Mencatat Laporan Keuangan  - Kebutuhan utama dalam suatu bisnis ialah tentang Keuangan. Tanpa adanya pengelolaan keuangan bisnis yang tepat, bisa membuat usia bisnis Anda akan cepat berakhir. Hal yang menarik adalah, banyak pelaku bisnis yang tidak mempunyai pengalaman dalam bidang akuntansi, bisa jadi Anda termasuk salah satunya. Padahal, Anda pasti tahu betapa sangat pentingnya pengetahuan akuntansi dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Walaupun begitu, jangan mengabaikan kurangnya pengetahuan akan ilmu akuntansi tersebut menghambat perusahaan Anda untuk mampu mengelola keuangan bisnis dengan tepat. Dengan sistem yang tepat, tanpa memiliki ilmu yang mendalam tentang akuntansi pun sejatinya perusahaan Anda akan tetap mampu mengatur keuangan bisnis Anda dengan baik dan mencatat laporan keuangan Anda dengan rapi. Bagaimana caranya? Dibawah ini adalah beberapa tips yang sudah Safar ringkas khusus untuk Anda:
 
Mencatat Laporan Keuangan
 

Pemasukan Harian Selalu Dicatat

 
Berapakah nominal pemasukan yang Anda peroleh dalam satu hari? Seringkali nominalnya tidak selalu sama bukan? Jadi upayakan untuk selalu mencatatnya.
 
Dalam melakukan pencatatan juga harus berasal dari semua sumber, tidak hanya terpaku pada salah satu sumber saja. Bukan hanya dari penjualan produk, Anda juga harus mencatat pendapatan yang bersala dari komisi agen atau member, donasi dari investor, dan sumber pemasukan yang lain.
 
Anda harus mencatat seluruh pemasukan secara detail dan terlebih untuk penjualan jasa atau produk Anda, baiknya selalu cantumkan nama produk, harga per produk atau jasa, dan jumlah produk atau jasa yang terjual. Selanjutnya bandingkan dengan data-data yang telah Anda miliki sebelumnya.
 
forcast.jpg
 

Memperkirakan Biaya Setiap Variabel

 
Dalam menetapkan biaya variabel Anda hendaknya mengacu pada dana yang harus dibayarkan untuk mendapatkan produk atau jasa yang Anda jual tersebut. Sebagai contoh, Anda baru saja memulai bisnis travel Umrah sebagai agen dari salah satu biro yang sudah memiliki PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah).
 
Maka, biaya variabel yang harus Anda bayarkan harus sesuai dengan jumlah jamaah yang berhasil Anda berangkatkan dari biro umrah Anda. Tetapi, apabila Anda biro perjalanan umrah yang sudah mempunyai PPIU sendiri, maka biaya variabel yang harus Anda bayarkan meliputi seluruh biaya dalam pemberangkatan jamaah.
 
fixedincome.jpg
 

Selalu Menghitung Besaran Biaya Tetap

 
Jika dana variabel merupakan dana yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan produk atau jasa, maka biaya tetap akan berpaku pada semua biaya yang pasti Anda keluarkan pada setiap bulan.
 
Misalnya seperti biaya sewa aplikasi manajemen umrah yang sudah mencakup layanan website, laporan keuangan, manajemen jamaah, dan manajemen barang, sewa tempat, menggaji karyawan, tagihan internet dan listrik, dan biaya lainnya.
 
Dengan mampu mengkalkulasikan besaran biaya tetap, maka Anda dapat membuat perkiraan jumlah uang yang seharusnya Anda keluarkan setiap bulannya. Itulah mengapa Anda harus selalu mencatat laporan keuangan bisnis Anda.
 
personal out.jpg
 

Pantau Pengeluaran Agar Sesuai dengan Kebutuhan

 
Mengatur keuangan yang rapi bisa terjadi jika diimbangi dengan aktivitas keuangan yang seimbang. Anda harus menyesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda terlalu memaksakan diri bila memang kondisi keuangan yang Anda miliki belum cukup untuk mampu mengambil tindakan tertentu.
 
Anda harus menentukan skala prioritas agar bisa meminimalkan pengeluaran yang belum terlalu Anda butuhkan saat ini. Dan perlu Anda catat, selalu memisahkan sebagian laba yang Anda dapatkan sebagai modal pengembangan bisnis atau untuk disimpan sebagai dana cadangan bila nantinya terjadi hal-hal tak terduga.
 
Screenshot_79.png
 

Menggunakan Software Akuntansi dan Keuangan 

 
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pengelolaan keuangan ialah pekerjaan tersendiri, terlebih bagi Anda yang tidak memiliki pemahaman akuntansi sama sekali. Mencatat laporan keuangan adalah hal yang penting dan harus ditangani dengan baik.
 
Kabar baiknya, Anda dapat menggunakan perangkat berupa Aplikasi akuntansi dan keuangan berbasis Cloud seperti Safar untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan Anda tanpa harus terlalu memahami akuntansi.
 
Selain mampu digunakan untuk mengelola keuangan Anda juga mendapatkan fitur pengelolaan jamaah, pengelolaan karyawan serta kebutuhan Anda lainnya dalam mengelola bisnis Anda. Selain itu karena menggunakan sistem cloud membuat Anda dapat mengakses dari mana saja dan kapanpun.
 
Bahkan Anda bisa melakukan pengelolaan dengan kolaborasi dengan karyawan Anda. Apalagi keamanan Anda juga sangat terjamin karena Safar telah menggunakan sistem keamanan berstandar Internasional dan selalu membackup data secara berkala tiap harinya.
 
Mampu mengelola keuangan tanpa harus memiliki pengetahuan yang dalam tentang akuntansi memang sangat bisa dilakukan. Kelima cara diatas telah membuktikannya.
 
Apalagi dengan adanya Aplikasi Akuntansi dan Keuangan yang terintegrasi dengan manajemen jamaah dan barang seperti Safar yang mampu memudahkan hal tersebut. Walaupun begitu, tidak ada salahnya Anda memelajari dasar-dasar akuntansi supaya dalam mengelola keuangan Anda dapat berjalan dengan lebih baik. Dampak positifnya juga pastinya akan Anda nikmati pada bisnis Anda.
 
Safar dibuat untuk dapat membantu para pemilik bisnis terutama bisnis Travel Umrah dan Haji yang memang tidak memiliki background akuntansi. Safar memberikan free trial kepada Anda untuk bisa segera memanfaatkan fitur akuntansi dan kekuangan tersebut. Daftarkan perusahaan Anda disini sekarang juga.
Kategori : Artikel
Tags :
software umrah Keuangan Perusahaan Software Akuntansi Software Pembukuan Safar
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap software umrah Keuangan Perusahaan Software Akuntansi Software Pembukuan Safar

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, software umrah, Keuangan Perusahaan, Software Akuntansi, Software Pembukuan, Safar

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami