Tips Menjual Paket Umroh - Bagi seorang pemasar yang memasarkan paket umrah, tujuan utama dari pemasaran adalah terjadinya transaksi alias closing. Saat Anda berpromosi, ukuran keberhasilannya bukan hanya seberapa banyak orang yang melihat iklan Anda, akan tetapi, seberapa banyak konversi penjualan yang terjadi.
Ini menjadi utama, dikarenakan proses menuju closing ada yang singkat ada yang memerlukan waktu panjang. Jika beruntung, Anda akan memperoleh jamaah yang tidak rewel, tidak banyak alasan, tanpa nawar. Tahu-tahu sudah deal dan transfer.
Namun, ada juga tipe konsumen yang negoisasinya alot, sehingga memerlukan strategi khusus untuk mengatasinya. Untuk itulah pembahasan tentang tips menjual paket umroh ini kami sajikan untuk Anda, agar Anda makin gampang closing penjualan paket umroh.
Sedikitnya harus ada 7 tips yang bisa Anda lakukan. Selamat membaca.
Mengapa Konsumen Harus Beli Produk Anda
Menjual sebuah produk (dalam hal ini paket umroh) yang menarik bagi konsumen bukan sekedar bicara kualitas saja. Banyak faktor pendukung yang membuat pelanggan merasa harus mempunyai produk Anda.
Caranya yaitu dengan memberikan nilai plus untuk produk yang Anda tawarkan. Nilai tambah tersebut dapat berupa:
- Jaminan kepuasan
- Testimonial dari jamaah lain yang sudah pernah membeli
- Harga terbaik
- Paket premium, dengan pelayanan premium
- Proses transaksi lebih cepat
- Informasi jelas dan transparan
- dll.
Berikan Alasan Mengapa Harus Beli Sekarang
Banyak orang yang kurang bersemangat untuk membeli karena mereka berfikir bahwa apa yang Anda berikan yaitu produk yang biasa-biasa saja. Mereka akan berpikir bisa beli kapan-kapan, kalau tidak membeli ya tidak masalah.
Nah, tugas Anda adalah membuat konsumen atau calon jamaah Anda merasa butuh dengan produk paket umroh yang Anda berikan. Lebih jauh lagi, buat mereka tidak perlu berpikir dua kali untuk memesan.
Contohnya yaitu dengan memberi alasan-alasan:
- Paket umroh dijual terbatas (limited edition/kuotanya terbatas)
- Jangka waktu memesan hanya terbatas sampai tanggal tertentu
- Tidak ada lagi paket umroh serupa di kemudian hari
- Pendaftaran ditutup hari ini pukul 15.00
- dan sebagainya
Mengapa Harus Memesan di Travel Umroh Anda
Hal tersebut berkaitan dengan kualitas brand yang Anda miliki. Semakin kredibel, maka jamaah akan semakin mudah bekerjasama dengan travel umroh Anda. Bandingkan dengan jika Anda memiliki reputasi yang jelek. Kemungkinan, jamaah Anda bisa mundur teratur saat mengetahuinya.
Berikan Motivasi agar Konsumen Segera Memutuskan untuk Membeli
Seperti yang sudah di bahas di poin ke dua, Anda harus bisa memberikan alasan mengapa mereka harus segera menetapkan untuk membeli. Dengan alasan-alasan tersebut, dapat membangkitkan rasa ingin segera menuntaskan transaksi.
Berikan motivasi lebih untuk jamaah, contohnya:
- Jika membeli sekarang, akan ada potongan harga 100.000 rupiah
- Jika membeli hari ini, dapatkan souvenir cantik
- Jika membeli 2 paket sekaligus hari ini, dapatkan cashback 500.000 rupiah
- dan lain sebagainya.
Jangan Pernah Biarkan Mereka Menunda Pembayaran
Closing tanpa payment dapat diartikan belanjaan di supermarket tapi belum dibayar. Anda sudah menghitung total belanjaan, sudah diberi totalan, tapi belum dibayar. Eh, pelanggannya malah hilang entah ke mana! Tentunya, Anda akan mengalami kecemasan, apakah transaksi yang sudah deal tersebut berakhir manis atau tidak.
Solusinya, kasihlah batas waktu yang tidak terlampau lama untuk menuntaskan pembayaran. Anda bisa menggunakan software aplikasi tarvel umrah yang bisa memange itu semua. Sehingga, jamaah dapat mengetahui batas waktu yang diperbolehkan untuk melakukan pembayaran (misal, maksimal 3 hari).
Lebih bagus lagi, Anda menawarkan metode pembayaran yang beragam. Sehingga, Anda bisa memberitahu pelanggan untuk segera membayar tagihannya melalui cara pembayaran tercepat yang bisa dilakukan pelanggan.
Berikan Gimmick
Tips menjual paket umrah berikutnya yaitu berilah trik pada moment-moment tertentu. Hal ini bisa bersifat insidental maupun terjadwal. Misalnya:
- Promo tanggal cantik, atau peringatan tertentu
- Souvenir untuk 10 pendaftar pertama di bulan ini
- Gift untuk pemesanan dan pembayaran dalam 24 jam
- Voucher diskon untuk jamaah dengan tanggal lahir tertentu
- dan cara kreatif lainnya.
Alih-alih Memaksa, Gunakan Kalimat Persuasif
Siapa sih, yang suka akan paksaan? Tentunya, jamaah Anda juga begitu. Kalau Anda memberikan pemberitahuan yang bersifat memaksa, bisa-bisa pelanggan Anda kabur.
Daripada Anda mengatakan, "Segera lengkapi dokumen Anda!" lebih baik Anda mengatakan, "Adakah yang bisa saya bantu Pak, untuk melengkapi dokumen Anda lebih cepat?"
Atau "Segera bayar, waktu Anda sudah habis!" bisa diganti dengan kalimat "Karena waktu Anda tinggal sedikit lagi, mari saya bantu untuk mengurus pembayaran invoice Anda, Bu..."
Manusiakan manusia.
Buat konsumen senang dengan kesepakatan yang dibuat. Jangan terlalu berpuas diri apabila Anda sudah berhasil closing. Selalu cermati, jangan sampai konsumen Anda merasa tidak senang dengan kesepakatan yang telah dibuat. Berikan kesempatan pada jamaah untuk memberikan umpan balik, apa saja yang membuat mereka merasa cepat puas dengan transaksi tersebut.
Demikian tips closing paket umroh yang dapat dapat Anda praktekkan segera. Berikan pelayanan lebih baik dan closing lebih cepat dengan menggunakan software khusus travel umroh terbaik yang ada. Happy closing!