Tips Menjual Paket Umrah - Bagi seorang tenaga pemasar yang menjual paket umroh, tujuan utama dari pemasaran adalah terjadinya transaksi yaitu closing. Saat Anda berpromosi, ukuran keberhasilannya bukan sekedar seberapa banyak orang yang melihat iklan Anda, namun, seberapa banyak konversi penjualan yang terjadi.

Ini menjadi hal utama, dikarenakan proses menuju closing ada yang singkat ada juga yang memerlukan waktu yang lama. Jika beruntung, Anda akan memperoleh jamaah yang tak rewel, tidak banyak alasan, tanpa nawar. Tahu-tahu sudah deal dan transfer.
Akan tetapi, ada juga tipe konsumen yang negoisasinya alot, sehingga perlu strategi khusus untuk menanganinya. Untuk itulah pembahasan tentang tips menjual paket umroh ini kami sajikan untuk Anda, agar Anda makin gampang closing penjualan paket umroh.
Setidaknya harus ada 7 tips yang bisa Anda lakukan. Selamat menyimak.
Mengapa Konsumen Harus Membeli Produk Anda
Menjual sebuah produk (dalam hal ini paket umroh) yang menarik bagi konsumen bukan hanya berbicara mengenai kualitas aja. Banyak faktor pendukung yang membuat konsumen merasa harus mempunyai produk Anda.

Caranya adalah dengan memberikan nilai plus untuk produk yang Anda tawarkan. Nilai tambah tersebut dapat berupa:
- Jaminan kepuasan
- Testimonial dari jamaah lain yang sudah pernah membeli
- Harga terbaik
- Paket premium, dengan pelayanan premium
- Proses transaksi lebih cepat
- Informasi jelas dan transparan
- dll.
Berikan Alasan Mengapa Harus Beli Sekarang
Banyak orang yang kurang bersemangat untuk membeli karena mereka mengira bahwa apa yang Anda berikan yaitu produk yang biasa-biasa saja. Mereka akan berpikir dapat membeli kapan kapan saja, kalau tidak beli ya tidak masalah.

Nah, tugas Anda adalah membuat konsumen atau calon jamaah Anda merasa butuh dengan produk paket umroh yang Anda tawarkan. Lebih jauh lagi, buat mereka tidak perlu berpikir dua kali untuk membeli produk anda.
Contohnya adalah dengan memberi alasan-alasan:
- paket umrah dijual terbatas (limited edition/kuotanya terbatas)
- Jangka waktu memesan hanya terbatas sampai tanggal tertentu
- Tidak ada lagi paket umroh serupa di kemudian hari
- Pendaftaran ditutup hari ini pukul 15.00
- dan sebagainya
Mengapa Harus Memesan di Travel Umroh Anda
Hal tersebut berkaitan dengan kualitas brand yang Anda punya. Semakin kredibel, maka jamaah dapat semakin mudah bekerjasama dengan travel umrah Anda. Bandingkan dengan jika Anda memiliki reputasi yang jelek. Kemungkinan, jamaah Anda akan mundur teratur saat mengetahuinya.
Berikan Motivasi agar Konsumen Segera Memutuskan untuk Membeli
Seperti yang sudah di singgung di poin ke dua, Anda harus dapat memberikan alasan mengapa mereka harus segera menetapkan untuk membeli. Dengan alasan tersebut, bisa membangkitkan rasa akan segera menselsaikan transaksi.
Berikan motivasi lebih untuk jamaah, contohnya:
- Jika membeli sekarang, akan ada potongan harga 100.000 rupiah
- Jika membeli hari ini, dapatkan souvenir cantik
- Jika membeli 2 paket sekaligus hari ini, dapatkan cashback 500.000 rupiah
- dan seterusnya.
Jangan Pernah Biarkan Mereka Menunda Pembayaran
Closing tanpa payment dapat diartikan belanjaan di supermarket tapi belum dibayar. Anda sudah menghitung total belanjaan, sudah diberi totalan, tapi belum dibayar. Eh, pelanggannya malah hilang entah ke mana! Pastinya, Anda akan mengalami kecemasan, apakah transaksi yang sudah deal tersebut berakhir manis atau tidak.

Solusinya, kasihlah batas waktu yang tidak terlalu lama untuk meyelesaikan pembayaran. Anda bisa menggunakan software aplikasi travel umroh yang bisa memange itu semua. Sehingga, jamaah dapat mengetahui batas waktu yang diperbolehkan untuk melakukan pembayaran (misal, maksimal 3 hari).
Lebih baik lagi, Anda memberikan metode pembayaran yang beragam. Sehingga, Anda bisa memberitahu pelanggan untuk segera membayar tagihannya melalui cara pembayaran tercepat yang dapat diakses pelanggan.
Berikan Gimmick
Tips menjual paket umrah selanjutnya adalah berilah gimmick pada moment-moment tertentu. Hal ini bisa bersifat insidental maupun terjadwal. Contohnya:
- Promo tanggal cantik, atau peringatan tertentu
- Souvenir untuk 10 pendaftar pertama di bulan ini
- Gift untuk pemesanan dan pembayaran dalam 24 jam
- Voucher diskon untuk jamaah dengan tanggal lahir tertentu
- dan cara kreatif lainnya.
Alih-alih Memaksa, Gunakan Kalimat Persuasif
Siapa sih, yang suka akan paksaan? Pastinya, jamaah Anda juga begitu. Kalau Anda memberikan pemberitahuan yang bersifat memaksa, bisa-bisa pelanggan Anda kabur.

Daripada Anda mengatakan, "Segera lengkapi dokumen Anda!" lebih baik Anda ucapkan, "Adakah yang bisa saya bantu Pak, untuk melengkapi dokumen Anda lebih cepat?"
Atau "Segera bayar, waktu Anda sudah habis!" bisa diganti dengan kalimat "Karena waktu Anda tinggal sedikit lagi, mari saya bantu untuk mengurus pembayaran invoice Anda, Bu..."
Manusiakan manusia.
Buat konsumen senang dengan kesepakatan yang dibuat. Jangan terlalu berpuas diri apabila Anda sudah berhasil closing. Selalu cermati, jangan sampai konsumen Anda merasa tidak senang dengan kesepakatan yang telah dibuat. Berikan kesempatan pada jamaah untuk memberikan respon baik, apa saja yang membuat mereka merasa puas dengan transaksi tersebut.
Demikian tips closing paket umrah yang dapat bisa Anda praktekkan segera. Berikan pelayanan lebih baik dan closing lebih cepat dengan menggunakan software khusus travel umrah terbaik yang ada. Happy closing!
