Pada saat social distancing untuk mencegah penularan virus Corona digalakkan, bukan berarti Anda dan pelanggan Anda jadi melakukan social media distancing. Ada berbagai jalur marketing digital yang bisa Anda mainkan untuk tetap eksis sehingga nantinya bisnis Anda semakin dikenal oleh masyarakat.
Kegiatan di rumah saja membuat pelanggan kian akrab dengan media sosial. Hal ini membawa benefit bagi pebisnis untuk bisa mengeksplor lagi strategi pemasaran online yang bisa dikejar. Jika Anda sebelumnya hanya memasarkan di satu kanal saja misalnya Facebook, Anda bisa merambah social media lainnya supaya dapat lebih di kenal bukan hanya di satu channel media social saja.
Begitu pula jika Anda sebelumnya tidak fokus pada pemasaran berbasis konten SEO, Anda bisa mulai menekuni membuat konten-konten yang berkualitas sehingga brand dan produk Anda bisa eksis di mesin pencarian Google. Anda juga bisa membuat konten yang berkualitas dengan menggunakan salah satu fiturnya sistem Erahajj, yang mendukung Anda menyajikan banyak konten dengan mudah dan praktis.
Berikut ini ada 5 strategi marketing digital agar bisnis travel umrah Anda tetap eksis dan siap melayani calon jamaah saat pemerintah Arab Saudi membuka akses haji dan umrah saat pandemi Corona berakhir.
1. Gunakan Instagram
Instagram merupakan media sosial yang disukai oleh masyarakat. Dimana ada keramaian, di situlah Anda harus menebar pesona. Anda dapat menciptakan konten-konten berbasis gambar berkualitas, video singkat, dan juga story yang bisa mengingatkan audiens Anda pada umrah dan haji.
Gunakan strategi brand awareness, dengan menambahkan logo, memilih warna tema sesuai identitas, memilih font tulisan serta desain yang konsisten, sehingga orang ketika melihat konten Anda akan langsung ingat kepada brand perusahaan Anda.
Dengan demikian, Anda tidak akan dilupakan karena derasnya informasi tentang wabah Covid-19. Anda bisa mengangkat tema-tema edukasi seputar corona, motivasi, doa, dll.
Bisa juga mengangkat tema positif yang dapat membuat orang menjadi bersemangat saat melihatnya. Postingan yang bermanfaat tersebut, bisa menaikkan mood dari audiens Anda, sehingga mereka mau berinteraksi dengan akun instagram Anda.
Hindari membuat postingan yang sifatnya meresahkan. Jika itu berupa data dan fakta, sajikan dengan bahasa yang positif sehingga Anda ikut menyebar kebaikan, bukan keresahan.
2. Maksimalkan Whatsapp Marketing
Selain instagram, Anda juga bisa menggunakan aplikasi chatting seperti Whatsapp untuk marketing bisnis Anda. Fokus masyarakat saat ini adalah tentang kesehatan dan keamanan, sehingga hindari memasang iklan secara frontal dengan terus-menerus menjual produk Anda.
Anda bisa membuat story Whatsapp dengan metode soft selling, yaitu membungkus penjualan dengan postingan yang menarik dan bermanfaat bagi jamaah.
3. Buatlah Konten Berkualitas Plus SEO Friendly
Anda mungkin saja belum memaksimalkan marketing yang satu ini. Padahal, jika ditekuni, Anda bisa merasakan keuntungan dari pemasaran dengan konten berkualitas plus SEO.
Mengapa harus menciptakan konten yang berkualitas? Karena konten berkualitas merupakan asset bagi usaha Anda. Membuat konten yang disukai oleh pembaca akan menjadikan usaha Anda bernilai plus, karena konten tersebut akan mengiklankan bisnis Anda lebih baik di kemudian hari.
Saat pembaca memperoleh manfaat, mereka akan merasa percaya pada bisnis Anda. Sehingga, tanpa Anda banyak beriklanpun trust dari pelanggan akan terbangun dengan sendirinya.
Berbeda dengan konten sampah yang Anda muat di website Anda seperti berita hoax yang mengundang pro kontra dan memicu kecemasan. Konten seperti itu mungkin menarik banyak pengunjung, namun tidak berarti apa-apa bagi customer Anda.
Secara teknis, konten berkualitas juga disukai google, sehingga jika pelanggan Anda mencari bisnis Anda, mereka akan mudah menemukan website Anda jika mengandung konten berkualitas yang dibuat SEO friendly.
4. Manfaatkan Twitter
Twitter adalah social media yang banyak dipakai oleh masyarakat. Anda bisa mulai untuk eksis di twitter dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat dan diselingi dengan iklan Anda.
Memanfaatkan twitter juga berpeluang untuk membuat bisnis Anda dikenal luas dengan fitur hashtag-nya. Anda bisa menggunakan hashtag yang sedang trending, sehingga brand Anda juga bisa eksis.
5. Buat Video Youtube yang Menarik
Satu lagi social media yang dapat Anda manfaatkan supaya usaha Anda bisa tetap eksis. Social media berbasis video ini bisa Anda manfaatkan untuk mengupload video-video seputar umrah dan haji.
Buatlah konten tentang tips umrah, tips haji, tips beribadah, panduan wisata yang berhubungan dengan umrah, dsb.
Selain menebar konten bermanfaat, Anda bisa sekaligus mem-branding perusahaan Anda adalah travel umrah yang profesional dan terpercaya.
Sisipkan nilai-nilai yang ada pada bisnis Anda, sehingga jamaah yang menonton merasa senang dan mau mengikuti channel youtube Anda.
Itulah 5 strategi pemasaran online yang dapat Anda tiru. Jangan pernah menyepelekan usaha kecil Anda saat ini, karena dari upaya|usaha) yang kecil itulah usaha Anda dapat bertumbuh menjadi bisnis yang besar.
Manfaatkan sumber daya yang ada ditengah keterbatasan seperti ini, sehingga Anda akan merasa lebih siap melayani jamaah pada saat akses ibadah haji dan umrah dibuka kembali.
Jika Anda ingin memanajemen konten dan media sosial dengan lebih baik, cobalah fitur pengelolaan web dan konten dari Safar TMS, yang bisa menunjang marketing digital Anda.