Cara Efisien Manajemen Persediaan Bagi Travel Umrah

Ditulis pada 23 Februari 2023, 09:56:06

Cara Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umrah - Bagi perusahaan manufaktur, manajemen persediaan merupakan hal yang penting dan akrab untuk dikontrol setiap hari. Mengelola stok barang yang sudah selesai diproduksi, menjadi tugas utama dan pastinya perusahaan menyediakan tenaga khusus untuk menanganinya.

Lain halnya dengan manajemen persediaan bagi perusahaan travel umrah. Bidang usaha travel umrah biasanya berfokus pada produk utama yang dipasarkan yakni paket umrah. Hal utama yang dijual ialah jasa pelayanan umrah selama di Baitullah.

Desain tanpa judul.png

Sementara itu, persediaan barang kelengkapan umrah menjadi hal nomor kesekian untuk diurus. Hal ini tidak seutuhnya benar, karena persediaan barang kelengkapan umrah yang akan diberikan kepada calon jamaah adalah unsur penting yang harus dipenuhi.

Jangan Sampai Kehabisan Stock!

Barang kelengkapan umrah bagi jamaah antara lain koper, tas, kain ihram, mukena, seragam umrah, id card, buku panduan, dan yang lainnya merupakan barang-barang yang harus didapatkan jamaah sebelum melakukan pemberangkatan umrah. Bahkan, barang tersebut umumnya sudah diberikan saat jamaah melunasi tagihan pembayaran umrah.

Bila ada salah satu barang yang stoknya habis, hal itu dapat menyebabkan masalah dalam pengelolaan bisnis travel umrah. Anda tidak bisa memberikan service terbaik, sebab ada kekurangan pemberian barang kelengkapan umrah bagi jamaah Anda.

Desain tanpa judul (1).png

Tentunya, kehabisan persediaan barang seperti ini sering terjadi. Namun, jika terjadi secara berkelanjutan maka lama-kelamaan kepercayaan jamaah akan berkurang, karena merasa tidak dilayani dengan baik.

Efeknya, jamaah harus membeli sendiri kelengkapan umrah tersebut, sementara jamaah lain sudah mendapatkannya. Jamaah akan merasa tidak dianggap penting.

Pantau Persediaan Anda

Persoalan lainnya yang bisa timbul saat Anda mengabaikan pengelolaan persediaan adalah Anda akan kesulitan untuk mengecek jumlah persediaan yang ada, tidak dapat mengontrol barang yang hilang, mana yang perlu direstock mana yang tidak, dan hal lainnya.

Semisal, Anda masih punya persediaan kain ihram yang cukup, ternyata buku panduan Anda hampir habis. Anda justru memesan kain ihram yang cukup banyak, sementara buku panduan yang membutuhkan waktu untuk proses produksi/cetaknya justru tidak Anda pesan.

Jadi, Anda seharusnya mengetahui jumlah stok yang ada melalui pencatatan yang baik. Selain itu, Anda juga harus ketahui secara nyata jumlah barang yang ada secara tepat. Kuncinya ada pada pencatatan yang rapi dan sistem yang mampu mengakomodir hal itu.

Langkah Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umroh

Bila Anda ingin mengelola persediaan yang lebih rapi dan tersistem bagi travel umrah Anda, langkah pertama ialah dengan menggunakan sistem aplikasi khusus travel umrah yang lengkap dan saling terhubung.

Gunakan Sistem Aplikasi dengan Fitur Manajemen Persediaan/Inventory

Anda sekarang tidak perlu repot mencatat persediaan secara manual di buku atau Microsoft Excel, sebab sekarang ini sudah ada sistem pencatatan yang canggih pada software khusus travel umroh seperti Safar.

Sistem aplikasi travel umrah yang baik pasti memiliki fitur manajemen persediaan (manajemen inventory) yang akan memudahkan Anda menginput data stock Anda, kemudian menampilkan jumlah stock realtime karena aktivitas transaksi Anda akan diintegrasikan dengan pencatatan persediaan.

Desain tanpa judul (2).png

Jadi, begitu ada barang persediaan keluar dari gudang, Anda bisa tahu jumlah stock sisanya. Hal ini tentu menghemat waktu Anda daripada harus dicatat di excel dan baru diaudit akhir bulan misalnya. Sangat praktis dan tidak menyita waktu.

Order Sesuai Kebutuhan

Anda bisa menyesuaikan pemesanan barang yang harus restock atau membutuhkan stok ulang dengan melihat data yang ada. Anda tidak perlu memesan barang yang masih menumpuk, dan bisa langsung restock barang yang menipis persediaannya.

Dengan demikian, Anda sudah mengurangi penumpukan persediaan di gudang dapat dari salah memesan barang yang sebenarnya stoknya masih banyak. Selain itu, gudang Anda akan lebih lega tanpa adanya tumpukan stok barang yang tidak diperlukan.

Cashflow Menjadi Lebih Lancar

Jika Anda bisa mengelola persediaan dengan benar, maka cashflow perusahaan Anda bisa lebih lancar. Tidak ada dana cash yang terpakai untuk memesan barang dan berakhir pada tumpukan stok barang yang tidak diperlukan.

Desain tanpa judul (3).png

Hal ini berdampak pada kesehatan perusahaan Anda, sebab lancarnya cashflow ibarat aliran darah segar pada tubuh perusahaan Anda. sementara penumpukan stok ialah "penyakit" yang bisa menyumbat aliran darah di perusahaan Anda.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengelola persediaan bagi travel umrah. Memang tidak terlalu vital ya, namun tetap harus dikelola dengan baik agar bisnis Anda dapat menghasilkan profit cash, bukan profit yang larinya ke stok barang penunjang kebutuhan umrah.

Jika Anda ingin mencoba sistem aplikasi travel umrah yang dapat Anda gunakan untuk manajemen persediaan, hubungi Safar sekarang juga. Kami akan membantu Anda mengelola perusahaan travel umrah lebih efisien, hemat biaya, dan lebih profesional.

Kategori : Tips Bisnis
Tags :
Bisnis Travel Umroh manajemen persediaan manajemen stock
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap Bisnis Travel Umroh manajemen persediaan manajemen stock

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, Bisnis Travel Umroh, manajemen persediaan, manajemen stock

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami