Khasiat Meminum Air Zamzam dan Bagaimana Sejarahnya !

Ditulis pada 04 Oktober 2022, 04:10:40

Manfaat Air Zamzam apabila Kita Mengonsumsinya - Anda yang sudah pergi haji/ umrah maupun belum pasti sudah mengenal nama air yang berikut ini. Ya, air Zamzam. Siapa yang tak mengenal air yang diambil dari sebuah mata air di sekitar ka'bah ini.

Air Zam-zam memang fenomenal. Air yang tidak meluap, juga tidak pernah kering. Sepanjang tahun, air Zamzam digunakan untuk kebutuhan minum jamaah umroh. ketika musim haji, jutaan galon didapat dari sumur air Zamzam dan dikemas untuk oleh-oleh jamaah umroh dan haji.

image (12).jpg

tetapi kenyataannya, air Zamzam tidak pernah kering, bahkan sampai hari kiamat nanti. Begitu luar biasa air ini, sehingga kita harus memuliakannya dengan menjaga etika ketika meminum dan menggunakan air Zamzam ini untuk kebutuhan lainnya.

Bagaimana sejarah terciptanya air Zamzam ini? Kemudian, apa manfaat yang dapat Anda dapatkan ketika mengonsumsi air zam-zam? Jawaban selengkapnya silakan simak artikel dari Safar berikut ini.

Baca Juga : Siti Hajar, Ketaatannya Diabadikan Lewat Sa'i

Sejarah Air Zam-zam

Suatu saat, di sebuah lembah yang kering dan gersang, datanglah keluarga Nabi Ibrahim dengan istrinya Siti Hajar dan bayinya Ismail. Ketiganya lalu berhenti di lembah tersebut.

Nabi Ibrahim menyiapkan kantung berisikan air dan sedikit makanan. Lalu, tanpa sepatah kata apapun, ia meninggalkan istri dan anaknya.

Siti Hajar yang melihat suami tercintanya pergi lalu bertanya hingga berkali-kali dengan pertanyaan yang sma: Mengapa kamu meninggalkanku di lembah yang gersang dan sepi seperti ini? Nabi Ibrahim tidak menoleh untuk mejawab.

Barulah ketika Siti Hajar mengubah pertanyaannya, Nabi Ibrahim terhenti langkahnya.

"Apakah ini perintah Allah?" tanya Siti Hajar.

" Ya." Jawab Nabi Ibrahim.

" Jika benar demikian, Tuhanku tidak akan menyia-nyiakanku." Jawab Siti Hajar sambil melepas kepergian suaminya.

Setelah cukup jauh berjalan, Nabi Ibrahim berdoa kepada Allah,

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya saya sudah meletakkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak memiliki tanam-tanaman di dekat tempat tinggal Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami, (yang sekian itu) agar mereka membangun shalat. jadikanlah hati sebagian manusia menuju pada mereka, serta berikanberikanlah rizkilah mereka dari buah-buahan, semoga mereka bersyukur.”

(QS. Ibrahim/14 : 37 )
image (14).jpg

selanjutnya beberapa saat berlalu, Siti Hajar mulai kehabisan makanan dan minuman. Ia memerhatikan air susunya sudah mulai kering juga. Ia khawatir anaknya Ismail kehausan serta kelaparan. Naluri keibuannya menyuruhnya untuk mencari air.

Ia menuju bukit Shofa, tidak ada apa-apa di sana hanya bebatuan. Lalu ia berbalik ke bukit Marwa. Nihil juga, tak ada tanda- tanda ada air di sana. Proses bolak-balik ini dia lakukan sejumlah 7x. Inilah sejarah rukun umroh yaitu SA'I.

Siti Hajar mulai lelah, tangis anaknya pun semakin menjadi karena kehausan. saat itu, dia mendengar ada sebuah suara yang membuatnya untuk diam. Siti Hajar mencoba memperhatikan, lalu bertanya,

“Aku sudah mendengar, apakah disana ada pertolongan?”

Ternyata Malaikat Jibril yang datang membawa pertolongan. Dijejakkannya kakinya di tanah (dalam riwayat lagi, Malaikat Jibril memukulkan sayapnya ke tanah), dan munculah sumber Air zam-zam. Siti Hajar langsung meraupnya dengan tangan sambil berkata, "Zam-zami... Zam-zami..."

Malaikat Jibril berkata, “Jangan takut terlantar. sebetulnya, di sinilah Baitullah yang akan di bangun oleh anak ini (Ismail) berbarengan ayahnya. Serta sebenarnya, Allah tidak akan meninggalkan hambanya.”

Itulah cerita tentang asal mula sumur Zam-zam. Dikemudian hari, sumur zam-zam ini menjadi sumber kemakmuran di Tanah Haram Makkah. Luar biasanya, ia tidak pernah meluap dan tidak akan habis/kering hingga air kiamat.

Baca Juga : Inilah 10 Keutamaan Umroh yang Bikin Anda Ingin Ke Tanah Suci Lagi

Manfaat Air Zam-zam dan Khasiat Meminumnya

Anda pasti sudah tahu serta meyakini ada banyak khasiat yang bisa Anda dapatkan saat Anda mengonsumsi air zam-zam.

Air zam-zam itu mempunyai manfaat seperti niat dari peminumnya. Apabila Anda meminum air zam-zam dapat menyembuhkan suatu penyakit, maka ia dapat menjadi obat.

image (13).jpg

Jika Anda mengonsumsi air zam-zam untuk menghilangkan dahaga, maka Anda dapat terbebas dari rasa haus. selanjutnya ketika Anda meminum air zam-zam di kala lapar, maka Anda akan merasa kenyang.

Dalam hadis dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

“Air ini berkah, air ini adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR. Muslim 6513, Ibnu Hibban 7133 dan yang lainnya).

khaisat lainnya meminum air zam-zam adalah dapat menghilangkan kemunafikan. Air zam-zam yaitu air yang murni. Ia selalu dikelilingi oleh doa-doa para peziarah ka'bah (jamaah haji dan umroh) sehingga energi dari air zam-zam ini menjadi baik dan membawa keberkahan.

Anda juga bisa mendapatkan wajah yang segar dan mata yang sehat jika menggunakan air zam-zam untuk membasuh wajah. Insya Allah.

Baca Juga : Rahasia Umroh, Luangkan Waktu Anda untuk Allah, Allah Akan Berkahi Waktu Anda

Pertanyaan Seputar Air Zam-zam

jika ada beberapa pertanyaan yang ada di pikiran Anda seputar air zam-zam. Rangkuman pertanyaan berikut ini insya Allah akan membantu Anda.

image (15).jpg

Apakah Boleh Berwudhu/Mencuci Muka dengan Air Zam-zam?

Hal ini diperbolehkan. Yang tidak boleh ialah membersihkan najis menggunakan air zam-zam untuk memberikan penghormatan atau memuliakan air zam-zam.

Apakah Boleh Mandi/Memandikan Jenazah dengan Air Zam-zam?

Jawabannya adalah boleh. Namun, jika ada air lain selain air zam-zam maka Anda lebih baik menggunakan air yang lain.

Sebab, di masjidil haram sendiri, pengurus mengalirkan air lain (air PAM) untuk keperluan wudhu dan mandi para jamaah.

Hal ini lebih kepada penghormatan kepada air zam-zam, bukan karena air zam-zam akan habis untuk keperluan mandi, dll.

Apakah Boleh Merebus/Memasak Air Zam-zam?

Boleh, tidak ada larangan untuk merebus serta memasak menggunakan air zam-zam.

Apakah Air Zam-zam Ini Gratis?

Jika Anda meminumnya di Arab Saudi, maka air zam-zam bisa di dapatkan gratis di mana saja. Namun, jika Anda ingin mempunyai air zam-zam di tanah air (diluar jatah dari perjalanan haji/umroh) maka Anda harus membayar uang sekitar 500-700ribu rupiah per 5 liter air zam-zam.

Nah, itulah kelebihan air zam-zam yang bisa Erahajj bagikan untuk Anda. Anda bisa puas meminum air zam-zam saat umroh. Jadi, pastikan Anda memilih travel umroh terpercaya untuk mendampingi perjalanan umroh Anda.

Jika Anda sebagai travel umrah memrlukan aplikasi manajemen travel umroh agar bisnis Anda yang lebih efisien dan profesional, maka Anda bisa menghubungi kami untuk mengaktifkan software travel umroh terbaik dari Safar

Kategori : Artikel
Tags :
air zam-zam zam-zam
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap air zam-zam zam-zam

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, air zam-zam, zam-zam

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami