Inilah Alasan Kita Harus Segera Menabung Untuk Umrah

Ditulis pada 20 September 2022, 12:00:17

Inilah Alasan Kita Harus Segera Menabung untuk Umrah - Umrah yaitu ibadah sunnah yang memerlukan dana dan waktu untuk melaksanakannya. Biaya umrah berkisar 20 sampai 35 juta rupiah, tergantung paket umroh yang Anda pesan di biro travel umrah.

Hal itulah yang membuat orang berfikir untuk menunda tabungan umroh. Kebanyakan sekarang ini yang beribadah umroh ialah jamaah berusia lanjut, sebab mereka sudah merasa butuh untuk berumroh. Daftar haji yang sangat lama membuat orang tua berpikir untuk ibadah umroh saja dulu dari pada terlalu lama menunggu antrean haji.

image.jpg

Oleh karena itu, tidak sedikit kaum muda yang berpikir bahwa umroh hanya dikerjakan oleh kaum tua saja. Padahal tidak demikian. Berumrah di usia muda bahkan masih anak-anak pun diperbolehkan.

Terdapat beberapa pertimbangan mengapa Anda harus mulai menabung untuk umrah sesegera mungkin.

Keuntungan Umrah di Usia Muda

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa masih muda harus berumrah? Kan lebih baik uangnya untuk berwisata ke beberapa negara saja, supaya punya banyak pengalaman?

Salah satu alasan utama Anda harus secepatnya berumrah sebelum mendatangi berbagai negara ialah dengan memahami hadits berikut ini:

“Tidak boleh mengadakan safar kecuali menuju ke ke 3 masjid: Masjid al Haram, masjid ar Rasul shallallahu alaihi wasallam, dan masjid al Aqsha.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maksud dari hadits tersebut adalah kita dilarang bepergian ke negeri yang jauh dengan tujuan semata-mata untuk beribadah ke tempat tersebut / bermaksud mendapatkan berkah. Semisal kita bepergian ke negeri A untuk beribadah di masjid yang ada di sana. Tujuan ibadahnya baik, namun tidak diperkenankan seperti itu.

image (2).jpg

Tentu yang benar adalah kita berniat ibadah ke tiga masjid yang disebutkan di dalam hadits di atas yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi & Masjid Al Aqsa. Ketika umrah, biasanya kita sudah mencakup beribadah ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Nah, daripada kita " membuang" banyak uang untuk traveling ke sana ke sini hanya untuk kesenangan, lebih baik sisihkan terlebih dahulu dana tersebut untuk ibadah umrah ke tanah suci. Setelah umroh, yakin lah, Anda akan ketagihan dan ingin berumroh lagi.

Keuntungan umroh di usia muda:

  • Badan Masih Bugar.  Umroh merupakan ibadah yang membutuhkan stamina dan fisik yang kuat. Anda semestinya bersyukur ketika diberi kesempatan untuk beribadah umroh di usia muda. Karena Anda bisa melaksanakan rukun-rukun umroh dan ibadah sunnahnya secara lebih maksimal. Tidak perlu pakai kursi roda, dan merasakan kelelahan berlebihan/sakit saat berumrah.
  • Kemampuan Finansial. Seperti yang sudah kami singgung di atas, umrah memerlukan biaya yang tidak sedikit. berkisar puluhan juta, belum uang saku dan untuk beli oleh-oleh. Nah, di usia muda, Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk berumroh. Bandingkan ketika Anda sudah berusia tua, banyak tanggungan yang harus Anda biayai seperti pendidikan anak, dana pensiun, dan sebagainya.
  • Daya Ingat Kuat.  Umroh membutuhkan kekuatan ingatan untuk menghafal doa, rukun, menghafal nomor kamar hotel serta jalur-jalur saat di tanah suci. Maka, di usia muda Anda dapat melakukan banyak hal tanpa bergantung kepada pendamping Anda. Mengasyikkan, bukan?
  • Bisa Menjelajah. Anda bisa melakukan wisata kuliner dan city tour  ketika di tanah suci. Jadi, Anda punya banyak kesempatan untuk membuat pengalaman yang indah, berkesan, dan tidak terlupakan selama umrah,
  • Menambah Keimanan dan Ketaqwaan. Siapa bilang bertaubat menunggu tua? Selagi masih muda, Anda harus berkewajiban untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan untuk bekal akhirat Anda. Anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu dengan menjadikan umrah sebagai umpan balik guna menjadi insan yang lebih taat kepada Allah SWT.
  • Membuka Pintu Rezeki.  Umroh adalah pembuka pintu rezeki. Anda bisa mendapatkan rezeki tak terduga salah satunya ialah dengan jalan melaksanakan umrah. umrah adalah ibadah yang penuh pengorbanan dan membutuhkan keikhlasan. Yakinlah, Allah akan membalasnya dengan pahala yang baik, di dunia maupun di akhirat. Insya Allah.

Cara Memulai Menabung untuk Umroh

Mungkin Anda berpikir menabung untuk umroh haruslah dengan nominal yang fantastis. Kenyataannya tidak begitu. Cukup menahan untuk tidak jajan di mall beberapa kali saja, Anda sudah bisa membuka tabungan umrah di bank. Rata-rata, dengan uang 100.000 rupiah saja, Anda sudah mempunyai tabungan khusus untuk biaya umroh (tidak bisa ditarik kecuali untuk umroh).

image (1).jpg

Atau jika Anda suka menabung di celengan, menabung saja sisa-sisa uang belanja dan uang jajan Anda dalam waktu sebulan, pasti jumlahnya sudah lebih dari cukup untuk membuka tabungan umrah. Kadang, niat kita saja untuk membuka tabungan umrah yang kurang kuat. Jadi, uangnya terpakai untuk jajan lagi.

Datanglah ke bank / lembaga keuangan lainnya, dan sampaikan maksud Anda untuk membuka tabungan umrah. Anda dapat browsing terlebih dahulu di website bank yang Anda pilih untuk mengetahui persyaratan yang dibutuhkan.

Cara Menambah Tabungan Umrah dengan Cepat

Nah, jika Anda sudah membuka tabungan umrah, saatnya mengisi tabungan tersebut dengan rutin agar Anda dapat segera umroh. Ya, percuma saja kalau hanya membuka tabungan tapi tidak pernah diisi, kan? Menabung untuk umroh memang butuh komitmen tingkat tinggi.

Cara yang paling mudah ialah rutin menyetorkan uang ke tabungan Anda setiap bulan setelah gajian / mendapat keuntungan bisnis. Anda dapat menggunakan fasilitas autodebet / menyetor seperti biasa.

Komitmen untuk menyisihkan sejumlah uang dengan nominal yang sama untuk biaya umrah. contohnya Anda hanya mampu menyisihkan 100.000 per bulan, ya tidak apa-apa. Setorkan uang Anda sedikit demi sedikit, lama-lama Anda akan memiliki sejumlah tabungan untuk umrah.

 

Saat mendapatkan bonus dari kantor, atau mendapat laba bisnis yang cukup besar, Anda dapat menambah tabungan Anda diluar setoran rutin agar bisa mempercepat waktu keberangkatan umroh Anda.

Mudah bukan? Nah, agar lebih mudah lagi, Anda bisa melakukan hal-hal diluar menabung agar bisa cepat umroh.

Contohnya ialah datang ke biro travel umroh yang terpercaya, lalu tanyakan paket umroh apa yang bagus untuk Anda. Lalu, buatlah paspor, agar sewaktu-waktu dana Anda mencukupi, Anda dapat langsung berangkat umroh. Sambil mengumpulkan uang, sambil memantaskan diri untuk umrah.

Terakhir, Selalu berdoa kepada Allah agar dimudahkan untuk berumroh di usia muda. Pantaskan diri dengan mendekat kepada Allah & jangan pernah putus asa dengan rahmat Allah apabila Anda merasa tidak mampu untuk berumroh karena masalah biaya. Insya Allah, Allah lah yang akan mencukupkan rezeki Anda.

Kategori : Artikel
Tags :
menabung untuk umroh tabungan umroh
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap menabung untuk umroh tabungan umroh

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, menabung untuk umroh, tabungan umroh

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami