Pentingnya Sistem CRM Bagi Bisnis Travel Umroh - Bagi Anda yang mempunyai bisnis travel & travel umrah, Anda mungkin sedang berpikir bagaimana langkah strategis untuk menjadikan bisnis Anda bertahan di era pandemi Covid-19 ini. Membuat bisnis Anda selalu bertahan dapat dimulai dengan cara menjaga pelanggan agar setia kepada travel Anda.
Jadi, nanti saat umrah dibuka kembali, Anda sudah siap untuk melayani jama'ah. Namun, melayani pelanggan yang masih belum pasti akan membeli, tidak bisa dilakukan tanpa adanya database dan sarana komunikasi. Anda bisa tetap terhubung dengan jamaah dalam artian jamaah umrah Anda jika travel Anda menerapkan manajemen hubungan terhadap jamaah dengan baik.
Kabar gembiranya, Safar TMS kini memiliki sistem CRM yang bisa dimanfaatkan untuk membantu travel mengelola hubungannya dengan pelanggan secara lebih baik. Anda dapat mempertahankan pelanggan lama Anda sambil terus menebar jala untuk mendapat kepercayaan jamaah baru. Hal ini bisa diakomodir menggunakan sistem Safar TMS, sehingga data yang sudah tersedia, ditambah data baru yang dikelola dengan baik akan menghasilkan manfaat dikemudian hari.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels
Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem CRM dari Safar Travel Management System, kami akan memaparkan terlebih dahulu pengertian dan manfaat dari sistem CRM/Sistem Manajemen Pelanggan bagi bisnis travel Anda.
Pengertian CRM
Secara singkat CRM adalah suatu strategi manajemen hubungan pelanggan yang akan membuat bisnis Anda lebih dekat dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan hanya memiliki modal database pelanggan dan juga hasil rekaman interaksi tenaga penjual & pelanggan Anda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dinamakan sistem Customer Relationship Management/CRM agar Anda bisa selalu memantau aktivitas karyawan Anda dalam melayani pelanggan & sejauh mana calon pelanggan bisa menjadi prospek dalam bisnis Anda.
Manfaat CRM bagi Travel
Anda tentu penasaran, mengapa kini hampir semua usaha bisnis sangat memerlukan Customer Relationship Management/CRM untuk kelangsungan usaha bisnis mereka. Ya, tidak lain karena kunci dari kesuksesan perusahaan adalah dengan selalu mempertahankan pelanggan yang telah ada dan mengelola pelanggan yang baru saja datang ke perusahaan Anda.
Misalnya di perusahaan travel atau travel umrah Anda memiliki pelanggan loyal (atau jamaah), maka Anda perlu sekali membangun kedekatan dengan pelanggan Anda. Karena, dengan hubungan yang baik tersebut, bisa jadi pelanggan Anda tersebut akan menjadi tenaga marketing “gratis” Anda dengan rekomendasi dari mulut ke mulut.
Jika pelayanan Anda baik, maka mereka tak akan segan merekomendasikan pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa travel Anda. Bila pelayanan Anda buruk, maka mereka juga akan menghambat perusahaan Anda berkembang, karena mereka akan menghalangi pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa perusahaan Anda. Sangat disayangkan, padahal Anda bisa mengelolanya dengan baik menggunakan sistem CRM.
Selain itu, Anda juga akan bisa mengelompokkan pelanggan berdasarkan label tertentu. Contohnya, pelanggan A ini adalah pelanggan potensial yang perlu follow up lebih intens. Sedangkan pelanggan B adalah pelanggan yang kurang potensial, sehingga hanya perlu diberikan follow up Sekadarnya. Beda lagi dengan pelanggan C, yang sudah pernah menggunakan jasa Anda, maka perlu perlakuan khusus yang berbeda dengan pelanggan baru.
Itu semua hanya mungkin dilakukan bila Anda memakai sistem Customer Relationship Management/CRM, yang dapat merekam database dan aktivitas pelanggan Anda. Anda juga dapat menentukan strategi marketing yang cocok untuk tipe pelanggan tertentu.
Manfaat lainnya adalah dari sisi internal perusahaan Anda dapat memantau aktivitas staff marketing Anda dalam melaksanakan pekerjaannya. Ini sangat memungkinkan karena dari catatan follow up kepada pelanggan di sistem CRM/Customer Relationship Management, Anda bisa mengetahui sejauh mana mereka melakukan pekerjaannya.
Pada akhirnya, jika hubungan pelanggan dikelola dengan baik, maka akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan repeat order dan juga penjualan dari pelanggan baru.
Nah, itulah manfaat dari CRM/Customer Relationship Management yang dapat Anda peroleh bila Anda menggunakan software khusus CRM/Customer Relationship Management. Kini, Anda bisa mendapatkan sistem CRM yang sangat terjangkau hanya dengan berlangganan sistem Safar TMS!
Foto oleh Torsten Dettlaff dari Pexels
Sistem CRM Safar TMS|Safar Travel Management System) dapat digunakan pula untuk mengirimkan email dan sms broadcast terjadwal, sehingga Anda bisa lebih leluasa menyebarkan konten promosi dan juga artikel bermanfaat untuk pelanggan Anda. Hemat dan efisien, sehingga Anda tak perlu lagi satu persatu mengirimkan email secara manual kepada pelanggan.
Tertarik untuk menggunakan CRM dari Safar TMS? Yuk, langsung saja hubungi kami di sini untuk informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!