Inilah Cara Membuat Content Marketing untuk Biro Travel Umroh

Ditulis pada 11 Oktober 2022, 14:00:28

Cara Membuat Content Marketing - Semua usaha memerlukan berbagai strategi pemasaran yang dapat membuat kenaikan performa usaha secara signifikan. Termasuk bisnis biro travel umroh.

Anda perlu membuat segala macam strategi pemasaran terbaru untuk berbagai tujuan. Salah satu cabang dari pemasaran online yang dapat Anda buat ialah membuat content marketing.

image (32).jpg

Mungkin, bagi kebanyakan dari Anda merasa tak familiar dengan istilah content marketing. Singkatnya, content marketing yaitu proses pemasaran dari kegiatan bisnis dengan cara membuat konten yang signifikan dengan bisnis mereka dan membagikannya kepada khalayak untuk mendapatkan feedback dari calon customer.

Feedback yang diinginkan dari pemasaran konten ini adalah tanggapan, rasa ketertarikan untuk mengetahui lebih lanjut, komentar, dan tentu saja closing penjualan. Untuk mencapai tujuan utama yaitu penjualan, maka ada berbagai langkah yang harus dilalui.

Untuk itulah, kami menyajikan cara membuat content marketing untuk biro travel umroh supaya Anda dapat mengaplikasikannya secara langsung dalam bisnis Anda.

Baca Juga : Sosial Media untuk Bisnis Travel Umrah

Mengenal Lebih Dekat Content Marketing

Sebelum membahas lebih dalam cara membuat content marketing ini, sebaiknya Anda mengetahui dasar-dasar marketing konten terlebih dahulu.

Content Marketing bisa diartikan sebagai strategi pemasaran menggunakan konten sebagai 'senjata' utamanya. Anda bisa memproduksi konten sepert artikel, poster, gambar, audio, video, dan konten kreatif lainnya menggunakan berbagai macam tools baik yang gratis maupun berbayar.

image (34).jpg

Konten yang kreatif, akan menarik minat calon pelanggan untuk melihat, membaca, mendengar, dan menyimak konten yang kita buat. Semakin menarik, ada dorongan untuk melakukan interaksi dengan konten tersebut.

Interaksi yang diartikan adalah bisa) berupa reaksi (like, love), komentar, dan share/membagikan konten yang kita unggah. Anda dapat mengupload konten di berbagai media seperti website, social media (Facebook, Instagram, Twitter, Story WA).

Baca Juga : Cara Menaikkan Followers di Instagram Gratis

Manfaat Menerapkan Content Marketing

Ada beberapa kegunaan yang Dapat Anda petik dari penerapan content marketing:

  • Menjangkau pasar yang lebih luas dengan memunculkan berbagai konten yang menarik.
  • Menambah trafik pengunjung website, menambah followers dan menambah daftar calon target market Anda secara terus menerus.
  • Menunjukkan nilai plus dari perusahaan Anda dibanding kompetitor
  • Membangun brand awareness untuk jangka panjang
  • Menambah kepercayaan konsumen
  • Media promosi yang efektif untuk meraih konversi penjualan

Lalu, bagaimana agar Anda bisa menggunakan content marketing untuk usaha biro travel umroh Anda? Lanjut ke poin berikutnya.

Cara Membuat Content Marketing

Berikut langkah-langkah cara membuat content marketing untuk biro travel umroh.

Lakukan Riset Kecil-kecilan

Sebelum mulai membuat konten, lakukan dulu riset kecil-kecilan. Anda bisa melihat konten-konten yang dibuat oleh kompetitor Anda. Biasanya, mereka juga punya ciri khas sendiri dalam membuat konten.

image (35).jpg

akan tetapi, bukan berarti Anda meniru semua yang kompetitor Anda lakukan. Anda juga wajib menghargai jerih payah mereka dalam membuat konten. Jangan asal menyalin, namun jadikan inspirasi saja untuk membuat konten dengan ciri khas brand Anda sendiri.

Anda juga bisa mengambil inspirasi dari bisnis lain, tinggal modifikasi saja sesuai dengan bisnis yang Anda kelola yakni biro travel umrah. Contohnya, Anda bisa membuat artikel seputar umroh, tutorial manasik, gambar motivasi umroh, dan sebagainya.

Baca Juga : 4 Strategi Pemasaran Travel Umroh

Tentukan Target Market

Setelah mendapatkan inspirasi dari riset kecil-kecilan yang Anda buat, Anda bisa mulai menentukan siapa target market Anda. saat ini, peminat umroh bukan hanya kalangan tua saja. Generasi milenial merupakan pangsa pasar utama Anda.

Anda bisa menjangkau mereka melalui media sosial dengan menjadikan mereka target market yang bisa memahami konten yang Anda buat, sekaligus target market dari produk bisnis Anda.

Dengan memetakan target market yang tepat, Anda bisa menentukan gaya bahasa seperti apa yang akan Anda gunakan untuk keperluan promosi Anda melalui strategy content marketing.

Pilih Social Media Tempat Promosi

Anda bisa menggunakan sosial media yang sering digunakan saat ini yaitu Facebook dan Instagram. Anda juga bisa menggunakan media lain seperti Whatsapp, Line, dll.

Manfaatkan Aplikasi Gratisan

Anda dapat memanfaatkan|menggunakan) aplikasi pembuat konten gratisan yang banyak tersebar di Google Playstore atau IOS. Contoh yang terbaru untuk membuat konten kreatif adalah CANVA. Anda bisa mencari tutorialnya di internet untuk membuat konten yang bisa Anda upload di berbagai media sosial.

image (36).jpg

Selain dengan aplikasi gratis, Anda juga dapat merekrut designer grafis dan web content writer profesional untuk membuat konten marketing Anda. Cara ini dapat Anda tempuh apabila Anda berniat untuk membangun bisnis jangka panjang dengan tujuan membangun brand perusahaan.

Ikuti Trend

Netizen menyukai trend. Tak heran media sosial seperti twitter mempunyai fitur trending topic yang biasanya diukur berdasarkan hashtag atau tagar (tanda pagar) yang paling banyak digunakan orang.

Anda bisa membuat konten-konten berdasarkan trend ini untuk menarik minat followers Anda, sehingga Anda lebih dikenal lagi. Namun, tentu saja trend yang diikutu wajib sesuai dengan bisnis Anda.

Tidak mungkin usaha travel umrah mengambil pembahasan yang mengandung SARA atau pornografi, bukan?

Kreatiflah dalam Membuat Konten

Pada akhirnya, Anda wajib mengerahkan kreatifitas Anda untuk membuat konten yang disukai oleh customer Anda. Buat apa membuat konten yang nyatanya tak disukai, bahkan tak bermanfaat bagi pelanggan Anda?

Baca Juga : Konversi Penjualan Paket Umroh Via Website

Itulah cara membuat content marketing bagi perusahaan biro travel umrah Anda. Selain berusaha membuat konten yang baik, Anda juga harus meningkatkan pelayanan biro travel umrah Anda agar konsumen yang sudah Anda targetkan dapat menjadi pelanggan Anda.

Artinya, pemasaran berbasis konten yang Anda lakukan sukses menjadi konversi penjualan. Gunakan sistem aplikasi khusus travel umroh  supaya Anda dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda.

Kategori : Tips Marketing
Tags :
biro travel umroh tips marketing content marketing
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap biro travel umroh tips marketing content marketing

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, biro travel umroh, tips marketing, content marketing

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami