Sekarang ini, banyak aplikasi travel umroh yang ditawarkan. Sebagian, sudah cukup lama ada. Sebagian lagi masih baru saja diluncurkan. Masing-masing sistem aplikasi ini memiliki kelebihan Serta kekurangan. Anda sebagai pengusaha travel umroh harus selektif memilih aplikasi yang tepat untuk Anda.
Salah satu pertimbangan untuk memilih software travel umroh adalah dengan melihat fitur-fitur yang disediakan oleh software tersebut. Software yang sudah cukup eksis dikembangkan, belum tentu menjadi paling bagus. Karena, sebuah sistem wajib update, sehingga mengharuskan pengembangan dari waktu ke waktu.Begitu pula sebaliknya, sebuah software yang baru dikeluarkan, biasanya mempunyai banyak kekurangan karena memang masih dalam tahap pengembangan. Solusinya, yaitu memakai aplikasi travel umrah yang mempunyai fitur yang cukup lengkap, namun terus melakukan update software guna mencocokan dengan kebutuhan pelanggan.Berikut 5 fitur yang setidaknya wajib dimiliki oleh aplikasi travel umrah yang baik untuk kemajuan travel Anda.
Fitur Pencatatan Transaksi dan Keuangan
Transaksi adalah suatu hal terpenting dalam bisnis apapun. Travel Umroh Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa mencatat transaksi Anda dengan detail dan lengkap, sesuai dengan produk yang Anda miliki.
Transaksi-transaksi umum seperti paket umrah, paket haji, badal umrah, badal haji, wisata, land arrangement, pemesanan visa, hotel, katering, tiket pesawat, dan sebagainya adalah fitur dasar yang harus dimiliki dalam sistem aplikasi travel umrah.Baca Juga : Dapatkah Perusahaan Travel Umroh Anda Bertahan dengan Pembukuan Manual?
Fitur Manajemen SDM dan Keagenan
Sebuah perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki SDM yang ramping dan efisien. SDM bisnis travel umrah umumnya terdiri dari pimpinan perusahaan, pimpinan cabang, HRD, staff keuangan, staff front office, customer service, admin pergudangan, humas, marketing dan agen.Pengelolaan SDM yang baik, dapat berakibat pada efisiensi perusahaan Anda. Anda dapat menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan jika SDM Anda bisa dipantau kinerjanya, sehingga Anda bisa memaksimalkan potensi karyawan Anda untuk menangani pekerjaan-pekerjaan di biro travel umroh Anda.Baca Juga : 6 Cara Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Jamaah Begitu juga dengan sistem keagenan, harus ada manajemen yang baik supaya Anda dapat memaksimalkan promosi dengan berkoordinasi dengan agen-agen Aada. Sistem pencatatan pendapatan juga wajib bisa diakomodasi oleh software khusus travel umroh yang Anda gunakan.
Fitur Manajemen Inventory
Inventory atau persediaan yaitu hal yang pasti ada dalam travel umrah. Barang-barang keperluan umroh yang biasanya disediakan oleh travel umrah adalah koper, pakaian ihram, id card, buku doa, dan sebagainya.
Jika travel umrah Anda sudah memiliki banyak pelanggan, dan frekuensi pemberangkatannya cukup sering, maka persediaan barang harus mendapat perhatian khusus supaya Anda tidak bingung mengelolanya.Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Inventory pada Bisnis Travel Umroh Persediaan barang juga wajib dapat mencukupi kebutuhan, jangan sampai terjadi kekurangan (out of stock), karena bisa berdampak pada kredibilitas biro umrah Anda. Apalagi jika pengadaan barang tersebut memerlukan waktu yang lama. Maka, fitur manajemen inventory sangat dibutuhkan dalam sebuah aplikasi travel umroh.
Fitur Aneka Metode Pembayaran
Zaman sekarang, pelanggan mengharapkan metode pembayaran yang serba cepat, dengan berbagai pilihan. umumnya, mereka menyesuaikan dengan metode bayar yang paling nyaman bagi mereka. Mau tidak mau, pengusaha wajib dapat juga mengakomodasi kebutuhan mereka untuk membayar secara mudah dan cepat.
Pilihlah sistem aplikasi travel umrah yang mendukung berbagai metode pembayaran. Bisa secara tunai, transfer bank, menggunakan EDC, payment gateway, dan emoney. Jika sistem Anda memiliki ini semua, maka transaksi akan lebih mudah dan pelanggan merasa puas terhadap pelayanan biro travel umroh Anda.Baca Juga : Pembayaran Cashless untuk Bisnis Travel Umroh Anda
Fitur Laporan Penjualan dan Keuangan
Setelah transaksi dilakukan hingga tahap pelunasan, aplikasi biro umrah Anda mestinya memiliki fitur laporan penjualan yang dapat digunakan secara realtime. Anda dapat melihat grafik-grafik penjualan untuk keperluan pemantauan kinerja dan juga pengambilan keputusan di kemudian hari.
Selain laporan penjualan, laporan keuangan adalah hal yang penting untuk mengetahui apakah travel Anda memiliki profit yang cukup layak bagi sebuah travel. Jangan-jangan modal yang Anda keluarkan masih terserap untuk stock barang dan piutang. Nah, laporan keuangan inilah yang dapat membantu Anda mengevaluasi usaha Anda agar dapat berkembang lebih maju lagi. Pilihlah laporan keuangan yang sudah memenuhi standar akuntansi yang baku sesuai yang berlaku di Indonesia. Hal ini Dapat memudahkan Anda dalam pelaporan pajak.Baca Juga : Manfaat Laporan Keuangan yang Rapi Bagi Biro Travel Umroh Itulah 5 fitur yang wajib ada dalam aplikasi travel umroh yang Anda pilih. Jeli dalam memilih, agar bisnis Anda semakin maju dan berkembang. Jika Anda ingin menggunakan sistem aplikasi khusus travel umroh terbaik, segera hubungi kami untuk mengaktifkan paketnya.