Saat memiliki usaha travel umrah, kepuasan pelanggan yaitu salah satu tujuan yang akan dicapai. Jamaah yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita tawarkan akan mendapatkan feedback yang baik, contohnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan jasa kita, atau melakukan repeat order.Tentunya, ini sebagai pertimbangan serius bagi pebisnis travel umrah, sehingga Anda bisa memprioritaskan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, alangkah baiknya Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan jamaah Anda. Pasti strategi ini dampaknya tak bisa langsung didapatkan oleh perusahaan. Namun, kepuasan jamaah bisa menjadi salah satu tolak ukur kinerja perusahaan, sehingga usaha biro travel umrah Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari sisi pelayanan pelanggan. Setiap jamaah yang Anda berangkatkan umrah yaitu orang yang unik. Anda perlu memberikan perhatian khusus pada setiap jamaah. Banyaknya pelanggan yang Anda handle dalam satu kloter, tak menjadi alasan untuk memberikan pelayanan yang utama pada tiap jamaah.Justru dengan banyaknya individu yang Anda layani, Anda bisa mengetahui berbagai macam karakter manusia. Ada yang orangnya simpel, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu pasti ada satu dua yang memerlukan perhatian khusus misal jamaah yang ada riwayat penyakit tertentu. Hal tersebut bisa jadi tantangan bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi jamaah. Adil bukan berarti sama rata. Adil yaitu memberikan ukuran yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang jelas, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Jika ada yang memerlukan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jamaah Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda berikan untuk jamaah sangat berpengaruh pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tak kecewa saat menentukan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tidak berdampak terlalu besar pada penurunan pembelian, asalkan kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin akan kesal sejenak, namun apabila sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam bisnis biro travel umrah, Anda bisa melakukannya dari segi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal-hal lain yang bisa Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Berarti, calon pelanggan Anda akan bertambah dan bisnis Anda bisa semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Usaha Travel Umrah Anda
Pemberi kritik yaitu orang yang peduli terhadap bisnis Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, mengharapkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Tentu, kritik yang membangun adalah sumbangan yang harus Anda tanggapi dengan perubahan positif bagi biro travel umrah Anda. Jika setelah dikritik Anda hanya bisa sikapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat travel umrah Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan mengharapkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika akan membeli paket umrah untuk mengakomodasi keperluan ibadah umrah mereka. Tak ada jamaah yang mau mengalami kesulitan saat ingin mendaftar umrah, melakukan pembayaran umrah, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang dapat mereka temukan saat beribadah umrah.Itulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk jamaah Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari usaha biro travel umrah Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda ataupun jamaah membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama untung.
Anda bisa membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dibuatkan khusus untuk travel umrah seperti Safar TMS. Anda tak perlu repot lagi, karena segala jenis transaksi yang ada kaitannya dengan umrah dan haji bisa Anda kelola dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umrah Pastikan jamaah Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan jamaah terhadap bisnis biro travel umrah Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!