Berbisnis adalah jalan panjang yang harus dilalui dengan segala rintangannya. Terkadang, hambatan menghampiri tanpa kita tahu sebelumnya bahwa hal itu bakal terjadi. Contohnya adalah di awal tahun 2020 ini. Kita dikejutkan dengan wabah Covid-19, yang mana pandemi ini berimbas ke berbagai sektor perekonomian. 

image (3).png

Termasuk usaha travel dan biro travel umrah khususnya, pasti mengalami goncangan yang cukup besar. Hampir semua sektor wisata serta umrah dan haji lumpuh, karena adanya pelarangan akses ke tempat wisata dan ke baitullah. Dalam kondisi seperti ini, apa saja strategi yang dapat dilakukan oleh para pebisnis travel agar bisa bertahan?

Cara Bertahan di Masa Pandemi

Ada banyak cara bertahan yang bisa dilakukan. Anda harus berani mengeluarkan dana darurat atau cadangan kas perusahaan agar dapat membiayai operasional bisnis selama wabah. Idealnya, memang sebuah perusahaan memiliki dana darurat untuk situasi sulit sebanyak 3-12 kali dari biaya operasional bulanan.

Dengan begitu, meski bisnis tutup untuk sementara waktu dan tim Anda harus work from home, maka masih ada kesempatan bagi karyawan untuk mendapatkan haknya berupa gaji bulanan dan THR. Karena aktivitas perusahaan terhenti untuk sementara, Anda bisa mengalihkan kegiatan perusahaan di sisi pengembangan pada lini bisnis lainnya atau fokus memperbaiki internal perusahaan.

image (4).png

Contohnya, Anda mulai beralih ke sistem digital untuk mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman. Anda tidak boleh menutup mata bahwa pesaing Anda sudah melesat dengan menggunakan sistem online sehingga mereka pun bisa fleksibel mengatur bisnisnya meskipun terjadi pandemi. Karena, dengan sistem yang sudah online, maka bisnis Anda dapat dikelola dari mana saja.

 

Strategi Agar Siap Layani Jamaah Saat Pandemi Berakhir

Strategi bertahan di atas memang masih mungkin dilakukan. Namun, kita juga harus memiliki rencana-rencana supaya tidak sekedar bertahan saja. Anda dapat fokus untuk memperbaiki internal perusahaan, meningkatkan kualitas SDM dengan cara memberikan fasilitas bagi karyawan Anda untuk mengikuti kursus di bidang mereka (secara online tentunya), mengembangkan pemasaran online dan membuat inovasi-inovasi bisnis yang belum pernah Anda coba.

Masa wabah ini adalah masa yang tepat untuk berganti dari sistem konvensional ke sistem online. Moment yang tepat untuk Anda bisa mengupgrade bisnis dengan keleluasaan waktu yang Anda punya saat ini. Saat nanti pandemi berakhir, maka Anda akan kembali ke rutinitas kerja sehingga waktu yang Anda punya akan habis untuk menjalankan bisnis. Sedangkan kompetitor Anda yang sadar akan pentingnya sistem digital sudah beralih ke sistem digital serta menata bisnis mereka lebih rapi dan teratur.

Segera Online-kan Bisnis Travel Umrah Anda!

Safar TMS memiliki komitmen untuk mendampingi Anda untuk memajukan bisnis dengan beralih dari sistem konvensional menjadi bisnis yang berbasis online. Yakinlah, bulan-bulan yang akan datang, kebutuhan akan sistem online tidak bisa Anda pungkiri. Bahkan UKM-UKM telah beralih ke sistem online. Jika bisnis biro umrah Anda tidak mau mengikutinya, tinggal tunggu waktu saja untuk gulung tikar. Sebab, saat ini jamaah lebih memilih untuk mendaftar umrah dan haji ke biro travel umrah yang sudah online.

image (5).png

Kemudahan dalam bertransaksi secara online, mengurus pembayaran lebih mudah dan fleksibel, serta manajemen bisnis secara keseluruhan membuat pebisnis biro umrah mau tidak mau akan bersentuhan dengan teknologi atau sistem aplikasi yang mendukung bisnis. Jadi, jangan tunda lagi untuk meng-online-kan bisnis biro travel umrah Anda!

 

Saat Corona Lenyap...

Harapan kita semua wabah virus corona ini segera berakhir, sehingga perekonomian akan kembali berjalan normal seperti biasa. Saat itulah, Anda yang mau bergerak untuk beralih ke sistem digital, akan memetik manfaat dan dapat segera melayani jamaah yang sudah rindu ingin berangkat ke baitullah. Jika tidak beralih ke sistem digital sekarang, maka Anda akan kelabakan, dan lebih sulit untuk recovery karena sistem Anda belum siap.

Jadi, keputusan tetap berada di tangan Anda. Cerdas berinvestasi dengan memanfaatkan dana dan waktu yang tersedia saat ini demi kemajuan usaha Anda ke depannya. Semoga bermanfaat.

Kategori : Artikel
Tags :
strategi bisnis sistem digital sistem online Safar TMS travel umrah
Twit Terbaru
Facebook Safar
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap strategi bisnis sistem digital sistem online Safar TMS travel umrah

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, strategi bisnis, sistem digital, sistem online, Safar TMS, travel umrah

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami