Cara Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umrah - Bagi perusahaan manufaktur, manajemen persediaan merupakan hal yang penting dan wajib untuk dikontrol setiap hari. Mengelola stok barang yang sudah selesai diproduksi, menjadi perhatian utama dan tentunya perusahaan menyediakan tenaga khusus untuk menanganinya.
Berbeda dengan manajemen persediaan bagi perusahaan travel umrah. Bidang usaha travel umrah biasanya berfokus pada produk utama yang dijual yaitu paket umrah. Hal utama yang dijual merupakan jasa pelayanan umrah selama di Baitullah.
Sementara itu, persediaan barang kelengkapan umrah menjadi hal kesekian untuk diurus. Hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab persediaan barang kelengkapan umrah yang akan diberikan kepada calon jamaah merupakan komponen penting yang harus dipenuhi.
Jangan Sampai Kehabisan Stock!
Barang keperluan umrah bagi jamaah diantaranya koper, tas, kain ihram, mukena, seragam umrah, id card, buku panduan, dan lainnya merupakan barang-barang yang harus didapatkan jamaah sebelum berangkat umrah. Bahkan, barang tersebut umumnya sudah diberikan saat jamaah melunasi pembayaran umrah.
Jika ada salah satu barang yang persediannya habis, hal tersebut bisa menyebabkan masalah dalam pengelolaan bisnis travel umrah. Anda tidak dapat memberikan service terbaik, karena ada kekurangan penyerahan barang kelengkapan umrah bagi jamaah Anda.
Tentunya, kehabisan persediaan barang seperti ini sering terjadi. Namun, bila terjadi secara berkelanjutan maka lama-kelamaan kepercayaan jamaah akan berkurang, sebab merasa tidak dilayani dengan baik.
Akibatnya, jamaah harus membeli secara mandiri keperluan umrah tersebut, sedangkan jamaah lain sudah mendapatkannya. Jamaah akan merasa tidak diprioritaskan.
Pantau Persediaan Anda
Persoalan lainnya yang bisa muncul ketika Anda mengabaikan pengelolaan persediaan ialah Anda akan kerepotan mengecek jumlah persediaan yang ada, tidak bisa mengontrol barang yang hilang, mana yang perlu direstock mana yang tidak, dan sebagainya.
Misalnya, Anda masih punya persediaan kain ihram yang cukup, ternyata buku panduan Anda nyaris habis. Anda justru memesan kain ihram yang cukup banyak, sedangkan buku panduan yang memerlukan waktu untuk proses produksi/cetaknya malah tidak Anda pesan.
Pada Akhirnya, Anda seharusnya mengetahui jumlah persediaan yang ada melalui pencatatan yang baik. Selain itu, Anda juga harus ketahui secara real jumlah barang yang ada secara tepat. Kuncinya ada pada pencatatan yang rapi dan sistem yang mampu mengakomodir hal itu.
Langkah Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umroh
Jika Anda ingin mengelola persediaan yang lebih rapi dan tersistem bagi travel umrah Anda, cara pertama adalah gunakan sistem aplikasi khusus travel umrah yang lengkap dan terintegrasi.
Gunakan Sistem Aplikasi dengan Fitur Manajemen Persediaan/Inventory
Anda sekarang tidak perlu repot mencatat persediaan secara manual di buku atau Microsoft Excel, karena saat ini sudah ada aplikasi pencatatan yang canggih pada software khusus travel umroh seperti Safar.
Sistem aplikasi travel umrah yang baik tentu memiliki fitur manajemen persediaan (manajemen inventory) yang akan mempermudah Anda menginput data stock Anda, kemudian menampilkan jumlah stock realtime karena aktivitas transaksi Anda akan diintegrasikan dengan pencatatan persediaan.
Jadi, setiap ada barang persediaan keluar dari gudang, Anda bisa tahu jumlah stock sisanya. Hal ini tentu menghemat waktu Anda daripada harus dicatat di excel dan baru diaudit akhir bulan misalnya. Sangat efektif dan tidak memakan waktu.
Order Sesuai Kebutuhan
Anda dapat menyesuaikan pemesanan barang yang harus restock atau membutuhkan stok ulang dengan melihat data yang ada. Anda tidak perlu memesan barang yang masih banyak stoknya, dan bisa langsung restock barang yang hampir habis persediaannya.
Dengan demikian, Anda sudah mengurangi penumpukan barang di gudang dapat dari salah memesan barang yang sebenarnya stoknya masih banyak. Selain itu, gudang Anda akan lebih lega tanpa adanya tumpukan stok barang yang tidak perlu.
Cashflow Menjadi Lebih Lancar
Bila Anda bisa mengelola persediaan dengan benar, maka cashflow perusahaan Anda bisa lebih lancar. Tidak ada dana tunai yang terpakai untuk memesan barang dan berakhir pada tumpukan stok barang yang tidak diperlukan.
Hal ini berakibat pada kesehatan perusahaan Anda, karena lancarnya cashflow ibarat aliran darah segar pada tubuh perusahaan Anda. sementara penumpukan stok ialah "penyakit" yang bisa memperlambat aliran darah di perusahaan Anda.
Nah, itulah beberapa tips untuk manajemen persediaan untuk travel umrah. Memang tidak terlalu vital ya, namun tetap harus dikelola dengan baik agar bisnis Anda bisa menghasilkan profit cash, bukan profit yang larinya ke stok barang penunjang kebutuhan umrah.
Bila Anda ingin mencoba sistem aplikasi travel umrah yang dapat Anda gunakan untuk manajemen persediaan, hubungi Safar sekarang juga. Kami akan membantu Anda mengelola perusahaan travel umrah lebih efisien, hemat biaya, dan lebih profesional.