Cara Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umrah - Bagi perusahaan manufaktur, manajemen persediaan merupakan hal yang penting dan akrab untuk diurusi setiap hari. Mengelola stok barang yang sudah selesai diproduksi, menjadi perhatian utama dan pastinya perusahaan menyediakan staff khusus untuk menanganinya.
Berbeda dengan manajemen persediaan untuk perusahaan travel umrah. Bidang usaha travel umrah biasanya berfokus pada produk utama yang dijual yaitu paket umrah. Hal utama yang dijual adalah jasa pelayanan umrah selama di tanah suci.
Sementara itu, persediaan barang keperluan umrah menjadi hal kesekian untuk diurus. Hal ini tidak seutuhnya benar, sebab persediaan barang keperluan umrah yang akan diberikan kepada calon jamaah merupakan komponen penting yang harus dipenuhi.
Jangan Sampai Kehabisan Stock!
Barang kelengkapan umrah untuk jamaah antara lain koper, tas, kain ihram, mukena, seragam umrah, id card, buku panduan, dan lainnya adalah barang-barang yang harus didapatkan jamaah sebelum berangkat umrah. Bahkan, barang tersebut umumnya sudah diberikan saat jamaah melunasi pembayaran umrah.
Bila ada salah satu barang yang stoknya habis, hal tersebut dapat menimbulkan masalah dalam manajemen bisnis travel umrah. Anda tidak dapat memberikan service terbaik, karena ada kekurangan pemberian barang keperluan umrah bagi jamaah Anda.
Tentunya, kehabisan stok seperti ini sering terjadi. Namun, bila terjadi terus menerus maka lama-kelamaan kepercayaan jamaah akan menurun, karena merasa tidak dilayani dengan baik.
Akibatnya, jamaah harus membeli secara mandiri kelengkapan umrah tersebut, sedangkan jamaah lain sudah mendapatkannya. Jamaah akan merasa tidak diprioritaskan.
Pantau Persediaan Anda
Masalah lainnya yang bisa timbul saat Anda mengabaikan pengelolaan persediaan ialah Anda akan kerepotan mengecek jumlah barang yang ada, tidak bisa mengontrol barang yang hilang, mana yang perlu direstock mana yang tidak, dan sebagainya.
Semisal, Anda masih punya persediaan kain ihram yang cukup, ternyata buku panduan Anda nyaris habis. Anda malah memesan kain ihram yang cukup banyak, sedangkan buku panduan yang membutuhkan waktu untuk proses produksi/cetaknya justru tidak Anda pesan.
Pada Akhirnya, Anda seharusnya mengetahui jumlah stok yang ada melalui pencatatan yang baik. Selain itu, Anda juga harus ketahui secara nyata jumlah barang yang ada secara tepat. Kuncinya ada pada pencatatan yang rapi dan sistem yang mampu mengakomodir hal itu.
Langkah Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umroh
Bila Anda ingin mengelola persediaan yang lebih rapi dan tersistem bagi travel umrah Anda, langkah pertama ialah gunakan sistem aplikasi khusus travel umrah yang lengkap dan saling terhubung.
Gunakan Sistem Aplikasi dengan Fitur Manajemen Persediaan/Inventory
Anda sekarang tidak perlu repot mencatat persediaan secara manual di buku atau Microsoft Excel, karena saat ini sudah ada aplikasi pencatatan yang canggih pada software khusus travel umroh seperti Safar.
Sistem aplikasi travel umrah yang baik pasti memiliki fitur manajemen persediaan (manajemen inventory) yang akan memudahkan Anda menginput data stock Anda, kemudian menampilkan jumlah stock realtime karena aktivitas transaksi Anda akan diintegrasikan dengan pencatatan persediaan.
Jadi, begitu ada barang persediaan keluar dari gudang, Anda bisa mengetahui jumlah stock sisanya. Hal ini sudah pasti menghemat waktu Anda daripada harus dicatat di excel dan baru diaudit akhir bulan misalnya. Sangat efektif dan tidak memakan waktu.
Order Sesuai Kebutuhan
Anda bisa menyesuaikan pemesanan barang yang harus restock atau memerlulan stok ulang dengan melihat data yang ada. Anda tidak perlu memesan barang yang masih banyak stoknya, dan bisa langsung restock barang yang menipis persediaannya.
Dengan demikian, Anda sudah mengurangi penumpukan barang di gudang akibat salah memesan barang yang sebetulnya stoknya masih banyak. Selain itu, gudang Anda akan lebih lega tanpa adanya tumpukan stok barang yang tidak perlu.
Cashflow Menjadi Lebih Lancar
Jika Anda dapat mengelola persediaan dengan benar, maka cashflow perusahaan Anda bisa lebih lancar. Tidak ada dana tunai yang terpakai untuk memesan barang dan berakhir pada tumpukan stok barang yang tidak diperlukan.
Hal ini berdampak pada kesehatan perusahaan Anda, sebab lancarnya cashflow ibarat aliran darah segar pada tubuh perusahaan Anda. sementara penumpukan stok adalah "penyakit" yang dapat memperlambat aliran darah di perusahaan Anda.
Nah, itulah beberapa kiat untuk manajemen persediaan bagi travel umrah. Memang tidak terlalu vital ya, tapi tetap harus dikelola dengan baik agar perusahaan Anda dapat menghasilkan profit cash, bukan profit yang larinya ke stok barang pendukung kebutuhan umrah.
Jika Anda ingin mencoba sistem aplikasi travel umrah yang dapat Anda gunakan untuk manajemen persediaan, hubungi Safar sekarang juga. Kami akan membantu Anda mengelola perusahaan travel umrah lebih efektif, hemat biaya, dan lebih profesional.