9 Cara Mengembangkan Bisnis Travel Umrah

Ditulis pada 15 Desember 2019, 09:20:41

9 Cara Mengembangkan Usaha Travel Umroh - Bagi Anda yang saat ini mengelola sebuah travel umroh, pasti Anda ingin membuat travel Anda terus berkembang dari waktu ke waktu.

Mendirikan sebuah bisnis  harus siap dengan tantangan dalam mengembangkannya. Apalagi saat ini persaingan bisnis begitu ketat.

Apapun usaha yang Anda miliki, pasti memiliki cara tersendiri dalam mengelolanya supaya bertumbuh dengan baik.

Untitled design (4).png

Cara Mengembangkan Usaha Travel Umroh

Berikut ini Safar TMS akan memberikan 9 tips mengembangkan bisnis travel umrah, supaya bisa maju sesuai dengan harapan Anda.

Meningkatkan Promosi

Langkah pertama untuk mengembangkan usaha Anda ialah gencar berpromosi. Travel yang dipromosikan dengan baik dengan berbagai cara akan menghasilkan peningkatan penjualan secara signifikan.

Jika selama ini Anda mengandalkan pemasaran offline melalui brosur, spanduk, presentasi, & lain-lain, kini Anda bisa mulai melirik promosi melalui pemasaran online.

Pemasaran online sendiri dapat dilakukan di berbagai platform seperti website, media sosial, dan aplikasi social chatting. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak artikel-artikel dari Safar TMS terdahulu yang membahas tips promosi online ini lebih detail lagi.

Baca Juga : Memanfaatkan Sosial Media untuk Promosi Usaha Travel Umroh

Mengenali Kompetitor Anda

tips untuk berkembang yang kedua adalah dengan mengenali kompetitor Anda. Dalam berbisnis, memperbaiki perusahaan bisa dimulai dari mengenali kompetitor Anda.

Anda dapat mempelajari apa saja yang dibuat atau dikerjakan oleh kompetitor Anda. Bukan untuk ditiru 100%, namun untuk bahan inspirasi Anda. Anda harus membuat karya yang lebih baik dari kompetitor Anda.

Untitled design (5).png

Selain itu, Anda bisa menjadikan kompetitor Anda sebagai pelecut semangat Anda untuk mengelola bisnis Anda lebih baik lagi. Bila mereka bisa terus membesarkan usahanya, Anda juga mesti bisa mengejar ketertinggalan Anda.

Anda juga bisa menjadikan kompetitor Anda sebagai studi kasus untuk mengantisipasi hal-hal yang butuh Anda hindari dalam memanajemen perusahaan travel umrah Anda.

Memperluas Jaringan

Memperluas jaringan dapat dengan jalan merekrut agen-agen baru perwakilan agen travel umrah Anda di berbagai kota. Anda dapat membuat promo pembukaan agen baru dengan syarat yang ringan & dukungan bimbingan bagi agen-agen baru.

Cara lainnya ialah dengan meluaskan jaringan pemasaran online Anda dengan merekrut pemasar online untuk menjaring customer baru via online.

Kunci dari sebuah bisnis yang berkembang adalah terbangunnya silaturahim yang produktif, yakni dari networking yang Anda jalani dapat menghasilkan sesuatu untuk bisnis Anda.

Baca Juga : 4 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Travel Umroh

Meningkatkan Sumber Daya

Membangun bisnis travel umroh sumber daya yang utama ialah kualitas pelayanan Anda dalam mendampingi jama'ah saat persiapan dan melaksanakan umrah di Tanah Suci.

Anda bisa mengoptimalkan pelayanan dengan tips menggandeng vendor berpengalaman, seperti memilih Land Arrangement yang baik, maskapai, hotel dan katering terbaik, serta mengupayakan pelayanan jama'ah yang paling baik sejak jama'ah mendaftar hingga pulang nantinya.

Untitled design (3).png

Sedangkan produk/layanan yang baik tidak akan cukup bila tak diimbangi dengan SDM yang baik. Pilih pembimbing umroh yang berkompeten, karyawan biro travel yang dapat diandalkan, serta dtaff marketing yang andal.

Sinergi antar produk atau layanan yang baik serta SDM berkualitas akan menghasilkan profit yang diharapkan oleh semua travel umrah. Anda juga dapat mendukungnya dengan berlangganan sistem aplikasi khusus travel umroh untuk mengelola manajemen perusahaan Anda lebih profesional.

Baca Juga :  Cara Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Jamaah

Mengutamakan Pelayanan Jamaah

Kunci dari bisnis Anda adalah berhasil taknya jamaah berangkat umroh dengan sukses. Sukses di sini artinya jamaah dapat menjalankan travel umrahnya secara sempurna, khusyu, tanpa kendala berarti dan pulang dalam keadaan umrohnya mabrur.

Sungguh mulia jika usaha Anda mampu mengantarkan jamaah untuk sukses umrah. Pahala yang berlimpah dan keberkahan akan Anda dapatkan bila Anda mau mengutamakan pelayanan jamaah agar umrahnya berjalan lancar.

Baca Juga : Mengutamakan Kepuasan Jamaah & Dampaknya Bagi Biro Travel Umrah

Melakukan Inovasi Produk

Buatlah program-program umrah yang menarik, memiliki nilai tambah dan berbeda dengan yang lain. Saat ini, travel umrah yang memiliki program khusus lebih diminati, misalnya umroh dengan tema tertentu atau didampingi oleh tokoh/ustad tertentu.

Tentunya, Anda mesti pandai-pandai mengolah inovasi produk paket umrah Anda sehingga calon jama'ah  memperoleh manfaat maksimal dari program yang Anda rancang.

Jangan lupa untuk selalu menepati janji alias menyesuaikan program yang Anda buat dengan kemampuan Anda untuk merealisasikannya.

Minimalisir Biaya Operasional

Tujuan dari sebuah usaha atau travel adalah mendapatkan keuntungan. Selalu awasi modal dan pendapatan Anda. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

Atur agar biaya operasional Anda tak terlampau banyak, sehingga Anda dapat memperbesar laba. Jika Anda salah perhitungan, bisa-bisa Anda tidak dapat membukukan keuntungan karena dana yang ada selalu habis terpakai untuk keperluan biaya operasional dan biaya-biaya tak terduga.

Berinvestasilah!

Anda bisa menanam keuntungan Anda dalam bentuk instrumen investasi yang mendatangkan return. Sebisa mungkin, Anda memisahkan keuntungan ini dalam 3 bagian:

  1. Freecash. Freecash di sini bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha, dengan catatan setiap ada pengambilan freecash mesti dicatat sebagai utang usaha. Jadi, Anda bisa merasakan manisnya laba dan tidak hanya tersedot untuk mengembangkan usaha. Dalam kurun waktu tertentu, freecash mesti Anda kembalikan. Sebaiknya pisahkan keuntungan dalam tabungan khusus.
  2. Investasi. Selain dalam bentuk freecash, Anda juga harus berinvestasi di luar usaha Anda. Misalnya dalam bentuk emas (untuk menjaga nilai uang Anda), saham, depositi syariah, reksadana syariah, dll. Sesuaaikan instrumen investasi dengan kemampuan & kecenderungan/selera Anda.
  3. Zakat, infaq & sedekah (ZIS). Hal yang tak boleh ditinggalkan  adalah investasi akhirat dalam bentuk ZIS. Salurkan ZIS ke lembaga atau dapat Anda salurkan sendiri setiap bulan atau saat memperoleh penghasilan yang cukup banyak sebagai rasa syukur Anda. Insya Allah apa yang Anda keluarkan akan memberikan keberkahan untuk Anda.

Mengatur Keuangan dengan Baik

Pengaturan perusahaan yang baik tak lepas dari pengaturan keuangan yang baik. Ibarat darah dalam tubuh, manajemen keuangan yang baik akan melepas sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan penyakit pada tubuh perusahaan.

Aturlah keuangan dengan baik menggunakan software khusus travel umroh terbaik Safar TMS, sehingga Anda bisa memantau keuangan serta membuat laporan keuangan secara instan.

Baca Juga : Manfaat Keuangan yang Rapi Bagi Travel Umrah

Kesimpulan

Bisnis yang baik yaitu bisnis yang bertumbuh & berkembang seiring dengan waktu berjalan. Jika tak ada upaya yang serius dalam mengembangkan bisnis, Anda tidak akan pernah mencapai kesuksesan.

Safar TMS akan mendukung bisnis travel umrah Anda menjadi lebih profesional dan terorganisir. Hanya dengan investasi mulai dari 15 ribuan sehari, Anda akan memperoleh seluruh fitur terbaik software khusus travel umroh dari Safar TMS.

Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Kategori : Tips Bisnis
Tags :
mengembangkan bisnis Bisnis Travel Umroh tips bisnis travel umroh cara mengembangkan bisnis
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap mengembangkan bisnis Bisnis Travel Umroh tips bisnis travel umroh cara mengembangkan bisnis

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, mengembangkan bisnis, Bisnis Travel Umroh, tips bisnis travel umroh, cara mengembangkan bisnis

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami