Bagi pebisnis, istilah neraca keuangan mungkin bukan hal yang asing lagi. Anda dapat tau berapa modal, aktiva dan pasiva perusahaan Anda dengan buat dan membaca laporan neraca keuangan Anda.
Biasanya, perusahaan menggunakan metode akuntansi untuk mencatat dan membuat laporan keuangan. Neraca keuangan pada umumnya dihasilkan dalam periode akuntansi tertentu, contohnya perbulan, per 3 bulan, semester, atau tahunan.
Fungsinya adalah untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan di periode tersebut apa dalam keadaan sehat atau tidak. perihal ini biasanya juga mempengaruhi pengambilan keputusan bisnis.
Unsur-unsur dalam Neraca Keuangan
Dalam neraca keuangan biasanya ada unsur-unsur berikut ini:
- Modal. Modal merupakan harta kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan baik berbentuk uang ataupun barang. Dalam neraca keuangan, modal adalah saldo akhir dari modal perusahaan dalam suatu periode akuntansi, yaitu hasil pengurangan pasiva dengan aktiva.
- Aktiva. Aktiva adalah aset yang dimiliki perusahaan yang bermanfaat bagi perusahaan di masa mendatang. Aktiva dibagi menjadi dua macam yaitu aktiva tetap dan aktiva lancar. Aktiva tetap adalah aset yang kegunaannya dapat dirasakan dalam jangka panjang, contohnya gedung & mesin/kendaraan. Sedangkan aktiva lancar merupakan aset yang manfaatnya kurang dari 1 tahun seperti kas dan piutang.
- Pasiva. Pasiva ialah kewajiban yang wajib dibayar suatu perusahaan. Biasanya seperti utang & pendapatan dibayar di muka. Utang sendiri dapat berupa utang jangka pendek & utang jangka panjang.
Implementasi Neraca Keuangan pada Bisnis Travel Umrah
Dalam perusahaan jasa seperti jasa travel umrah, neraca keuangan menampilkan data sesuai dengan unsur-unsur seperti yang telah disebutkan di atas.
Untuk aktiva, Anda bisa mencatat seluruh harta kekayaan perusahaan seperti tanah, gedung, kendaraan, peralatan kantor, komputer, & sebagainya. Anda juga mencatat aktiva lancarnya yaitu kas dan piutang usaha travel Anda.
Sedangkan pasiva, Anda dapat mencatat utang perusahaan misalnya untuk tambahan modal, booking tiket & hotel (yang baru dibayar DP-nya), pendapatan dibayar di muka seperti penyetoran dana oleh jamaah yang belum tau kapan berangkatnya, serta modal disetor.
Untuk modal, Anda bisa mengetahuinya di akhir periode akuntansi ketika menutup buku / membuat jurnal penutup. Upayakan untuk selalu mencatat transaksi Anda dengan rapi sesuai dengan akuntansi agar mudah membuat laporan akuntansi seperti neraca, laporan laba rugi, dan sebagainya.
Gunakan Sistem Aplikasi yang Mendukung Travel Umrah Anda
Kami percaya, bisnis yang baik berawal dari bisnis yang terpelihara catatan keuangannya. Kini mencatat keuangan perusahaan bisa lebih mudah dan lebih rapi dengan menggunakan sistem Safar TMS.
Sistem Safar adalah sistem manajemen travel umrah yang fiturnya mencakup seluruh kegiatan travel umrah Anda. Anda tidak perlu kesulitan lagi mencatat keuangan dan membuat laporan keuangan karena semua modulnya sudah tersedia di sistem kami.
Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena kami berkomitmen untuk menyajikan software yang dapat membuat bisnis Anda makin berkembang dan maju dengan mengakomodir semua fitur yang Anda butuhkan.