Saat ini, banyak aplikasi travel umroh yang dipasarkan. Sebagian, sudah cukup lama ada. Sebagian lagi masih baru saja diluncurkan. Masing-masing sistem aplikasi ini memiliki keunggulan Serta kekurangan. Anda sebagai pebisnis travel umroh harus selektif menentukan aplikasi yang cocok untuk Anda.
Salah satu perhitungan untuk menentukan software travel umrah ialah dengan melihat fitur-fitur yang disediakan oleh software tersebut. Software yang sudah cukup lama dikembangkan, belum tentu menjadi paling bagus. Karena, sebuah sistem wajib up to date, sehingga memerlukan pengembangan dari waktu ke waktu.Begitu pula sebaliknya, sebuah software yang baru diluncurkan, biasanya memiliki banyak kekurangan karena memang masih dalam tahap pengembangan. Solusinya, ialah memakai aplikasi travel umrah yang memiliki fitur yang cukup memenuhi, namun terus melakukan update software agar menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.Berikut 5 fitur yang setidaknya wajib dimiliki oleh aplikasi travel umrah yang baik untuk kesuksesan travel Anda.
Fitur Pencatatan Transaksi dan Keuangan
Transaksi adalah suatu hal terpenting dalam bisnis apapun. Travel Umroh Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa mencatat transaksi Anda dengan detail dan lengkap, sesuai dengan produk yang Anda miliki.
Transaksi-transaksi biasa seperti paket umroh, paket haji, badal umrah, badal haji, wisata, land arrangement, pemesanan visa, hotel, katering, tiket pesawat, dan sebagainya adalah fitur dasar yang harus dimiliki dalam sistem aplikasi travel umroh.Baca Juga : Dapatkah Perusahaan Travel Umroh Anda Bertahan dengan Pembukuan Manual?
Fitur Manajemen SDM dan Keagenan
Sebuah perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki SDM yang sesuai dan efisien. SDM bisnis travel umroh umumnya terdiri dari pimpinan perusahaan, pimpinan cabang, HRD, staff keuangan, staff front office, customer service, admin pergudangan, humas, marketing dan agen.Pengelolaan SDM yang baik, dapat berakibat pada efisiensi perusahaan Anda. Anda dapat menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan jika SDM Anda bisa dipantau kinerjanya, sehingga Anda bisa memaksimalkan potensi karyawan Anda untuk mengatasi pekerjaan-pekerjaan di biro umroh Anda.Baca Juga : 6 Cara Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Jamaah Begitu juga dengan sistem keagenan, wajib ada manajemen yang baik agar Anda bisa memaksimalkan promosi dengan berkoordinasi dengan agen-agen Aada. Sistem pencatatan pendapatan juga harus dapat diakomodasi oleh software khusus travel umrah yang Anda gunakan.
Fitur Manajemen Inventory
Inventory atau persediaan yaitu hal yang pasti ada dalam travel umrah. Barang-barang keperluan umrah yang umumnya disediakan oleh travel umrah yaitu koper, pakaian ihram, id card, buku doa, dan sebagainya.
Jika travel umrah Anda sudah mempunyai banyak pelanggan, dan frekuensi pemberangkatannya cukup sering, maka inventory harus mendapat perhatian khusus agar Anda tidak bingung mengelolanya.Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Inventory pada Bisnis Travel Umroh Persediaan barang juga wajib dapat memenuhi kebutuhan, jangan sampai terjadi kekurangan (out of stock), karena bisa berdampak pada kredibilitas biro travel umroh Anda. Apalagi jika pengadaan barang tersebut memerlukan waktu yang lama. Maka, fitur manajemen inventory sangat dibutuhkan dalam sebuah aplikasi travel umroh.
Fitur Aneka Metode Pembayaran
Zaman sekarang, pelanggan menginginkan metode pembayaran yang serba cepat, dengan berbagai pilihan. biasanya, mereka menyesuaikan dengan metode bayar yang paling nyaman bagi mereka. Mau tidak mau, pebisnis wajib bisa juga mengakomodasi keperluan mereka untuk membayar secara mudah dan cepat.
Gunakanlah sistem aplikasi travel umrah yang mempunyai berbagai metode pembayaran. Bisa secara tunai, transfer bank, menggunakan EDC, payment gateway, dan emoney. Jika sistem Anda memiliki ini semua, maka transaksi akan lebih mudah dan pelanggan akan puas terhadap pelayanan biro travel umrah Anda.Baca Juga : Pembayaran Cashless untuk Bisnis Travel Umroh Anda
Fitur Laporan Penjualan dan Keuangan
Setelah transaksi dilakukan hingga tahap pelunasan, aplikasi biro umrah Anda seharusnya mempunyai fitur laporan penjualan yang dapat digunakan secara realtime. Anda bisa melihat grafik-grafik penjualan untuk keperluan pemantauan kinerja serta pengambilan keputusan di kemudian hari.
Selain laporan penjualan, laporan keuangan adalah hal yang vital untuk mengetahui apakah bisnis Anda mempunyai keuntungan yang cukup layak bagi sebuah travel. Jangan-jangan modal yang Anda keluarkan masih terserap untuk stock barang dan piutang. Nah, laporan keuangan inilah yang akan menolong Anda mengevaluasi travel Anda agar dapat berkembang lebih maju lagi. Pilihlah laporan keuangan yang sudah memenuhi standar akuntansi yang baku sesuai yang berlaku di Indonesia. Hal ini akan mempermudah Anda dalam pelaporan pajak.Baca Juga : Manfaat Laporan Keuangan yang Rapi Bagi Biro Travel Umroh Itulah 5 fitur yang harus ada dalam aplikasi travel umrah yang Anda pilih. Jeli dalam menentukan, agar usaha Anda semakin maju dan berkembang. Jika Anda ingin menggunakan sistem aplikasi khusus travel umroh terbaik, segera hubungi kami untuk mengaktifkan paketnya.