Apa Saja 7 Tips Fleksibel dalam Berbisnis di Saat Pandemi ?

Ditulis pada 07 Desember 2021, 10:00:18

Pembahasan tentang bisnis di masa wabah Covid-19 memang selalu menarik. Bagaimana tidak, sebagai pelaku bisnis, Anda dituntut agar selalu kreatif dalam menangani krisis.

Dimulai dari menurunnya aktivitas bisnis, menurunnya penjualan, beban operasional yang selalu bertambah tanpa ada pemasukan yang berarti, hingga rencana-rencana di masa mendatang untuk bisnis Anda pasca pandemi.

image (10).png

Pandemi perlu disikapi sebagai suatu ujian untuk mengetes ketahanan bisnis, termasuk bisnis travel yang Anda jalankan. Apabila Anda meyakini bahwa bisnis Anda dapat bertahan bahkan saat dihantam bisnis, maka Anda akan mendapat semangat lebih untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis Anda.

Sebaliknya, jika Anda gagal membaca keadaan dan menentukan kebijakan yang salah dalam bisnis Anda di masa krisis ini, maka Anda akan terpuruk untuk selamanya.

Sebelum semuanya terjadi, sebaiknya Anda mengetahui 7 cara fleksibel dalam berbisnis di saat pandemi yang sudah kami buat untuk membantu mempertahankan bisnis travel Anda di saat pandemi Corona ini.

Baca Juga : Anti Ribet! Gunakan Sistem yang User Friendly untuk Memudahkan Manajemen Travel Umrah Anda

1. Beralih ke Sistem Kerja yang Fleksibel

Hampir semua bisnis kini menjalankan sebuah sistem yang dulunya asing bagi perusahaan yakni bekerja dari rumah atau work from home. Dulu, hanya sebagian kecil saja pebisnis yang menggunakan sistem ini, namun di masa pandemi mau tak mau semuanya mengikuti sistem ini.

Bagi Anda yang saat ini masih belum dapat mengerti sepenuhnya bagaimana sistem ini bekerja, Anda harus menyadari bahwa dengan masa seperti ini sistem kerja yang fleksibel sangat dibutuhkan.

image (11).png

Anda tidak lagi mengabsen karyawan di kantor, mengatur jam kerja mereka sekian jam di kantor, menyuruh karyawan Anda menggunakan seragam rapi seperti biasanya, dan sebagainya.

Banyak yang berubah dan dapat dimaklumi karena keadaan memaksa Anda dan tim agar bekerja secara fleksibel. Namun, bukan berarti Anda terlalu longgar dalam menentukan kebijakan karena bisa memberi dampak negatif bagi bisnis Anda.

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda melupakan target-target dan pencapaian. Sesuaikan beban kerja karyawan seperti biasa, sehingga meskipun WFH Anda tetap dapat memantau kinerja mereka melalui rencana kerja dan realisasi dalam laporan harian (daily report) yang dapat mereka isi.

Apabila Anda belum memakai sistem untuk perusahaan travel Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan sistem aplikasi travel terbaik yang dapat mendukung Anda dan tim untuk menjalankan Work From Home secara lebih baik.

Baca Juga: Inilah Mengapa Bisnis Travel Umrah Anda Membutuhkan Sistem Digital

2. Fleksibel dalam Pemasaran

Begitu pula dengan pemasaran, Anda dapat memfokuskan untuk melakukan pemasaran secara online. Di saat pandemi ini, kekuatan pemasaran online begitu dibutuhkan oleh para pebisnis yang dahulu hanya mengandalkan pemasaran offline.

Meskipun membutuhkan waktu untuk beradaptasi, sikap fleksibel terhadap perubahan strategi pemasaran membuat Anda dituntut untuk lebih berusaha menguasai pemasaran online.

image (12).png

Salah satu strategi yang dapat Anda ambil ialah dengan membuat website untuk mempromosikan produk Anda. Website yang profesional akan membuat bisnis Anda berkembang lebih cepat dan tidak tertinggal dari kompetitor Anda.

Sebaliknya, apabila Anda tidak mengoptimalkan pemasaran online melalui website, kredibilitas usaha Anda akan dipertanyakan. Konsumen akan mencari perusahaan yang bersungguh-sungguh mengelola websitenya secara profesional.

Untuk mengelola website, gunakan dukungan sistem aplikasi travel terbaik yang dapat membantu bisnis travel Anda. Jangan salah pilih, sistem aplikasi travel termurah bisa Anda dapatkan di sini.

3. Fleksibel dalam Membuat Keputusan Launching Produk Baru

Bagi sebagian orang, melaunching produk baru di tengah pandemi menjadi sebuah polemik. Anda akan menerima tantangan bahwa bisnis Anda kurang berempati pada situasi.

Namun jangan lupa, bahwa dengan terus memasarkan produk dan melaunching produk baru, Anda juga telah mengupayakan agar karyawan Anda tak hilang mata pencahariannya. Anda juga membantu kehidupan orang lain dengan terus menjalankan bisnis Anda.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana bahasa promosi Anda sehingga nyaman untuk dibaca oleh pelanggan. Anda dapat membagikan solusi-solusi bagi pelanggan yaitu dengan melaunching produk yang memberikan keuntungan di masa pandemi ini.

Contohnya, karena perjalanan umrah serta wisata masih dibatasi, maka Anda bisa beralih ke sektor retail seperti menjual makanan dan minuman yang berkaitan dengan keperluan ramadan dan lebaran. Bila tidak masuk ke retail, Anda dapat menjalankan usaha pengantaran barang atau pemesanan jasa catering rumahan.

Sebenarnya, banyak hal yang dapat dieksplor di masa pandemi ini. Kuncinya adalah Anda harus bisa menghadirkan solusi untuk calon pelanggan Anda. Anda bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan hanya jika Anda bersedia fleksibel dalam menjalankan model-model bisnis yang baru.

Pada akhirnya, Anda dapat tetap memperoleh pemasukan untuk mendukung operasional bisnis Anda. Jangan sampai keadaan dengan pendapatan yang berkurang membuat Anda kehabisan ide untuk mencoba model bisnis lain yang mungkin dijalankan.

4. Optimalkan Mengerjakan Tugas-tugas yang Mungkin untuk Dikerjakan

Selain mencari model bisnis lain diluar inti usaha Anda, Anda juga harus tetap mempertahankan eksistensi usaha travel Anda sehingga dapat lebih mudah recovery setelah pandemi nanti.

Untuk karyawan yang memang memiliki keahlian khusus untuk menghandle travel, saat seperti ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan skill karyawan Anda. Pada hari-hari biasa, Anda mungkin tidak sempat untuk mengupgrade skill karyawan karena banyak tugas kantor yang harus diselesaikan.

image (13).png

Namun, di masa pandemi ini ada kelonggaran waktu yang dapat dimanfaatkan untuk memilki keahlian baru. Misalnya, karyawan bidang marketing dapat mengembangkan ide-ide pemasaran baru. Karyawan di bidang finance dapat mempelajari sistem finance berbasis software digital, dan karyawan lainnya Anda sesuaikan pengembangan softskillnya sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Lho, bukannya hal ini malah menambah beban perusahaan untuk keluar biaya pelatihan lagi?

Memang benar, namun tidak sepenuhnya hal tersebut membuat Anda rugi. Bayangkan ketika nanti usaha Anda harus bangkit, ternyata karyawan yang berinisiatif untuk menguasai skill baru di saat pandemi ini dan mereka memilih bekerja untuk orang lain, bukankah Anda malah rugi 2 kali?

Jadi, investasikan sebagian uang Anda untuk meraih hasil yang lebih besar di masa yang akan datang. Hal ini akan kami ulas di poin terakhir artikel ini.

5. Memaksimalkan Ikhtiar, Fleksibel Terhadap Hasil

Sudah banyak hal yang Anda targetkan dan ikhtiarkan, namun ternyata hasilnya terbilang masih belum maksimal? Tenang, jika Anda belum mendapatkan hasil sesuai dengan harapan, bersyukurlah karena Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan usaha kita.

Yakinlah, seluruh usaha kita yang belum tercapai hasilnya saat ini suatu saat akan dibayar kontan. Tetap bersabar dalam berikhtiar, tetapkan target dan seandainya hasilnya belum sesuai terus berusaha lagi sampai berhasil.

6. Memiliki Rencana Jangka Panjang Pasca Pandemi

Menyambung dari poin 5 di atas, Anda tetap perlu memiliki rencana dan target jangka panjang. Buatlah gambaran besar usaha Anda. Target seperti apa yang Anda inginkan selama sepuluh tahun ke depan. Lalu breakdown ke target tahunan, bulanan, mingguan dan harian.

Setelah mendapatkan gambaran besarnya, Anda akan lebih mudah menentukan langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil di masa pandemi ini. Apabila rencana Anda besar, maka Anda akan melewatkan masa pandemi ini dengan berbagai kegiatan yang produktif yang dapat menunjang kesuksesan bisnis Anda di masa mendatang.

7. Merencanakan Sesegera Mungkin untuk Beralih ke Sistem Digital

Nah, sampailah kita di poin terakhir namun yang paling esensial. Sudah saatnya bisnis Anda naik kelas dengan beralih ke sistem digital. Seperti yang sudah kami jabarkan di atas, kebanyakan aktivitas bisnis saat ini sangat diuntungkan dengan adanya internet dan pemasaran online.

Jadi, bila Anda belum beralih ke sistem digital, maka Anda akan kekurangan amunisi untuk bersaing dengan usaha travel yang sudah lebih maju dengan memakai aplikasi travel online yang bisa memudahkan bisnis.

image (14).png

Untungnya, saat ini sudah hadir sistem aplikasi travel terbaik yang bisa didapatkan dengan investasi yang sangat murah! YA, sistem aplikasi travel termurah ini bisa Anda dapatkan hanya dengan harga spektakuler hanya 1,5 rupiah per TAHUN!
Sangat terjangkau bila dibandingkan dengan sistem manapun, kami jamin dengan kualitas terbaik ini harga kami yang paling murah.

Semoga di saat pandemi ini Anda semakin menyadari pentingnya sistem digital untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Jangan tunda lagi, segera pesan sekarang melalui website kami dan hubungi CS kami yang akan memandu untuk mengaktifkan sistem travel Anda.

Itulah berbagai cara dari Safar TMS untuk Anda yang saat ini menghadapi krisis dalam bisnis. Berbicara soal fleksibel, kita bisa mencontoh Rasulullah SAW yang juga pernah mengalami berbagai persoalan termasuk persoalan bisnis.

Beliau dengan kepiawaiannya selalu dapat mengetahui peluang dalam setiap bisnis yang dijalankan. Satu hal yang dipegang Rasulullah SAW adalah beliau memiliki sifat fathanah (cerdas) dalam mengelola bisnis, sehingga bisa mendapatkan keuntungan dalam setiap transaksi bisnisnya.

Mari cerdas jalankan bisnis dengan memakai sistem digital travel umrah dari Safar Travel Management System!

Kategori : Tips Bisnis
Tags :
aplikasi travel terbaik apliaksi travel termurah
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap aplikasi travel terbaik apliaksi travel termurah

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, aplikasi travel terbaik, apliaksi travel termurah

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami