Membangun kepercayaan pelanggan bisa dimulai dari memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Pelayanan yang baik, pasti menghasilkan kepuasan dari pelanggan. Pelanggan dapat memutuskan untuk mempercayai suatu produk atau perusahaan jasa jika mereka bisa melayani yang terbaik.
Jika perusahaan Anda termasuk perusahaan baru atau masih berkembang, maka Anda harus memulai bangun kepercayaan pelanggan Anda cepat mungkin. Karena meraih kepercayaan pelanggan memerlukan waktu yang tidak sebentar.
Strategi membangun kepercayaan ini juga dapat diterapkan untuk usaha travel umroh yang Anda kelola. Jamaah akan merasa aman dan nyaman bertransaksi dengan Anda, apabila Anda dapat menyajikan nilai plus yang bisa meningkatkan kepercayaan jamaah.
Lalu, langkah-langkah apa yang harus dikerjakan untuk membangun kepercayaan pelanggan? Safar TMS mencoba merangkumnya dalam artikel yang sedang Anda baca ini.
Komunikasikan dengan Baik
Pelanggan akan senang apabila Anda bisa mengkomunikasikan segala sesuatu dengan baik. Misalnya saja saat menawarkan produk Anda. Alih-alih menceritakan kehebatan produk Anda, Anda bisa memberikan edukasi tentang pentingnya kegunaan produk Anda untuk kehidupan mereka.
Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket Umroh
Singkatnya, untuk sebuah travel umroh yang memiliki produk yaitu jasa pelayanan umrah, Anda dapat memberikan gambaran utuh, apa saja manfaat umrah untuk seseorang, latar belakang yang kuat, testimoni dari mereka yang telah melaksanakan umroh, fadhilah umroh, dan sebagainya.
Kemudian kaitkan dengan keunggulan perusahaan Anda, bahwa apabila mereka menggunakan jasa biro travel umrah Anda, mereka bisa lebih khusyu' beribadah, lebih mudah, perjalanan yang menyenangkan, pendamping umroh yang berkompeten, dan sebagainya.
Namun harus diingat, jangan pernah mengklaim terlalu tinggi dari apa yang bisa Anda sediakan untuk jamaah. Jika Anda mengatakan hal yang jujur, maka pelanggan atau jamaah Anda akan timbul rasa kepercayaab secara alami.
Buat Produk/Jasa Anda Melebihi Ekspektasi
Ini yang terkadang tidak terpikirakan oleh pebisnis. Pebisnis pada umumnya, mengharapkan keuntungan dari penjualan yang tinggi, dengan harga yang tinggi, namun ternyata kualitas produk/jasanya tak sehebat harapan pelanggan. Hal ini jelas dapat membuat pelanggan kecewa.
Bahkan jika Anda bisa memberikan harga murah untuk jamaah, namun Anda tidak memberikan layanan terbaik, maka jamaah akan kecewa. Mereka berharap bisa mengulang lagi, agar dapat membeli paket umrah dengan layanan yang lebih baik, berapapun harganya.
Baca Juga: 5 Cara Agar Jamaah Anda Melakukan Repeat Order
Maka, cobalah untuk lebih menekan egoisme untuk mendapatkan banyak keuangan dengan menurunkan kualitas layanan. Berikan layanan yang utama, bahkan melebihi harapan pelanggan, dengan harga yang kompetitif.
Yakinlah, sebetulnya pelayanan yang baik tak harus mengeluarkan biaya mahal kok. Mari kita bahas lebih lanjut di poin ketiga.
Pelayanan Terbaik, Ini Kuncinya Membangun Kepercayaan Pelanggan
Seperti yang kita bahas di poin kedua tadi, pelayanan merupakan kunci dari tumbuhnya trust di hati konsumen atau jamaah umroh kita. Dengan memperhatikan kualitas layanan, maka kita sudah berinvestasi untuk meningkatkan penjualan di masa mendatang.
Coba bayangkan, jika ada 1 jamaah yang puas, maka dia dapat menceritakan kepada setidaknya 10 orang dalam lingkarannya. Dari 10 orang tadi, mungkin tidak serta merta menjadi pelanggan Anda, katakanlah 3 orang yang menjadi pelanggan anda berikutnya. Nah, 7 orang sisanya mungkin akan merekomendasikan kepada beberapa orang lain.
Hal yang sama juga berlaku untuk orang yang tak puas dengan layanan Anda. Bahkan merekaa mungkin akan bercerita kepada lebih banyak orang dan memberitahu mereka untuk tak menggunakan jasa kita. Ngeri, kan?
Pada akhirnya, biarkan produk kita yang berbicara. Sehingga pelanggan akan mempercayai kita dengan sendirinya.
Senang Hati Menerima Masukan
Semua orang takut akan kritik. Begitupun dengan sebuah usaha. Padahal, dengan kritikan kita bisa bertumbuh. Cobalah untuk membuka diri menerima kritikan dari pelanggan. Dari situ, kita bisa tau bagian mana yang harus diperbaiki.
Misalnya saja tentang kualitas makanan, keramahan pendamping umroh, kesiapan Land Arrangement (LA) dalam mengatasi jamaah, dan sebagainya. Masukan dari pelanggan bisa jadi berharga untuk pengembangan bisnis Anda.
Baca Juga : Networking, Kunci Sukses Mendapatkan Jamaah umroh dengan Mudah
Jika Anda mau menerimanya dan menanggapinya dengan baik, maka pelanggan pun akan percaya bahwa usaha Anda dapat memperbaikinya di kemudian hari.
Berikan Apresiasi
Jangan pelit ucapan terimakasih. Apapun respon dari pelanggan, selalu berikan ucapan terimakasih. Mereka sudah mempercayakan ibadah umroh mereka yang selama ini diidam-idamkan, maka dari itu Anda harus menjaga kepercayaan mereka dan memberikan apresiasi positif kepada jamaah.
Sesekali, anda juga dapat memberi hadiah kepada jamaah yang sudah memberikan masukan-masukannya kepada Anda, sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.
Itulah sebagian hal tentang membangun kepercayaan pelanggan yang bisa Safar TMS bagikan untuk Anda. Apabila Anda ingin mengembangkan bisnis travel umrah menjadi lebih baik, hubungi kami agar kami dapat memberikan saran untuk Anda mengenai software travel umroh yang terbaik untuk Anda. Semoga travel umroh Anda makin berjaya.