Iklan Gratis dan Iklan Berbayar untuk Promosi Usaha - Anda yang memiliki travel tentunya selalu mencari strategi untuk memasarkan produk/jasa yang Anda kelola. Ada dua macam cara untuk memasarkan suatu produk/jasa, yaitu dengan memanfaatkan iklan gratis atau memanfaatkan iklan berbayar.
Jika Anda masih pemula dan belum mempunyai budget khusus beriklan, Anda dapat memanfaatkan cara gratisan. Namun, seiring dengan berkembangnya usaha Anda, Anda dapat mulai menyisihkan keuangan khusus untuk iklan berbayar.
Baca Juga : Memanfaatkan Sosial Media untuk Promosi Bisnis Travel Umroh Sebenarnya, mau memakai cara gratisan ataupun berbayar, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk bisnis Anda asal teknik pemasarannya benar. Sebelum membahas lebih jauh mengenai teknik beriklan, Anda simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan iklan gratisan serta iklan berbayar berikut ini.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Gratis untuk Usaha
Cara termudah untuk mempromosikan usaha yaitu dengan cara gratisan di media sosial maupun aplikasi chatting seperti whatsapp. Disebut|Dikatakan gratisan, karena Anda hanya menggunakan cara organik untuk berpromosi. Anda hanya membuat konten iklan, kemudian Anda menguploadnya di facebook atau story whatsapp, tanpa harus membayar biaya iklan. Keuntungannya, Anda tidak usah mengeluarkan banyak biaya.
Biaya yang timbul contohnya untuk kuota data atau wifi internet, dan membayar pembuat konten (penulis atau desainer grafis). Jika Anda atau karyawan Anda yang membuat sendiri materi iklannya, biayanya bisa 0 rupiah.
Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket Umrah Kelebihan lainnya yaitu, Anda bisa tahu sumber traffic Anda, meskipun jumlahnya terbatas pada siapa yang menjadi teman, kontak, atau followers Anda, sehingga Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan market Anda. Kekurangannya adalah jangkauan iklan Anda sangat terbatas. Anda tidak bisa menetukan apakah audiens Anda adalah target pasar Anda atau bukan. Dalam artian, tidak semua teman, kontak, atau pengikut Anda adalah target pasar Anda. Waktu yang dibutuhkan untuk menarik target pasar Anda menjadi pelanggan juga cukup lama, dibandingkan Anda menggunakan iklan berbayar. Hal ini terkait kepastian target market yang Anda tuju.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Berbayar untuk Travel
Jika Anda menginginkan bisnis Anda bertumbuh, maka Anda dapat mulai mempergunakan iklan berbayar untuk menambah jumlah transaksi Anda. Seperti sudah diketahui, iklan berbayar kini dikuasi oleh media sosial juga. Jadi, jika keuangan Anda terbatas yang tidak dapat Anda membayar iklan di media massa, Anda dapat beriklan di media sosial seperti facebook dan instagram. Kedua media sosial ini cukup powerful untuk beriklan.
Seperti yang sudah kami singgung tadi, iklan berbayar membantu Anda untuk meningkatkan penjualan, karena saat membuat iklan berbayar, Anda dapat memilih target market yang Anda bidik untuk iklan Anda. Ibaratnya, kita dapat menjangkau banyak orang yang berpotensi untuk membeli produk/jasa kita, hanya dengan beberapa langkah. Bayangkan apabila kita menggunakan iklan konvensional, kita tidak benar2 dapat memilih siapa saja yang akan melihat iklan kita. Baca Juga: Kapan Usaha Travel Umroh Anda Memerlukan Software Khusus? Kekurangannya, Anda harus membayarkan uang yang jumlahnya bervariasi tergantung budget yang Anda keluarkan untuk sebuah iklan. Di facebook atau instagram, Anda harus mengeluarkan dana ekstra jika yang Anda jual adalah produk dengan target pasar yang tinggi. Tidak mungkin kita bisa menjual produk yang harganya puluhan juta hanya dengan budget iklan puluhan ribu. Tentunya, tergantung bagaimana cara Anda beriklan agar bisa lebih hemat dan tepat sasaran.
Untuk usaha travel umrah, Anda bisa menetapkan budget yang cukup untuk mengiklankan produk Anda. Pahami dulu cara iklan di facebook dan instagram, sehingga kemungkinan iklan Anda rugi Dapat dikurangi.
Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menggunakan Iklan Berbayar untuk Promosi Travel
Anda harus berhati-hati menggunakan iklan berbayar untuk promosi usaha Anda. Jika Anda baru pertama kali beriklan, jangan menggunakan budget iklan yang terlalu besar dahulu. Agar Anda bisa sambil belajar membuat iklan yang benar-benar sesuai dan menghasilkan penjualan. Lebih baik lagi, Anda menggunakan jasa iklan berbayar yang sudah terbukti dapat membuat iklan yang berhasil. Lakukan dengan konsisten, maka cepat atau lambat Anda akan merasakan manfaatnya.Nah, setelah membaca ulasan di atas, Anda dapat menentukan sendiri cara mana yang Anda pilih untuk memasarkan bisnis travel umroh Anda. Selamat mencoba ya!