7 Alasan Jamaah Memilih Umrah di Waktu Off Peak Season

Ditulis pada 04 Desember 2022, 14:03:19

Ini Dia 7 Penyebab Jamaah Memutuskan Umrah Off Peak Season - Dalam dunia pertravelan, istilah off peak season atau low season menjadi daya tarik tersendiri. Biasanya, kata ini dikenal dengan bepergian bukan pada musim liburan.

Samakah penjelasannya jika dikaitkan dengan ibadah umrah? Ternyata, umrah off peak season atau umrah low season memiliki waktu tertentu yang tidak sama dengan liburan ke tempat lain.

Desain tanpa judul (28).png

Alasannya, karena musim umrah dan bukan musim umrah ditentukan dengan bulan hijriyah, tidak termasuk bulan-bulan masehi. Hal ini yang menyebabkan calon jamaah harus jeli menentukan paket umrah low season.

Biasanya umrah low season atau umrah bukan pada musim umrah berlangsung setelah musim haji hingga penghujung tahun masehi, dan awal tahun masehi hingga ramadhan.

Sedangkan high season terjadi pada akhir tahun masehi, & pada waktu ramadhan. Pada akhir tahun masehi bersamaan dengan musim liburan sekolah dan cuti bersama hari raya natal dan tahun baru, sehingga umat muslim yang memiliki niatan umrah bersama keluarga menentukan untuk bepergian pada musim umrah akhir tahun.

Untuk umrah ramadhan, sudah bisa dipastikan menjadi musim umrah karena banyak sekali keutamaan umrah di bulan ramadhan. Salah satunya adalah pahalanya setara dengan haji. Oleh karena itu, biasanya ramadhan adalah benyak-banyaknya orang pergi umrah ke tanah suci.

Namun, dengan berbagai pertimbangan ada beberapa jamaah yang lebih memustuskan umrah off peak season. Setidaknya ada 7 alasan yang membuat jamaah pergi umrah di low season.

Harga Paket yang Lebih Murah

Tidak bisa dihindari, bahwa dana yang paling banyak diperlukan untuk umrah adalah untuk membeli tiket. Hampir setengah dari harga umrah adalah untuk membeli tiket pesawat dari Indonesia ke Arab Saudi, dan sebaliknya untuk tiket pulang.

Di high season umrah yaitu akhir tahun & ramadhan, Anda harus mengeluarkan tambahan biaya untuk memesan tiket. Berbeda dengan saat low season, tiket ke Arab Saudi bisa lebih murah.

Desain tanpa judul (27).png

Hal ini lah yang mempengaruhi harga paket umrah yang ditawarkan oleh biro travel umrah menjadi lebih murah. Ada juga pertimbangan dari biro travel mengadakan paket yang lebih hemat karena memang minat untuk berumrah di low season cukup rendah, sehingga mereka memerlukan jamaah yang "mau" untuk pergi umrah agar usaha travel umrah tetap bisa beroperasi.

Dengan murahnya biaya paket umrah yang ditawarkan, jamaah yang memiliki waktu luang dan juga biaya terbatas memilih untuk berumrah pada saat bukan musim umrah.

Kondisi Tanah Suci Cukup Lengang

Seperti yang tampak dari namanya, pada masa low season, kondisi di tanah suci jauh lebih sepi daripada saat  ramai. Saat puncak musim umrah bulan ramadhan, Anda akan dihadapkan pada kondisi penuh sesak baik di Masjidil Haram ataupun Masjid Nabawi.

Bagi Anda yang tak menyukai suasana berdesak-desakan, maka umrah di low season menjadikan waktu yang utama untuk Anda pilih. Anda mungkin jenis orang yang suka ketenangan, atau hanya bisa khusyu beribadah saat suasana  sepi atau lengang.

Cuaca Bersahabat

Bulan-bulan seperti Maret-April merupakan cuaca terbaik karena peralihan dari musim dingin ke musim panas. Anda bisa merasakan kondisi yang nyaman untuk beribadah pada bulan-bulan peralihan musim ini. iklim di tanah suci tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Bisa Leluasa Beribadah atau Berdoa di Tempat Mustajab

Masih bersangkutan dengan poin utama, karena situasi di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi cukup bebas untuk beribadah, Anda juga bisa bebas dalam beribadan atau berdoa di tempat-tempat mustajab.

Desain tanpa judul (26).png

Ibadah di tempat mustajab yang dimaksud adalah:

  • Shalat dan berdoa Hijr Ismail
  • Shalat sunnah thawaf di belakang Maqam Ibrahim
  • Berdoa di Multazam
  • Mencium Hajar Aswad
  • Mengusap Rukun Yamani
  • Shalat dan berdoa di Raudhah

Hotel Cukup Sepi

Dikarenakan off peak season, bukan hanya tempat ibadahnya yang sepi. Hotel atau penginapan biasanya juga ikutan sepi. Hal ini menguntungkan Anda, karena Anda bisa mendapatkan hotel yang lebih dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi (tentunya dengan harga yang lebih murah), tidak butuh berdesakan di lift, & Anda lebih santai saat beristirahat di hotel.

Beribadah dengan Lebih Bebas dan Tenang

Suasana sepi membuat Anda bisa melakukan rukun-rukun umrah lebih totalitas. Anda bisa tenang saat thawaf karena tak perlu berdesakan. Anda juga bisa tenang saat melaksanakan sa'i.

Selain itu, Anda juga bisa beribadah sunnah seperti shalat tahajjud, shalat dhuha, membaca Al Quran, dan yang lainnya dengan lebih tentram dan khusyu'.

Bisa Sekaligus Tour Ke Tempat Wisata Lain

Dengan keleluasaan waktu dan biaya yang lebih murah tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk embeli paket umrah+tour ke tempat wisata berikutnya yang Anda inginkan apabila Anda memiliki waktu dan budget berlebih.

Nah, itulah 7 sebab jamaah mennetukan umrah off peak season atau low season. Kalau Anda sendiri, sudahkah mempunyai persiapan umrah di awal tahun 2023?

Desain tanpa judul (25).png

Segera booking paket umrah di travel umrah yang terpercaya. Travel umrah yang baik, umumnya memiliki website yang responsif dan sederhana dalam pemesanannya.

Travel umrah yang profesional biasanya memakai sistem aplikasi yang khusus untuk travel umrah seperti software Safar. Baik pengelola ataupun jamaah dapat memantau transaksi mereka dengan mudah baik melalui desktop maupun Handphone karena Safar sudah bisa diakses melalui ponsel di aplikasi Safar.

Kategori : Artikel
Tags :
umrah umrah off peak umrah low season
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap umrah umrah off peak umrah low season

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, umrah, umrah off peak, umrah low season

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami