaum wanita, seperti yang disebutkan dalam hadits berikut ini:‘Aisyah berkata,

?????? ??? ??????? ??????? ????? ?????????? ??????? ????? « ?????? ??????????? ??????? ??? ??????? ????? ???????? ????????????? ».

Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji & ‘umrah.” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani).

Meningkatkan Keimanan & Ketaqwaan

Ibadah umrah adalah ibadah yang dalam pelaksanaannya begitu mengharukan bagi jamaah yang bernar-benar khusyu & menghayati arti ibadah ini. Pada saat berada di Baitullah, saat melihat Ka'bah yang berdiri kokoh menjulang, shalat & bertalbiyah, semuanya memberikan sentuhan pada keimanan jamaah. Imbasnya, jamaah umrah bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang kemungkinan jarang dapat dilaksanakan karena saat berada dalam rutinitas sehari-hari, Anda tidak bisa merasakan kenikmatan ibadah layaknya saat umrah.

Kesempatan Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Tahukah Anda, ketika Anda beribadah shalat di Masjidil Haram, maka pahala shalat akan dilipatgandakan sebanyak 100.000 kali? Peluang mendapatkan pahala berlipat ganda ini hanya bisa Anda peroleh jika Anda pergi haji dan umrah. Bayangkan jika Anda harus mencapai pahala ratusan ribu kali lipat seperti di Masjidil haram, perlu berapa waktu & berapa banyak ibadah yang harus Anda kerjakan? Maka, umrah adalah kesempatan emas untuk Anda yang mau mendapatkan pahala berlipat ganda.

Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

Semua rukun umrah & ibadah penunjangnya adalah sunnah Rasulullah. Ibadah-ibadah sunnah yang hanya dapat dillaksanakan saat haji umrah seperti mencium hajar aswad, menyentuh rukun yamani, ibadah di hijr ismail, ialah sebagian hal yang menjadi alasan Anda mau kembali lagi ke baitullah untuk berumrah.

Menjadi Tamu Allah di Baitullah

Melaksanakan ibadah umrah artinya Anda telah memenuhi undangan dari Allah untuk menjadi tamu-Nya. Wah, sangat luar biasa bukan, Anda dapat menjadi tamu di Baitullah. Suatu kesempatan yang tak semua orang dapat memperolehnya. Bersyukurlah Anda bisa berangkat umrah. Selalu berusaha menyisihkan sebagian rezeki Anda untuk menjadi tamu Allah.

Membuka Pintu Rezeki Tak Terduga

Hampir sama dengan poin kedua. Menjadi jamaah umrah sendiri sudah ialah rezeki yang besar dari Allah. Anda bisa berdoa apa saja di tempat-tempat mustajab, sehingga Anda dapat membuka pintu-pintu rezeki dari arah yang tak terduga.

Bersilaturahim dengan Umat Muslim di Seluruh Dunia

Secara tidak sadar, menunaikan umrah artinya Anda akan bertemu dengan umat muslim dari seluruh dunia, layaknya sedang melakukan silaturahim dengan saudara-saudara kita sesama muslim. Kesempatan ini jangan Anda lewatkan begitu saja, sapalah orang yang berbeda suku bangsa dengan kita, maka Anda akan mendapatkan banyak hikmah.

Mendapat Pahala Surga Teruntuk yang Umrahnya Mabrur

Seperti yang tercantum dalam hadits yang kami sampaikan di poin-poin awal tadi, bahwa pahala syurga menanti Anda apabila Anda berhasil menunaikan umrah dengan baik, sekaligus mendapat predikat umrah yang mabrur dari Allah SWT.Itulah 10 keutamaan umrah yang pastinya akan membuat Anda ingin merasakan sekali lagi nikmatnya ibadah umrah di tanah suci. Jangan lupa untuk memilih travel umrah yang terpercaya.Travel umrah yang baik, pastinya memilih software travel umrah terbaik pula untuk menunjang bisnis|perusahaan) mereka. Sehingga pelayanan travel umrah terhadap jamaah mereka akan lebih baik, cepat, mudah, & efisien. Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk menunaikan umrah ke Baitullah. Aamiin ya Rabbal 'alamin.Sumber Hadits : Rumaysho

Kategori : Artikel
Tags :
umrah keutamaan umrah
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap umrah keutamaan umrah

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, umrah, keutamaan umrah

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami