Iklan Gratis dan Iklan Berbayar untuk Promosi Usaha - Anda yang mempunyai bisnis tentunya selalu mencari cara untuk mempromosikan produk/jasa yang Anda kelola. Ada dua macam cara untuk memasarkan suatu produk/jasa, ialah dengan menggunakan iklan gratis atau menggunakan iklan berbayar.
Jika Anda masih baru dan belum memiliki keuangan khusus beriklan, Anda dapat memanfaatkan cara gratisan. apabila, seiring dengan berkembangnya travel Anda, Anda bisa mulai menyisihkan keuangan khusus untuk iklan berbayar.
Baca Juga : Memanfaatkan Sosial Media untuk Promosi Bisnis Travel Umroh Sebenarnya, mau pakai cara gratisan ataupun berbayar, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal untuk bisnis Anda asal teknik promosinya benar. Sebelum mengupas lebih jauh mengenai teknik beriklan, Anda baca terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan iklan gratisan serta iklan berbayar berikut ini.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Gratis untuk Bisnis
Cara termudah untuk mempromosikan travel yaitu dengan cara gratisan di media sosial ataupun aplikasi chatting seperti whatsapp. Disebut|Dikatakan gratisan, karena Anda hanya menggunakan cara organik untuk berpromosi. Anda hanya membuat konten iklan, kemudian Anda menguploadnya di facebook atau story whatsapp, tanpa harus membayar biaya iklan. Keuntungannya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.
Biaya yang timbul misalnya untuk kuota data atau wifi internet, dan membayar pembuat konten (penulis atau desainer grafis). Jika Anda atau karyawan Anda yang membuat sendiri materi iklannya, biayanya bisa 0 rupiah.
Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket Umrah Kelebihan lainnya yaitu, Anda bisa tahu sumber traffic Anda, walaupun jumlahnya terbatas pada siapa yang menjadi teman, kontak, atau followers Anda, sehingga Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan segmen Anda. Kekurangannya yaitu jangkauan iklan Anda sangat terbatas. Anda tidak bisa menetukan apakah audiens Anda ialah target market Anda atau bukan. Dalam artian, tidak semua teman, kontak, atau pengikut Anda adalah target market Anda. Waktu yang diperlukan untuk menarik target pasar Anda menjadi pelanggan juga cukup lama, dibandingkan Anda menggunakan iklan berbayar. Hal ini terkait ketepatan target market yang Anda tuju.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Berbayar untuk Bisnis
Jika Anda ingin usaha Anda bertumbuh, maka Anda bisa mulai memanfaatkan iklan berbayar untuk menambah jumlah transaksi Anda. Seperti sudah diketahui, iklan berbayar kini didominasi oleh media sosial juga. Jadi, jika keuangan Anda terbatas yang tidak memungkinkan Anda membayar iklan di media massa, Anda bisa beriklan di media sosial misalnya facebook dan instagram. Kedua media sosial ini cukup powerful untuk beriklan.
Seperti yang sudah kami bahas tadi, iklan berbayar menolong Anda untuk meningkatkan penjualan, karena saat membuat iklan berbayar, Anda bisa mengatur target market yang Anda pilih untuk iklan Anda. Ibaratnya, kita dapat menjangkau banyak orang yang berpotensi untuk membeli produk/jasa kita, hanya dengan beberapa langkah. Bayangkan apabila kita menggunakan iklan konvensional, kita tidak benar2 bisa mengatur siapa yang akan melihat iklan kita. Baca Juga: Kapan Usaha Travel Umroh Anda Memerlukan Software Khusus? Kekurangannya, Anda harus mengeluarkan uang yang jumlahnya bervariasi tergantung budget yang Anda pasang untuk sebuah iklan. Di facebook atau instagram, Anda harus membayar dana ekstra jika yang Anda jual adalah produk dengan target market yang tinggi. Tidak mungkin kita bisa menjual produk yang harganya puluhan juta cuman dengan budget iklan puluhan ribu. Tentunya, tergantung bagaimana cara Anda beriklan supaya bisa lebih hemat dan tepat sasaran.
Untuk usaha travel umroh, Anda bisa memasang budget yang cukup untuk mengiklankan produk Anda. Pahami dulu cara iklan di facebook dan instagram, sehingga kemungkinan iklan Anda rugi Dapat dikurangi.
Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menggunakan Iklan Berbayar untuk Promosi Travel
Anda harus berhati-hati menggunakan iklan berbayar untuk promosi usaha Anda. Jika Anda baru pertama kali beriklan, jangan menggunakan budget iklan yang terlalu besar dahulu. Supaya Anda dapat sambil belajar membuat iklan yang benar-benar sesuai dan menghasilkan penjualan. Lebih baik lagi, Anda menggunakan jasa iklan berbayar yang sudah terbukti dapat membuat iklan yang berhasil. Lakukan dengan teratur, maka lambat laun Anda akan merasakan manfaatnya.Nah, setelah membaca ulasan di atas, Anda dapat menentukan sendiri cara mana yang Anda pilih untuk memajukan bisnis travel umrah Anda. Selamat mencoba ya!