Efek Digital Marketing yang Kurang Tepat pada Usaha Travel Umroh - Jika Anda telah berkomitmen untuk mengembangkan pemasaran produk travel umroh Anda melalui jalur digital marketing, maka Anda perlu meningkatkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Sebab, tanpa adanya informasi atau ilmu yang memadai terkait digital marketing, salah-salah kegiatan pemasaran digital Anda malah dapat menghancurkan bisnis Anda.
Pelaksanaan digital marketing yang tidak tepat, akan berimbas pada menurunnya penjualan, bahkan bisa merusak branding yang telah Anda bangun sekian lama. Tidak mau, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umroh
Digital Marketing yang Tidak Tepat
Berikut ini akan kami uraikan berbagai macam penggunaan pemasaran digital yang kurang tepat, yang malah bisa membuat bisnis Anda mengalami kemunduran.
Pemasaran Tidak Sesuai Target Market
Saat membuat konten untuk keperluan digital marketing, travel)) Anda dipaksa untuk mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda bisa menyesuaikan konten jika Anda tahu persis target market produk/jasa yang Anda tawarkan.
Jika Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda perlu membuat konten ekslusif yang dapat menarik minat target market Anda. Anda bisa memasang harga yang tinggi, asalkan ada benefit yang ditawarkan.
Sebaliknya, bila Anda punya produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda harus membuat iklan atau promosi yang berbeda. Misal dengan mencantumkan kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, dan sebagainya.
Penawaran dan Permintaan Tidak Sinkron
Anda harus paham tentang hukum penawaran & permintaan, supaya Anda tidak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual merupakan produk yang diperlukan oleh masyarakat.
Jika Anda mempunyai penawaran yang sangat baik, namun permintaannya tidak ada ( misal, harga terlalu mahal atau tujuan wisatanya tidak familiar di kalangan pelanggan, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu & biaya.
Sebaiknya, Anda kenali dulu kebutuhan pasar, baru Anda sediakan penawaran produk paket umrah yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Usaha Travel Umroh
Kegagalan Branding Perusahaan
Apabila Anda melakukan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan membuat peluang kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada khalayak.
Misalnya, tidak konsisten dalam brand identity, menggunakan bahasa informal kepada klien yang serius, mengubah-ubah promo sesuka hati tanpa ada ketentuan yang jelas, serta merekrut SDM yang tidak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website ibarat etalase toko yang memuat profil perusahaan dan dagangan Anda. Anda tidak mungkin membiarkan etalase Anda dalam kondisi berantakan, sementara calon konsumen Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.
Usahakan untuk menata website Anda dengan baik, gunakan tampilan yang sederhana, mudah dipahami jama'ah, dan rapi. Anda harus mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, dan tenaga untuk membuat tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasaran digital menggunakan iklan berbayar untuk mendongkrak penjualan. Mungkin itu di Facebook Ads, IG Ads, Google Ads, dan media iklan lainnya di internet, biasanya diarahkan untuk mengunjungi landing page untuk meyakinkan konsumen melalui copywriting agar|supaya) berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja perusahaan travel umroh yang abai terhadap hal penting ini, yakni ketidaksesuaian antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
Apabila Anda memasang iklan umrah hemat, ya jangan tawarkan umrah plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi kepada jamaah yang dananya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan sia-sia, tidak berakhir pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Ribet Saat Check Out
Nah, ini juga tak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, seberminat apapun konsumen terhadap produk yang Anda jual, namun untuk proses check out-nya dibuat susah, maka Anda akan cepat kehilangan jamaah potensial.
Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umrah yang mempunyai fitur transaksi yang mudah & user friendly. Konsumen yang hendak memesan travel umrah hanya perlu langkah mudah yang dapat membuat pengalaman konsumen saat mendaftar umrah menjadi menyenangkan.
Budget Banyak Hasil Tak Sepadan
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti berlangganan software khusus travel umroh & iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umroh yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak dana-dana yang tidak perlu untuk digital marketing. Budget besar tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang besar, profit yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Usaha Travel Umroh
Kini saatnya Anda beralih pada solusi digital marketing bagi usaha travel umrah Anda. Anda dapat berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan dana hanya sekitar 125.000,00 per bulan untuk membuat percepatan bisnis travel umroh Anda dengan berlangganan software Safar TMS.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi dan manajemen perusahaan travel umroh dengan Safar TMS. Tidak sampai di situ, kami juga sudah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.