8 Tips Menyiapkan Kesehatan Sebelum Berangkat Umrah

Ditulis pada 24 Desember 2021, 05:00:34

Umumnya persiapan umrah yang dilakukan oleh jamaah hanyalah fokus pada hal yang berkaitan dengan benda/perlengkapan umrah atau dokumen-dokumen saja.

Padahal ada lho persiapan yang tak kalah pentingnya dari hal tersebut, yaitu kesehatan dari jamaah itu sendiri. Sebab, kesehatan dan kekuatan fisik sangatlah menentukan kesuksesan ibadah umrah.

image (1).png

Bila dilihat dari rukun umrah, semuanya memerlukan kekuatan fisik yang memadai untuk melaksanakannya dengan sempurna. Kita bisa mulai mempersiapkan umrah jauh-jauh hari dengan menjaga kesehatan fisik kita.

Lalu, bagaimanakah tips menyiapkan kesehatan sebelum umrah yang baik? Simak selengkapnya di artikel yang akan Safar TMS hadirkan untuk Anda berikut ini.

Baca Juga : 10 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Umrah

General Check Up

General check up  bermanfaat untuk mengetahui secara menyeluruh kondisi kesehatan Anda. Anda mungkin merasa khawatir apabila melakukan general check up, nanti akan ada penyakit yang awalnya tak Anda ketahui.

Sebenarnya tak perlu khawatir. Yang harus Anda khawatirkan justru bila ada penyakit yang tidak terdeteksi sebelumnya, berpotensi kambuh atau menjadi semakin parah ketika Anda berada di tanah suci.

Hal ini akan mengakibatkan kurangnya persiapan dan antisipasi, sehingga perjalanan ibadah umrah Anda akan makin terganggu. Jadi, jangan ragu untuk melakukan general check up.

Rutin Berolahraga

Salah satu hal penting yang sering dilupakan orang adalah rutin berolahraga. Olahraga ringan seperti lari pagi, senam, berenang, dan lain-lain sangatlah bermanfaat untuk kesehatan Anda.

image (2).png

Terutama jika Anda memilki keinginan untuk umrah. Anda dapat menjaga kesehatan badan dan organ-organ dalam Anda dengan rutin berolahraga. Ini merupakan salah satu cara terbaik menyiapkan kesehatan sebelum melaksakan umrah baik usia muda maupun tua.

Baca Juga : Pentingnya Memberikan Edukasi Seputar Umrah Kepada Jamaah

Hindari Stress

Tak bisa dipungkiri, stress menjadi pemicu berbagai macam penyakit. Tekanan akibat beban pekerjaan dapat memicu Anda stress. Oleh karena itu, temukan cara agar Anda dapat lebih rileks dengan meluangkan waktu khusus untuk berekreasi.

Jangan memforsir tubuh untuk melakukan pekerjaan siang malam tanpa henti. Dalam satu hari, luangkanlah waktu untuk bersantai setidaknya 30 menit untuk melakukan aktivitas yang membuat Anda rileks.

Misalnya membaca buku, mendengarkan musik, menonton video, dan aktivitas lain yang membuat Anda dapat menghilangkan stress. Di hari libur, berekreasi bersama keluarga bisa menurunkan stress sehingga Anda dapat jauh lebih sehat secara mental.

Jaga Pola Makan dan Minum Cukup Air

Bila Anda sudah mempunyai kebiasaan berolahraga dan bisa menghindari stress, maka selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah asupan yang Anda konsumsi setiap hari. Konsumsi secara teratur makanan yang mengandung gizi seimbang.

Makanan bernutrisi tidak berarti harus yang mahal, walaupun untuk membentuk pola hidup sehat biasanya memerlukan ekstra biaya (misalnya mengonsumsi makanan organik).

image (3).png

Anda dapat memulai dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur dalam piring makanan Anda, supaya pola makan Anda lebih terjaga.

Anda juga perlu minum air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup. Bawalah air minum sendiri saat perjalanan ke kantor atau bepergian menjaga Anda untuk tetap ingat pada hak tubuh Anda untuk mendapatkan asupan air.

Menjaga kesehatan sebelum berangkat umrah dengan menerapkan gaya hidup sehat yang sekarang ini sedang booming dengan mengatur pola makan Anda.

Baca Juga : 3 Kesalahan Dalam Ibadah Umrah yang Sering Diabaikan

Jaga Kebersihan Badan

Hal lainnya ialah selalu berusaha menjaga kebersihan badan. Kebersihan ialah langkah awal menuju kesehatan. Jika badan Anda bersih, penyakit-penyakit akan menjauh dari Anda.

Tidak hanya badan, menjaga kebersihan lingkungan juga bermanfaat untuk kesehatan badan Anda.

Minum Suplemen Kesehatan

Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen kesehatan untuk menambah vitalitas tubuh. Suplemen terbaik dari alam adalah madu asli. Anda dapat memulai mengonsumsi madu dan perasan jeruk lemon di pagi hari untuk menjaga kesehatan badan Anda.

Bisa juga Anda mengonsumsi suplemen yang banyak dijual di pasaran, namun Anda harus teliti kehalalan dan kandungan bahannya.

Baca Juga : Buah Tin, Keistimewaan Membuatnya Jadi Nama Surat dalam Al Qur'an

Menjaga Agar Penyakit yang Sudah Ada Tidak Bertambah Parah

Adakalanya seorang jamaah umrah sudah mengidap suatu penyakit tertentu, sehingga mau tidak mau harus mempunyai persiapan lebih daripada jamaah lainnya. Jangan berkecil hati, yang perlu Anda lakukan adalah menjaga agar penyakit yang sudah ada tersebut tidak semakin parah.

image (4).png

Anda bisa melakukan terapi untuk mengurangi keluhan penyakit Anda. Anda juga dapat menjalani pengobatan agar penyakit Anda sembuh/tidak bertambah parah.

Mematuhi anjuran diet khusus penyakit tertentu (biasanya disarankan dokter) juga menjadi usaha untuk membuat penyakit Anda tidak mudah kambuh.

Menyiapkan Obat-obatan Khusus Saat Berumrah

Persiapan untuk umrah sendiri ialah dengan menyiapkan obat-obatan khusus yang sekiranya dibutuhkan untuk mengantisipasi kejadian tak terduga seperti kambuhnya penyakit Anda saat berumrah.

Anda bisa membawa obat sesuai anjuran dokter. Jangan lupa untuk memastikan bahwa obat tersebut aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga : 11 Barang yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Berumrah

Nah, itulah cara menyiapkan kesehatan sebelum umrah. Anda bisa berkonsultasi dengan travel umrah Anda bagaimana penanganan kesehatan Anda selama di tanah suci.

Bagi bisnis travel umrah yang ingin memberi pelayanan terbaik untuk jamaah, silakan gunakan aplikasi travel umrah terbaik untuk Anda. Safar TMS berkomitmen menjadi software travel umrah terbaik dan terlengkap untuk bisnis travel umrah Anda.

Kategori : Artikel
Tags :
tips umroh vaksinasi meningitis kesehatan umroh
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap tips umroh vaksinasi meningitis kesehatan umroh

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, tips umroh, vaksinasi meningitis, kesehatan umroh

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami