Iklan Gratis dan Iklan Berbayar untuk Promosi Usaha - Anda yang mempunyai usaha pastinya selalu mencari cara untuk mempromosikan produk/jasa yang Anda kelola. Ada dua macam cara untuk memasarkan suatu produk/jasa, ialah dengan menggunakan iklan gratis atau memanfaatkan iklan berbayar.
Jika Anda masih pemula dan belum memiliki budget khusus beriklan, Anda bisa memanfaatkan cara gratisan. Namun, seiring dengan berkembangnya usaha Anda, Anda dapat mulai menyisihkan keuangan khusus untuk iklan berbayar.
Baca Juga : Memanfaatkan Sosial Media untuk Promosi Usaha Travel Umrah sebetulnya, jka memakai cara gratisan ataupun berbayar, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal untuk bisnis Anda apabila teknik promosinya benar. Sebelum mengupas lebih dalam tentang teknik beriklan, Anda baca dulu kelebihan dan kekurangan iklan gratisan serta iklan berbayar berikut ini.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Gratis untuk Usaha
Cara termudah untuk mempromosikan usaha adalah dengan cara gratisan di media sosial ataupun aplikasi chatting seperti whatsapp. Disebut|Dikatakan gratisan, karena Anda hanya menggunakan cara organik untuk berpromosi. Anda hanya membuat konten iklan, selanjutnya Anda menguploadnya di facebook atau story whatsapp, tanpa harus mengeluarkan biaya iklan. Keuntungannya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.
Biaya yang muncul misalnya untuk kuota data atau wifi internet, dan membayar pembuat konten (penulis atau desainer grafis). Jika Anda atau karyawan Anda yang membuat sendiri materi iklannya, biayanya dapat 0 rupiah.
Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket Umrah Kelebihan lainnya adalah, Anda bisa tahu sumber traffic Anda, meskipun jumlahnya terbatas pada siapa yang menjadi teman, kontak, atau followers Anda, maka dari itu Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan segmen Anda. Kekurangannya yaitu jangkauan iklan Anda sangat terbatas. Anda tidak bisa memastikan apakah audiens Anda adalah target pasar Anda atau bukan. Dapat diartikan, tidak semua teman, kontak, atau pengikut Anda merupakan target market Anda. Waktu yang diperlukan untuk menarik target market Anda menjadi pelanggan juga cukup lama, dibandingkan Anda menggunakan iklan berbayar. Hal ini terkait ketepatan target market yang Anda bidik.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Berbayar untuk Bisnis
Jika Anda menginginkan travel Anda berkembang, maka Anda bisa mulai memanfaatkan iklan berbayar untuk menambah jumlah transaksi Anda. Seperti sudah diketahui, iklan berbayar kini didominasi oleh media sosial juga. Jadi, jika keuangan Anda terbatas yang tidak dapat Anda membayar iklan di media massa, Anda bisa beriklan di media sosial seperti facebook dan instagram. Kedua media sosial ini cukup powerful untuk beriklan.
Seperti yang sudah kami singgung tadi, iklan berbayar menolong Anda untuk meningkatkan penjualan, karena saat membuat iklan berbayar, Anda bisa memilih target market yang Anda pilih untuk iklan Anda. Ibaratnya, kita bisa menjangkau banyak orang yang berpotensi untuk membeli produk/jasa kita, hanya dengan beberapa langkah. Bayangkan jika kita menggunakan iklan konvensional, kita tidak benar2 dapat mengatur siapa yang akan melihat iklan kita. Baca Juga: Kapan Usaha Travel Umroh Anda Memerlukan Software Khusus? Kekurangannya, Anda harus membayarkan uang yang jumlahnya bervariasi tergantung budget yang Anda keluarkan untuk sebuah iklan. Di facebook atau instagram, Anda harus mengeluarkan dana ekstra jika yang Anda jual adalah produk dengan target pasar yang tinggi. Tidak mungkin kita dapat menjual produk yang harganya puluhan juta hanya dengan budget iklan puluhan ribu. Tentunya, tergantung bagaimana cara Anda beriklan agar bisa lebih hemat dan tepat sasaran.
Untuk usaha travel umroh, Anda dapat menetapkan budget yang cukup untuk mengiklankan produk Anda. Pelajari dulu cara iklan di facebook dan instagram, sehingga kemungkinan iklan Anda rugi bisa dikurangi.
Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menggunakan Iklan Berbayar untuk Promosi Bisnis
Anda harus berhati-hati menggunakan iklan berbayar untuk promosi usaha Anda. Jika Anda baru pertama kali beriklan, jangan menggunakan budget iklan yang terlalu besar dahulu. Supaya Anda dapat sambil belajar membuat iklan yang benar-benar sesuai dan menghasilkan penjualan. Lebih baik lagi, Anda memanfaatkan jasa iklan berbayar yang sudah terbukti bisa membuat iklan yang berhasil. Lakukan dengan konsisten, maka cepat atau lambat Anda akan merasakan manfaatnya.Nah, setelah membaca ulasan di atas, Anda dapat menentukan sendiri cara mana yang Anda pilih untuk memajukan bisnis travel umrah Anda. Selamat mencoba ya!
