Cara Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umrah - Bagi perusahaan manufaktur, manajemen persediaan merupakan hal yang penting dan akrab untuk dikontrol setiap hari. Mengelola stok barang yang sudah selesai diproduksi, menjadi tugas utama dan pastinya perusahaan menyediakan tenaga khusus untuk menanganinya.
Lain halnya dengan manajemen persediaan bagi perusahaan travel umrah. Bidang usaha travel umrah biasanya berfokus pada produk utama yang dipasarkan yakni paket umrah. Hal utama yang dijual ialah jasa pelayanan umrah selama di Baitullah.
Sementara itu, persediaan barang kelengkapan umrah menjadi hal nomor kesekian untuk diurus. Hal ini tidak seutuhnya benar, karena persediaan barang kelengkapan umrah yang akan diberikan kepada calon jamaah adalah unsur penting yang harus dipenuhi.
Jangan Sampai Kehabisan Stock!
Barang kelengkapan umrah bagi jamaah antara lain koper, tas, kain ihram, mukena, seragam umrah, id card, buku panduan, dan yang lainnya merupakan barang-barang yang harus didapatkan jamaah sebelum melakukan pemberangkatan umrah. Bahkan, barang tersebut umumnya sudah diberikan saat jamaah melunasi tagihan pembayaran umrah.
Bila ada salah satu barang yang stoknya habis, hal itu dapat menyebabkan masalah dalam pengelolaan bisnis travel umrah. Anda tidak bisa memberikan service terbaik, sebab ada kekurangan pemberian barang kelengkapan umrah bagi jamaah Anda.
Tentunya, kehabisan persediaan barang seperti ini sering terjadi. Namun, jika terjadi secara berkelanjutan maka lama-kelamaan kepercayaan jamaah akan berkurang, karena merasa tidak dilayani dengan baik.
Efeknya, jamaah harus membeli sendiri kelengkapan umrah tersebut, sementara jamaah lain sudah mendapatkannya. Jamaah akan merasa tidak dianggap penting.
Pantau Persediaan Anda
Persoalan lainnya yang bisa timbul saat Anda mengabaikan pengelolaan persediaan adalah Anda akan kesulitan untuk mengecek jumlah persediaan yang ada, tidak dapat mengontrol barang yang hilang, mana yang perlu direstock mana yang tidak, dan hal lainnya.
Semisal, Anda masih punya persediaan kain ihram yang cukup, ternyata buku panduan Anda hampir habis. Anda justru memesan kain ihram yang cukup banyak, sementara buku panduan yang membutuhkan waktu untuk proses produksi/cetaknya justru tidak Anda pesan.
Jadi, Anda seharusnya mengetahui jumlah stok yang ada melalui pencatatan yang baik. Selain itu, Anda juga harus ketahui secara nyata jumlah barang yang ada secara tepat. Kuncinya ada pada pencatatan yang rapi dan sistem yang mampu mengakomodir hal itu.
Langkah Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umroh
Bila Anda ingin mengelola persediaan yang lebih rapi dan tersistem bagi travel umrah Anda, langkah pertama ialah dengan menggunakan sistem aplikasi khusus travel umrah yang lengkap dan saling terhubung.
Gunakan Sistem Aplikasi dengan Fitur Manajemen Persediaan/Inventory
Anda sekarang tidak perlu repot mencatat persediaan secara manual di buku atau Microsoft Excel, sebab sekarang ini sudah ada sistem pencatatan yang canggih pada software khusus travel umroh seperti Safar.
Sistem aplikasi travel umrah yang baik pasti memiliki fitur manajemen persediaan (manajemen inventory) yang akan memudahkan Anda menginput data stock Anda, kemudian menampilkan jumlah stock realtime karena aktivitas transaksi Anda akan diintegrasikan dengan pencatatan persediaan.
Jadi, begitu ada barang persediaan keluar dari gudang, Anda bisa tahu jumlah stock sisanya. Hal ini tentu menghemat waktu Anda daripada harus dicatat di excel dan baru diaudit akhir bulan misalnya. Sangat praktis dan tidak menyita waktu.
Order Sesuai Kebutuhan
Anda bisa menyesuaikan pemesanan barang yang harus restock atau membutuhkan stok ulang dengan melihat data yang ada. Anda tidak perlu memesan barang yang masih menumpuk, dan bisa langsung restock barang yang menipis persediaannya.
Dengan demikian, Anda sudah mengurangi penumpukan persediaan di gudang dapat dari salah memesan barang yang sebenarnya stoknya masih banyak. Selain itu, gudang Anda akan lebih lega tanpa adanya tumpukan stok barang yang tidak diperlukan.
Cashflow Menjadi Lebih Lancar
Jika Anda bisa mengelola persediaan dengan benar, maka cashflow perusahaan Anda bisa lebih lancar. Tidak ada dana cash yang terpakai untuk memesan barang dan berakhir pada tumpukan stok barang yang tidak diperlukan.
Hal ini berdampak pada kesehatan perusahaan Anda, sebab lancarnya cashflow ibarat aliran darah segar pada tubuh perusahaan Anda. sementara penumpukan stok ialah "penyakit" yang bisa menyumbat aliran darah di perusahaan Anda.
Nah, itulah beberapa cara untuk mengelola persediaan bagi travel umrah. Memang tidak terlalu vital ya, namun tetap harus dikelola dengan baik agar bisnis Anda dapat menghasilkan profit cash, bukan profit yang larinya ke stok barang penunjang kebutuhan umrah.
Jika Anda ingin mencoba sistem aplikasi travel umrah yang dapat Anda gunakan untuk manajemen persediaan, hubungi Safar sekarang juga. Kami akan membantu Anda mengelola perusahaan travel umrah lebih efisien, hemat biaya, dan lebih profesional.