Ini Dia Biaya-biaya Tak Terduga dalam Bisnis Travel Umrah - Menjalankan bisnis pasti tidak bisa lepas dari yang namanya biaya untuk menjalankan bisnis. Ada biaya yang dapat diperhitungkan, contohnya biaya tetap dan biaya variabel. Di luar itu, ada satu lagi biaya yakni biaya tak terduga.

Meskipun biaya ini bisa diminimalisir akan tetapi memerlukan persiapan dalam bentuk dana cadangan usaha. Namanya tak terduga, kita tidak tahu kapan munculnya. Kita hanya bisa menduga bentuknya, sedangkan dananya bervariasi tergantung seberapa besar masalah yang ada.

biaya-biaya tak terduga dalam bisnis

Dana cadangan atau yang biasa disebut dana darurat ini seharusnya dialokasikan sejak awal, yakni dengan cara memisahkan sebagian dana dari modal awal, kemudian jumlahnya bisa ditambah disesuaikan dengan perkembangan modal yang ada setelah Anda menjalankan travel dalam kurun waktu tertentu.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk menangani permasalahan yang muncul di tengah-tengah bisnis Anda. Seperti yang kita tahu, usaha tak selamanya mulus, sehingga Anda harus mempersiapkan diri agar dapat bertahan dan bisnis Anda tidak gulung tikar.

Baca Juga : 9 Cara Mengembangkan Bisnis Travel Umrah

Biaya-biaya Tak Terduga dalam Bisnis Biro Travel Umrah

Jika Anda menjalankan bisnis biro travel umrah, inilah beberapa biaya tidak terduga yang mungkin muncul saat Anda mengelola travel Anda.

Cadangan Gaji Karyawan

Dana cadangan untuk menggaji karyawan ini wajib dipastikan sudah ada dalam anggaran Anda. Bukan hanya bagi travel yang baru berdiri, namun juga usaha yang sudah berjalan lama. Mengapa?

Pada bisnis travel yang baru berdiri, wajar kita mempersiapkan cadangan gaji karyawan sekurang-kurangnya untuk 3 bulan. Asumsinya, apabila dalam 3 bulan kita tidak dapat pemasukan, maka kita masih bisa mempertahankan karyawan kita (SDM) untuk operasional usaha.

Untuk bisnis travel yang sudah lama berjalan, keuangan mungkin saja sudah stabil, bahkan memberikan profit. Tetapi, profit yang terus membesar jangan membuat kita lengah, sehingga kita lupa bahwa bisnis travel ada naik turunnya.

Nah, itulah gunanya mempunyai dana cadangan gaji karyawan. Di saat bisnis kita turun, kita masih bisa menggaji karyawan meski kita sedang tidak banyak profit atau bahkan sedang merugi. Karena, sangat tidak mengenakkan jika saat kita dalam kondisi terpuruk, gaji karyawan tidak dapat tertunaikan.

Hal ini bertentangan dengan hadits Rasulullah berikut ini:

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, Allah Ta’ala berfirman,

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : قَالَ اللَّهُ تَعَالَى :ثَلَاثٌ اَنَاخَصْمُهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَنْ كُنْتُ خَصْمَهُ خَصَمْتُهُ :رَجُلٌ أَعْطَى بِى ثُمَّ عَدَرَ, وَرُجُلٌ بَاعَ حُرًّاثُمَّ كَلَ ثَمَنَهُ, وَرَجُلٌ اسْتَأْجَرَأَجِيْرًا فَاسْتَوْفَى مِنْهُ وَلَمْ يُعْطِهِ أَجْرَهُ.

“Tiga Jenis (manusia) yang Aku akan menjadi musuhnya kelak pada hari kiamat, yaitu: seseorang yang memberi dengan nama-Ku, kemudian berkhianat; seseorang yang menjual orang yang merdeka (bukan budak), kemudian memakan uangnya; dan seseorang yang mempekerjakan pekerja dan telah diselesaikan pekerjaannya, tetapi ia tidak memberikan upahnya.” (HR Bukhari).

Oleh karena itu, dalam berikhtiar adalah bentuk kehati-hatian kita terhadap kezhaliman yang mungkin terjadi saat kita menunda pembayaran gaji karyawan, maka harus mempunyai dana cadangan gaji karyawan sehingga saat Anda mengalami penurunan usaha Anda terhindar dari satu masalah baru yaitu tidak dapat menggaji karyawan.

Baca Juga : 6 Cara Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Jamaah

Pindah Lokasi Bisnis

Ada suatu kondisi yang bisa saja terjadi pada bisnis kita yang memerlukan uang tidak sedikit. Contohnya adalah pindah lokasi bisnis. Pindah dalam artikel ini adalah pindah yang tidak direncanakan sebelumnya, misalnya yaitu karena terjadi bencana alam seperti kebajiran, gempa bumi, kebakaran, atau lain sebagainya.

Mau tidak mau, Anda harus memindahkan lokasi bisnis Anda ke tempat yang lebih aman. Perpindahan ini adalah bersifat sementara atau permanen, tergantung penyebab pindahnya lokasi bisnis Anda.

Untuk pindah tempat, pastinya ada uang yang Anda keluarkan seperti membangun tempat usaha baru, biaya sewa gedung baru, memindahkan peralatan kantor, dan sebagainya.

Biaya semacam ini memakan anggaran yang cukup besar sehingga perlu disiapkan di rekening dana cadangan. Sehingga, Anda tidak terlampau terbebani jika harus mengeluarkan modal yang besar untuk berpindah tempat.

Mengganti Peralatan yang Rusak

Setiap peralatan kantor yang kita pakai sudah pasti mempunyai usia atau batas akhir pemakaian. Misalnya kendaraan, komputer/laptop, ponsel, printer, meja-kursi, dll. Biasanya, sekali rusak (apapun penyebabnya) Anda perlu mengeluarkan dana untuk menggantinya dengan segera.

Kalaupun ada opsi untuk melakukan servis, Anda harus mengeluarkan biaya servis dan biaya membeli/menyewa alat baru sebelum peralatan Anda selesai diservis.

Anggarkan secukupnya, karena kita berasumsi bahwa peralatan kita tidak rusak dalam waktu bersamaan.

Penipuan oleh Suatu Pihak

Adakalanya bisnis travel umrah Anda sedang dirundung permasalahan penipuan, yang biasanya dilakukan oleh karyawan yang tak amanah ataupun rekan bisnis kita. Penipuan ini bermacam-macam kasusnya, sehingga mungkin membuat kita kehilangan sejumlah uang.

Namun, usaha harus terus berjalan. Biasanya, kita lebih memilih untuk menjaga reputasi kita. Misalnya, uang jamaah ada yang dibawa kabur sehingga travel umrah harus menanggung kerugian. Jamaah yang sudah membayar, hendaknya diusahakan tetap berangkat sesuai jadwal sejalan dengan kita menyelesaikan masalah yang ada.

Inilah fungsi dari dana cadangan untuk mengganti berbagai biaya yang tak terduga salah satunya yakni untuk tetap memberangkatkan jamaah yang sudah membayar sehingga kita tetap bisa menjalankan bisnis dan menghasilkan uang untuk menutup kerugian kita.

Salah Perhitungan dalam Pengadaan Persediaan Barang

Masalah lain yang mungkin saja mendera usaha travel umrah yaitu adanya kesalahan perhitungan dalam pengadaan inventory atau persediaan barang.

Misalnya saja hal ini ada karena miskomunikasi antara karyawan kita bagian pengadaan barang, bagian gudang, dan vendor tempat kita memesan barang. Ada barang yang masih banyak stock-nya kita pesan lagi, sedangkan barang yang sudah habis malah tidak dipesan.

Hal tersebut menimbulkan biaya tidak terduga yaitu untuk memesan barang yang harus segera ada, sedangkan dananya sudah terlanjur masuk ke vendor untuk membayar barang yang belum dibutuhkan dan kondisinya tak dapat dibatalkan.

Jika Anda mempunyai uang cadangan, maka Anda tak terlalu pusing memikirkan sumber dana untuk mengatasi hal tersebut, sehingga permasalahan Anda tidak berlarut-larut.

Baca Juga : Cara Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umrah

Cara Menghitung Dana Cadangan

Anda sebaiknya memiliki dana cadangan di awal Anda memulai usaha sebanyak minimal 3x biaya operasional per bulan (untuk cadangan 3 bulan). Lebih baik lagi apabila Anda memiliki dana cadangan untuk 6-12 bulan ke depan karena mungkin saja Anda belum mendapatkan laba dalam kurun waktu tersebut.

Apabila untuk usaha yang sudah mulai stabil penghasilannya, Anda bisa menganggarkan 3x biaya operasional (bisa lebih, sesuai kekuatan keuangan usaha Anda), agar Anda lebih tenang dan leluasa mengembangan usaha Anda.

Anda bisa mengamati perkembangan bisnis Anda dengan menggunakan sistem aplikasi khusus travel umrah yang lengkap dan terintegrasi dari Safar TMS. Dengan menggunakan sistem, pencatatan dan laporan transaksi dapat Anda akses secara real time, sehingga Anda dapat mempertimbangkan dengan cermat arah usaha Anda.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Kategori : Tips Bisnis
Tags :
biaya biaya tak terduga dana cadangan
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap biaya biaya tak terduga dana cadangan

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, biaya, biaya tak terduga, dana cadangan

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami