7 Aktivitas Andalan di Bulan Ramadhan - Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini kita bisa menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan dengan kondisi yang mungkin berbeda. Adanya virus Corona menjadi ibadah ramadhan di beberapa wilayah tak bisa semaksimal biasanya dikarenakan adanya pembatasan seperti social distancing, PSBB, maupun lockdown.

Kebijakan ini sangat mempengaruhi pada sebagian aktivitas bulan ramadhan yang tak seleluasa biasanya. Ada yang tidak bisa menunaikan shalat tarawih berjamaah di masjid, ada yang masih melakukan tapi tetap dikasih jarak pada shaf-nya. Tiada agenda membangunkan sahur keliling, buka bersama, dan mengaji bersama.

image (10).jpg

Segala hal yang beda terjadi di ramadhan kali ini. Tentunya, Anda tetap harus maksimalkan bulan ramadhan ini dengan tidak melewatkan segala amalan andalan di bulan ramadhan.

Kali ini, Safar TMS akan membagikan tips mengenai amalan andalan pada bulan ramadhan agar kita semua mampu endapat pahala berlimpah di bulan yang penuh berkah & ampunan.

1. Puasa Ramadhan

Dari Abu Hurairah RA, beliau berkata, 'Rasulullah SAW memberi kabar bahagia pada para sahabatnya lalu berkata:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah SWT mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan dibelenggu; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa.” (HR Ahmad dan Nasai).

Amalan utama di bulan ramadhan adalah berpuasa. puasa sunnah diluar ramadhan sudah sering kita lakukan, tetapi bulan ini kita harus melaksanakannya dengan rajin selama bulan Ramadhan. Bagi yang bersungguh-sungguh melaksanakan ibadah pada bulan ramadhan ini pastinya telah melakukan persiapan di bulan sya'ban dengan melakukan banyak puasa sunnah.

Dengan memperbanyak puasa pada bulan sya'ban maka kita akan lebih ringan melakukan ibadah puasa ramadhan karena sudah terlatih. Puasa ramadhan bisa hapus dosa-dosa kita sebelumnya. Anda juga bisa dapat pahala yang banyak jika kita menyempurnakan ibadah puasa dengan menjauhi hal-hal yang dimakruhkan saat berpuasa.

Tunaikan ibadah puasa dengan penuh ikhass sehingga Allah SWT menerima ibadah kita. 

2. Tilawah Al Quran

Tilawah atau membaca|baca) Al Quran adalah amalan andalan selanjutnya yang mampu Anda kerjakan. Ibadah ini tak membutuhkan banyak gerakan, sehingga bisa ditunaikan di mana saja. Jika kita kerja dari rumah, maka kita bisa melakukannya di waktu pekerjaan, sehingga mampu menjadi selingan yang berpahala.

image (8).jpg

Gunanakanlah Al Quran yang nyaman dibaca, sehingga kita betah berlama-lama untuk membaca. Sebaiknya, gunakan mushaf kertas, alih-alih menggunakan apps Al Quran digital. Dikarenakan sangat banyak distraksi yang bisa melemahkan konsentrasi Anda ketika baca Al Quran seperti notif aplikasi chat & social media.

Namun, jika terpaksa, tak mengapa menggunakan aplikasi Al Quran digital sesekali supaya Anda tidak ada alasan untuk tidak membaca Al Quran walau tak membawa mushaf. Bulan puasa merupakan bulan yang sangat tepat untuk mengkhatamkan bacaan Al Quran, sebab Alquran juga diturunkan di bulan Ramadhan.

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). (QS al-Baqarah [2]: 185).

3. Tarawih Berjamaah

Bagi yang masih bisa shalat tarawih berjamaah, Anda bisa memanfaatkannya untuk shalat tarawih meski harus melakukan jaga jarak dengan shaf yang diatur sedemikian rupa. Jika kondisi tak memungkinkan dan harus tarawih di rumah, usahakan tetap berjamaah dengan anggota keluarga.

Jaga semangat shalat tarawih dengan cara menjaga kondisi tetap prima saat beribadah. Jangan berbuka secara berlebihan, sehingga pada waktunya tarawih Anda kekenyangan dan malah beribadah shalat tarawih.

4. Perbanyak Sedekah

Ramadhan adalah bulan dilipatgandakan pahala, termasuk pahala sedekah. Jika Anda bersedekah di bulan ramadhan maka Anda akan memanen pahala. seperti Rasulullah SAW, yang dalam kesehariannya sangat dermawan. Di bulan ramadhan, Rasulullah SAW semakin dermawan. Hendaknya kita mencontoh apa yang dilakukan oleh beliau.

image (9).jpg

Sedekah pun tak harus uang, Anda bisa memberikan makanan untuk berbuka, berbagi paket sembako untuk dhuafa, dan berbagai macam kesempatan sedekah lain yang bisa Anda lakukan. 

5. Beri'tikaf

Ibadah lain yang biasanya dilakukan adalah beri'tikaf di masjid. Utamanya pada 10 hari, seperti yang diceritakan oleh Aisyah RA: “Sesungguhnya Nabi SAW selalu i’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan sampai meninggal dunia, kemudian istri-istri beliau beri’tikaf sesudah beliau.” (Muttafaqun alaih).

Jika kondisi memungkinkan, Anda bisa mengagendakan untuk melakukan i'tikaf. 

6. Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Amalan yang tak ada di bulan-bulan lainnya adalah menghidupkan lailatul qadar atau malam seribu bulan. Menurut pendapat yang paling kuat, Anda bisa menemukan malam lailatul qadar di sepuluh hari terakhir, pada malam-malam ganjil.

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS al-Qadar [97]: 3)

7. Beribadah Umrah

Terakhir, amalan andalan yang bisa dilakukan di bulan ramadhan adalah beribadah umrah. Walaupun pada masa wabah ini kita belum bisa melaksanakan ibadan umrah di bulan ramadhan, kita bisa berniat kuat untuk berumrah dan pahala umrah akan dicatatkan untuk kita semua. Insya Allah.

Bagi Anda yang mengelola travel umrah, Anda bisa mengoptimalkan pengelolaan travel Anda dengan menggunakan software manajemen travel umrah terbaik Safar TMS. Anda bisa mengurus manajemen travel Anda secara mudah walau hanya dari gadget dan internet di rumah saja. Dengan sistem digital, Anda akan semakin maju dan lebih siap memberangkatkan jamaah saat umrah telah dibuka kembali.

Kategori : Artikel
Tags :
amalan andalan di bulan ramadhan ramadhan
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap amalan andalan di bulan ramadhan ramadhan

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, amalan andalan di bulan ramadhan, ramadhan

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami