Pentingnya Sistem CRM Bagi Bisnis Travel Umrah - Bagi Anda yang memiliki bisnis usaha travel dan travel umroh, Anda mungkin sedang memikirkan cara strategis untuk menjadikan bisnis Anda bertahan di era pandemi Covid-19 ini. Menjadikan bisnis Anda selalu bertahan bisa dimulai dengan cara mempertahankan pelanggan agar setia kepada travel Anda.
Jadi, nanti saat umrah dibuka kembali, Anda sudah siap siaga untuk melayani pelanggan. Namun, melayani jama'ah yang masih belum pasti akan menggunakan layanan, tidak dapat dilakukan tanpa adanya database & sarana komunikasi. Anda bisa tetap menjalin hubungan dengan pelanggan dalam artian jamaah umroh Anda apabila travel Anda menerapkan manajemen hubungan terhadap jamaah dengan baik.
Kabar gembiranya, Safar TMS kini memiliki fitur sistem Customer Relationship Management/CRM yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah travel mengelola hubungannya dengan pelanggan secara lebih baik. Anda bisa mempertahankan pelanggan lama Anda sambil terus menebar jala untuk meraih kepercayaan jamaah baru. Hal ini bisa diakomodir menggunakan sistem Safar TMS, sehingga data yang sudah ada, ditambah data baru yang dimanajemen dengan baik akan menghasilkan manfaat dikemudian hari.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels
Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem CRM dari Safar TMS, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dan manfaat dari sistem CRM/Sistem Manajemen Pelanggan bagi perusahaan travel Anda.
Pengertian CRM
Secara singkat CRM merupakan suatu strategi manajemen hubungan pelanggan yang akan membuat bisnis Anda lebih dekat dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan bermodalkan database pelanggan & juga hasil rekaman interaksi tenaga penjual dan pelanggan Anda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dinamakan sistem Customer Relationship Management/CRM agar Anda bisa selalu memantau aktivitas karyawan Anda dalam melayani pelanggan & sejauh mana calon pelanggan bisa menjadi prospek dalam bisnis Anda.
Manfaat CRM bagi Travel
Anda pasti penasaran, mengapa saat ini hampir semua usaha bisnis sangat memerlukan CRM untuk kelangsungan usaha bisnis mereka. Ya, tidak lain karena kunci dari kesuksesan perusahaan adalah dengan mempertahankan pelanggan yang telah ada & mengelola pelanggan yang baru saja datang ke perusahaan Anda.
Misalnya di perusahaan travel atau travel umroh Anda memiliki pelanggan loyal (atau jamaah), maka Anda perlu sekali membangun kedekatan dengan pelanggan Anda. Karena, dengan hubungan yang baik tersebut, bisa jadi pelanggan Anda tersebut akan menjadi tenaga marketing “gratis” Anda dengan rekomendasi dari mulut ke mulut.
Jika pelayanan Anda baik, maka mereka tidak akan segan merekomendasikan pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa travel Anda. Jika pelayanan Anda buruk, maka mereka juga akan menghambat perusahaan Anda berkembang, karena mereka akan menghalangi pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa perusahaan Anda. Sangat disayangkan, padahal Anda dapat mengelolanya dengan baik menggunakan sistem CRM/Customer Relationship Management.
Selain itu, Anda juga akan bisa mengelompokkan pelanggan berdasarkan label tertentu. Misalnya, pelanggan A ini adalah pelanggan potensial yang perlu follow up lebih intens. Sedangkan pelanggan B adalah pelanggan yang kurang potensial, sehingga hanya perlu diberikan follow up sekedarnya. Beda lagi dengan pelanggan C, yang sudah pernah menggunakan jasa Anda, maka perlu perlakuan khusus yang berbeda dengan pelanggan baru.
Itu semua hanya mungkin dilakukan jika Anda menggunakan sistem Customer Relationship Management/CRM, yang dapat merekam database dan aktivitas pelanggan Anda. Anda juga bisa menentukan strategi marketing yang cocok untuk tipe pelanggan tertentu.
Manfaat lainnya adalah dari sisi internal perusahaan Anda bisa memantau aktivitas staff marketing Anda dalam melakukan pekerjaannya. Ini sangat memungkinkan karena dari catatan follow up kepada pelanggan di sistem CRM/Customer Relationship Management, Anda bisa mengetahui sejauh mana mereka melakukan pekerjaannya.
Pada akhirnya, jika hubungan pelanggan dimanajemen dengan baik, maka akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan repeat order & juga penjualan dari pelanggan baru.
Nah, itulah manfaat dari Customer Relationship Management/CRM yang bisa Anda peroleh ika Anda menggunakan software khusus CRM. Kini, Anda dapat memperoleh sistem CRM yang sangat terjangkau hanya dengan berlangganan sistem Safar TMS!
Foto oleh Torsten Dettlaff dari Pexels
Sistem CRM Safar TMS|Safar Travel Management System) bisa digunakan pula untuk mengirimkan email dan sms broadcast terjadwal, sehingga Anda dapat lebih leluasa menyebarkan konten promosi & juga artikel bermanfaat untuk pelanggan Anda. Hemat dan efisien, sehingga Anda tidak perlu lagi satu persatu mengirimkan email secara manual kepada pelanggan.
Tertarik untuk menggunakan CRM dari Safar TMS? Yuk, langsung saja hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!