Saat mempunyai bisnis travel umrah, kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita tawarkan bisa mendapatkan feedback yang baik, contohnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan travel umrah kita, atau melakukan repeat order.Tentunya, ini sebagai pertimbangan serius bagi pebisnis travel umrah, sehingga Anda dapat memprioritaskan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, lebih baik Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan jamaah Anda. Pasti strategi ini dampaknya tidak bisa langsung dirasakan oleh perusahaan. Tetapi, kepuasan jamaah bisa menjadi salah satu perhitungan kinerja perusahaan, sehingga bisnis biro travel umrah Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari segi pelayanan pelanggan. Setiap pelanggan yang Anda berangkatkan umrah adalah orang yang unik. Anda perlu memberikan perhatian khusus pada tiap jamaah. Banyaknya pelanggan yang Anda handle dalam satu kloter, tidak jadi alasan untuk memberikan pelayanan yang prima pada tiap jamaah.Justru dengan banyaknya individu yang Anda handle, Anda bisa mengetahui berbagai macam karakter manusia. Ada yang jamaahnya simpel, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu tentu ada satu dua yang membutuhkan perhatian khusus misal jamaah yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Hal tersebut bisa menjadi tantangan bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi jamaah. Adil bukan berarti sama rata. Adil yaitu memberikan porsi yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tentu, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Ketika ada yang membutuhkan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jamaah Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda hadirkan untuk pelanggan sangat berpengaruh pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tidak kecewa saat menentukan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tak berpengaruh terlalu besar pada penurunan pembelian, kecuali kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin bisa kesal sejenak, namun kalau sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam usaha travel umrah, Anda bisa melakukannya dari sisi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal-hal lain yang bisa Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Berarti, calon pelanggan Anda akan bertambah dan bisnis Anda bisa semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Bisnis Travel Umrah Anda
Pemberi kritik adalah orang yang peduli terhadap usaha Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, menginginkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Pastinya, kritik yang membangun merupakan sumbangan yang harus Anda sikapi dengan perubahan positif bagi travel umrah Anda. Ketika setelah dikritik Anda hanya bisa sikapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat travel umrah Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan menginginkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika ingin membeli paket umrah untuk mengakomodasi keperluan ibadah umrah mereka. Tidak ada jamaah yang mau mengalami kesulitan saat ingin mendaftar umrah, melakukan pembayaran umrah, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang bisa mereka dapatkan ketika beribadah umrah.Itulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk jamaah Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari usaha travel umrah Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda maupun jamaah membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama untung.
Anda bisa membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel umrah seperti Safar TMS. Anda tak perlu repot lagi, karena segala jenis transaksi yang berkaitan dengan umrah dan haji bisa Anda kelola dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umrah Pastikan jamaah Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan jamaah terhadap usaha travel umrah Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!