Akibat Digital Marketing yang Tidak Tepat pada Usaha Travel Umrah - Jika Anda sudah berkomitmen untuk mengembangkan pemasaran produk travel umroh Anda melalui jalur digital marketing, maka Anda harus meningkatkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Karena, tanpa adanya informasi atau ilmu yang cukup tentang digital marketing, salah-salah kegiatan pemasaran digital Anda malah bisa menghancurkan bisnis Anda.

Pelaksanaan digital marketing yang kurang tepat, akan mengakibatkan pada penurunan penjualan, bahkan bisa merusak branding yang sudah Anda bangun sekian lama. Tidak mau, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umrah
Digital Marketing yang Tidak Tepat
Berikut ini akan kami uraikan macam-macam penggunaan pemasaran digital yang kurang tepat, yang justru dapat membuat usaha Anda mengalami kemunduran.
Pemasaran Tidak Sesuai Target Market
Saat membuat konten untuk keperluan digital marketing, travel)) Anda dituntut untuk mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda dapat menyesuaikan konten bila Anda tahu persis target market produk/jasa yang Anda tawarkan.
Apabila Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda perlu membuat konten ekslusif yang bisa menarik minat target market Anda. Anda bisa memasang harga yang tinggi, asalkan ada benefit yang ditawarkan.
Sebaliknya, bila Anda punya produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda harus membuat iklan atau promosi yang berbeda. Misal dengan mencantumkan kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, dan sebagainya.
Penawaran & Permintaan Tidak Sinkron
Anda harus paham tentang hukum penawaran dan permintaan, supaya Anda tidak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual adalah produk yang diperlukan oleh masyarakat.
Jika Anda memiliki penawaran yang sangat baik, namun permintaannya tidak ada ( contoh, harga terlalu mahal atau tujuan wisatanya tidak familiar di kalangan jama'ah, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu & biaya.
Sebaiknya, Anda kenali dulu kebutuhan pasar, baru Anda sediakan penawaran produk paket umroh yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Usaha Travel Umroh
Kegagalan Branding Perusahaan
Jika Anda melakukan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan menuai kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada khalayak.
Contohnya, tidak konsisten dalam brand identity, menggunakan bahasa informal kepada klien yang serius, mengubah-ubah promo sesuka hati tanpa ada ketentuan yang jelas, serta merekrut SDM yang tidak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website ibarat etalase toko yang memuat profil perusahaan dan dagangan Anda. Anda tidak mungkin membiarkan etalase Anda dalam kondisi berantakan, sementara calon pembeli Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.

Usahakan untuk menata website Anda dengan baik, gunakan tampilan yang sederhana, mudah dipahami konsumen, dan rapi. Anda harus mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, dan tenaga untuk membuat tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasaran digital menggunakan iklan berbayar untuk mendongkrak penjualan. Baik itu di FB Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan media iklan lainnya di internet, biasanya diarahkan untuk mengunjungi landing page untuk meyakinkan jamaah melalui copywriting agar|supaya) berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja perusahaan travel umroh yang abai terhadap hal penting ini, yakni ketidaksesuaian antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
Apabila Anda memasang iklan umrah hemat, ya jangan tawarkan umroh plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi kepada konsumen yang dananya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan sia-sia, tidak berujung pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Ribet Saat Check Out
Nah, ini juga tak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, berapapun peminat konsumen terhadap produk yang Anda jual, tapi untuk proses check out-nya dibuat ribet, maka Anda akan cepat kehilangan jamaah potensial.

Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umroh yang memiliki fitur transaksi yang mudah dan user friendly. Konsumen yang hendak memesan travel umrah hanya harus langkah mudah yang dapat membuat pengalaman konsumen saat mendaftar umroh menjadi menyenangkan.
Anggaran Banyak Hasil Tak Sepadan
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti menggunakan software khusus travel umroh dan iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umrah yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak biaya yang tidak perlu untuk digital marketing. Anggaran banyak tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang banyak, keuntungan yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Usaha Travel Umroh
Kini saatnya Anda berpindah pada solusi digital marketing bagi bisnis travel umroh Anda. Anda bisa berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan biaya hanya sekitar 125.000,00 per bulan untuk membuat percepatan usaha travel umroh Anda dengan berlangganan software Safar TMS.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi & manajemen perusahaan travel umroh dengan Safar TMS. Tidak sampai di situ, kami juga telah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja & dimana saja. Hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut.