Mari, bijak mengelola bisnis travel umrah!
Baru-baru ini, kejadian penipuan calon jamaah umrah PT Damtour sedang hangat dibicarakan di media massa. Kasus penipuan yang merugikan calon jamaah hingga milyaran rupiah tersebut cukup menyita perhatian.
Pasalnya, hanya bermodal promo umrah murah, calon jamaah dengan gampang terpikat bujuk rayu para agen Damtour sehingga mereka secara senang hati menyetorkan sejumlah uang kepada perusahaan yang berlokasi di Depok Jawa Barat ini. Dalam kurun waktu 2011 hingga 2018 tak kurang dari 200 jamaah tidak berhasil berangkat dengan nilai kerugian sejumlah 4 milyar rupiah!

Mengapa hal seperti ini berulang kali terjadi?
Dari sisi calon jamaah, mereka hanya tertarik “harga murah” atau bundling penawaran menarik dari agen travel umrah yang mereka percayai untuk menangani keberangkatan umrah mereka. Mereka justru tak tahu, dengan membayar uang muka sekian juta tersebut, apakah mereka benar-benar akan berangkat atau tidak. Seketika sudah banyak jamaah yang terlanjur menyerahkan uang muka, kemudian dengan mudahnya pemilik travel membawa kabur uang calon jamaah umrah.
Dari sisi pengusaha travel umrah sendiri, tidak adanya sistem yang jelas & teroganisir untuk manajemen data, keuangan, & layanan lainnya menyebabkan travel umrah bisa jadi lahan penyelewengan orang-orang yang tak jujur. Sistem yang tidak rapi juga membuka celah bagi karyaawan yang tidak loyal terhadap perusahaan untuk menyelewengkan dana calon jamaah, sehingga walaupun pemilik usaha sendiri sudah berusaha untuk amanah, mereka bisa terkena imbasnya juga.

kenyataannya, kasus penipuan semacam ini bisa dihindari dengan upaya mencari perusahaan travel umrah yang mempunyai sistem manajemen perusahaan yang baik & transparan. Hal ini kurang memungkinkan apabila perusahaan travel umrah masih menggunakan sistem manual, sebab jamaah tidak bisa mengetahui perkembangan keberangkatan umrah mereka secara realtime. Lebih susah lagi jika jamaah yang mendaftar hanya tahu informasi & akses ke travel umrah hanya melalui personal dengan menghubungi nomor kontak agen (melalui whatsapp misalnya), mereka tidak bisa mengecek sendiri ke kantor perwakilan agen travel umrah atau melalui website resmi travel umrah tersebut.
Berbeda jika bisnis biro umrah sudah memakai sistem manajemen yang baik, apalagi sudah berbasis website sehingga calon jamaah lebih percaya kepada perusahaan travel umrah yang Anda operasikan. contohnya saja dari sisi pengurusan visa, pembayaran, & kepastian jadwal pemberangkatan.
apaila jamaah dapat mengecek secara langsung menggunakan web, maka mereka akan merasa tenang & nyaman menyerahkan dana dan pengurusan kelengkapan untuk umrah. Pengelolaan secara profesional juga akan meningkatkan kepercayaan jamaah umrah, sehingga bisa jadi mereka akan menjadi agen pemasaran gratis bagi perusahaan Anda dengan testimoni kepuasan mereka.

Safar menawarkan solusi bagi bisnis travel umrah Anda agar mampu menjadi agen travel umrah yang profesional & amanah dengan mengurus semua data jamaah, sistem pembayaraan, sistem persediaan, layanan pengurusan visa, layanan pemesanan tiket transportasi & pemesanan kamar hotel, & sebagainya secara real time.
Jadi, ketika pertama kali calon jamaah mendaftar, hingga kepulangannya, dapat dicek progresnya dalam satu sistem aplikasi yang terintegrasi. Tentunya ini akan memudahkan Anda sebagai pengelola, juga memudahkan jamaah yang ingin mengetahui perkembangan umrah mereka. Sangat mudah, cepat, akurat dan juga hemat biaya.
Menjadi perusahaan yang amanah adalah tujuan dari semua perusahaan, seperti halnya cara berbisnis yang dicontohkan oleh Rasulullah. Berbisnis dengan profesionalisme akan menghasilkan keberkahan dalam berbisnis, bukan hanya sekedar keuntungan dan kerugian. Jadi, mulailah meraih kepercayaan pelanggan Anda dengan menyediakan layanan umrah dan haji yang profesional dengan menggunakan sistem aplikasi travel umrah yang profesional seperti Safar.