Membangun kepercayaan pelanggan bisa dimulai dari memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Pelayanan yang baik, akan menghasilkan kepuasan dari pelanggan. Pelanggan bisa menentukan untuk mempercayai suatu produk atau perusahaan jasa apabila mereka dapat melayani yang terbaik.
Bila perusahaan Anda termasuk perusahaan baru atau masih berkembang, maka Anda harus mulai membangun trust pelanggan Anda sesegera mungkin. Karena meraih kepercayaan pelanggan membutuhkan waktu yang tak sebentar.
Strategi membangun kepercayaan ini juga dapat diterapkan untuk usaha travel umrah yang Anda kelola. Jamaah akan merasa aman dan nyaman bertransaksi dengan Anda, apabila Anda bisa menyajikan nilai plus yang dapat menaikkan trust jamaah.
Lalu, langkah-langkah apa yang harus dikerjakan untuk membentuk kepercayaan pelanggan? Safar TMS mencoba membahasanya dalam artikel yang sedang Anda baca ini.
Komunikasikan dengan Baik
Pelanggan akan senang apabila Anda bisa mengkomunikasikan segala sesuatu dengan baik. Contohnya saja saat menawarkan produk Anda. Alih-alih menceritakan kehebatan produk Anda, Anda bisa memberikan pemahaman mengenai pentingnya manfaat produk Anda untuk kehidupan mereka.
Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket Umroh
Singkatnya, untuk sebuah travel umrah yang mempunyai produk yaitu jasa pelayanan umroh, Anda bisa memberikan gambaran utuh, apa saja manfaat umroh bagi seseorang, latar belakang yang kuat, testimoni dari mereka yang telah melaksanakan umroh, fadhilah umroh, dan sebagainya.
Kemudian sambungkan dengan kelebihan perusahaan Anda, bahwa apabila mereka menggunakan jasa biro travel umrah Anda, mereka dapat lebih khusyu' beribadah, lebih mudah, perjalanan yang menyenangkan, pendamping umroh yang berkompeten, dan sebagainya.
Namun ingat, jangan pernah mengklaim terlalu tinggi dari apa yang dapat Anda berikan untuk jamaah. Jika Anda mengatakan hal yang jujur, maka pelanggan atau jamaah Anda akan timbul rasa percaya secara alami.
Buat Produk/Jasa Anda Melebihi Ekspektasi
Ini yang terkadang tidak terpikirakan oleh pebisnis. Pebisnis pada umumnya, menginginkan laba dari penjualan yang tinggi, dengan harga yang tinggi, namun ternyata kualitas produk/jasanya tak sehebat harapan pelanggan. Hal ini jelas dapat membuat konsumen kecewa.
Bahkan jika Anda bisa memberikan harga murah untuk jamaah, namun Anda tidak memberikan layanan terbaik, maka jamaah bisa kecewa. Mereka berharap dapat mengulang lagi, supaya bisa membeli paket umroh dengan layanan yang lebih baik, berapapun harganya.
Baca Juga: 5 Cara Agar Jamaah Anda Melakukan Repeat Order
Maka, cobalah untuk lebih menekan egoisme untuk mendapatkan banyak keuangan dengan menurunkan kualitas layanan. Berikan layanan yang utama, bahkan melebihi harapan pelanggan, dengan harga yang bersaing.
Yakinlah, sebenarnya pelayanan yang baik tak harus mengeluarkan biaya mahal kok. Mari kita bahas lebih lanjut di poin ketiga.
Pelayanan Terbaik, Ini Kuncinya Membangun Kepercayaan Pelanggan
Seperti yang kita bahas di poin kedua tadi, pelayanan merupakan kunci dari tumbuhnya kepercayaan di hati konsumen atau jamaah umroh kita. Dengan memperhatikan kualitas layanan, maka kita sudah berinvestasi untuk meningkatkan penjualan di masa mendatang.
Coba bayangkan, jika ada 1 jamaah yang puas, maka dia dapat menceritakan kepada setidaknya 10 orang dalam lingkarannya. Dari 10 orang tadi, mungkin tidak serta merta menjadi pelanggan Anda, katakanlah 3 orang yang menjadi pelanggan anda berikutnya. Nah, 7 orang sisanya mungkin akan merekomendasikan kepada beberapa orang lain.
Hal yang sama juga berlaku untuk orang yang tidak puas dengan layanan Anda. Bahkan merekaa mungkin akan bercerita kepada lebih banyak orang dan memberitahu mereka untuk tak menggunakan jasa kita. Ngeri, kan?
Pada akhirnya, berikan produk kita yang berbicara. Sehingga pelanggan akan mempercayai kita dengan sendirinya.
Senang Hati Menerima Masukan
Semua orang takut menerima kritik. Begitu juga dengan sebuah usaha. Padahal, dengan kritikan kita bisa bertumbuh. Cobalah untuk membuka diri menerima kritikan dari pelanggan. Dari situ, kita bisa tau bagian mana yang harus diperbaiki.
Contohnya saja tentang kualitas makanan, keramahan pendamping umrah, kesiapan Land Arrangement (LA) dalam mengatasi jamaah, dan sebagainya. Masukan dari pelanggan bisa jadi berharga untuk pengembangan bisnis Anda.
Baca Juga : Networking, Kunci Sukses Mendapatkan Jamaah umroh dengan Mudah
Jika Anda mau menerimanya dan menanggapinya dengan baik, maka pelanggan pun akan percaya bahwa usaha Anda dapat memperbaikinya di kemudian hari.
Berikan Apresiasi
Jangan pelit ucapan terimakasih. Apapun respon dari pelanggan, selalu berikan ucapan terimakasih. Mereka sudah mempercayakan ibadah umroh mereka yang selama ini diinginkan, maka Anda wajib menjaga kepercayaan mereka dan memberikan apresiasi positif kepada jamaah.
Sesekali, anda juga dapat memberikan hadiah kepada jamaah yang sudah memberikan masukan-masukannya kepada Anda, sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.
Itulah beberapa hal mengenai membangun kepercayaan pelanggan yang dapat Safar TMS bagikan untuk Anda. Jika Anda ingin memajukan bisnis travel umrah menjadi lebih baik, hubungi kami supaya kami dapat memberikan masukkan untuk Anda tentang software travel umroh yang terbaik untuk Anda. Semoga travel umroh Anda makin sukes.