Kurma merupakan salah satu oleh-oleh haji dan umroh yang digemari jamaah. Jenis-jenis kurma yang ada di pasaran sebenarnya sangat banyak. Akan tetapi, biasanya kita hanya tahu sebagian saja, tanpa tahu persis perbedaan antara satu jenis kurma dengan kurma yang lain. Kurma sendiri mempunyai banyak khasiat saat dikonsumsi. Seperti yang sudah disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, memakan 7 butir kurma setiap pagi dapat terhindar dari sihir.image (44).jpg

“Barang siapa memakan kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun dan sihir” (H.R Muslim) Oleh karena itu, kurma bisa menjadi oleh-oleh yang tepat untuk Anda yang sedang melaksanakan haji atau umroh. Anda bisa mulai dari memahami jenis-jenis kurma dalam artikel berikut ini, agar Anda tidak salah membelinya, ya, saat di tanah suci nanti.

Kurma Ajwa

Kurma ajwa atau sering dijuluki kurma nabi (adalah kurma termahal yang ada di pasaran. Harganya mahal, karena kurma ajwa langka dan sering dicari oleh penggemar kurma.

kurma-ajwa.jpg

Kurma yang banyak ada di Madinah ini memiliki banyak manfaat contohnya masalah pencernaan, mengatasi penyakit jantung dan diabetes melitus. Selain itu, kurma ajwa juga ada di hadits nabi dapat menangkal sihir apabila memakan secara rutin setiap pagi sebanyak 7 butir.

Kurma Amer Hajj

Kurma amer hajj berasal dari Irak, dengan kekhasan daging buah yang tebal dan teksturnya lembut. Kurma ini, biasanya disuguhkan kepada para tamu, sehingga populer dengan sebutannya "The Visitor's Date" atau "Welcome Date".

Kurma Thoory

Kurma yang populer di Algeria ini memiliki ciri khas warna kemerahan, kulitnya keriput dan rasanya manis. Tekstur kurma ini sedikit keras bila digigit, dan ada sensasi rasa kacang saat memakannya.

Kurma Sukkari

Kurma jenis yang berikut ini dulunya menjadi kesukaan raja-raja Arab. Rasa manisnya yang khas, dengan bentuk bulat dan kulit cokelat gelap sehingga harga kurma sukkari ini cukup mahal.

Kurma Medjool

Kurma yang ditanam di Bard Valley California, Amerika ini memiliki ukuran jumbo dan rasa yang legit. Memiliki kandungan gizinya yang cukup tinggi membuat kurma medjool ini sangat baik dimakan oleh anak-anak.

Kurma Deglet Noor

Kurma ini mempunyai warna kuning, dengan tekstur yang tidak terlalu kering dan rasa yang tidak terlalu manis. Kurma ini cukup banyak ditemukan di daerah Tunisia, Algeria, Libya, dan Amerika.

Kurma Zaghloul

Kurma Zaghloul mempunyai warna merah gelap, bentuknya lonjong dan rasanya sangat manis. Kurma ini apabila dimakan akan meninggalkan kesan rasa manis di lidah. Tak heran, bila di negeri asalnya yakni Mesir, kurma ini termasuk varietas unggul dan eksluksif, dan hanya kalangan tertentu yang bisa mengonsumsinya.

Kurma Halawi

Kurma Halawi memiliki rasa yang cukup manis dibandingkan dengan jenis-jenis kurma yang lain. Sesuai dengan namanya Halwah, dari bahasa Arab yang artinya adalah manis.

Kurma Muda/Ruthob

Kurma muda atau biasa dikatakan Ruthob yaitu kurma yang dipetik sebelum matang, umunya mempunyai warna kuning, merah, dan hijau. Kurma muda ini disinyalir memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan wanita, sehingga baik dikonsumsi|dimakan bagi wanita yang sedang program hamil.

Kurma muda ini dijual dengan harga sekitar 200-300 ribu rupiah, dan di Indonesia umumnya dijual dengan cara dibekukan untuk mempertahankan kualitasnya. Saat dimakan, kurma muda ini terasa renyah, karena sebenarnya belum matang . Itulah sebagian jenis kurma yang bisa Safar TMS  tampilkan, supaya dapat menjadi referensi untuk Anda untuk oleh-oleh haji dan umroh. Semoga bermanfaat.

Kategori : Artikel
Tags :
kurma jenis-jenis kurma oleh-oleh haji oleh-oleh umroh
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap kurma jenis-jenis kurma oleh-oleh haji oleh-oleh umroh

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, kurma, jenis-jenis kurma, oleh-oleh haji, oleh-oleh umroh

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami